Sosialisasi dan Implementasi Professional Learning Community based on Didactical Design Research (Proleco-DDR) untuk Mengembangkan Pengetahuan Profesional Guru dalam Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar Kabupaten Garut

Authors

  • Tatang Herman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sufyani Prabawanto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ejen Jenal Mutaqin Universitas Pendidikan Indonesia; Institut Pendidikan Indonesia
  • Lina Siti Nurwahidah Institut Pendidikan Indonesia
  • Fitri Ayu Febrianti Institut Pendidikan Indonesia
  • Widdy Sukma Nugraha Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/badranaya.v2i02.2233

Keywords:

Proleco-DDR, Professional Learning Community based on Didactical Design Research, Pembelajaran Matematika

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan profesionalisme guru Sekolah Dasar (SD) melalui implementasi Professional Learning Community berbasis Didactical Design Research (Proleco-DDR) di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan pengetahuan profesional guru, memperkuat kolaborasi dalam komunitas belajar, dan mendorong inovasi pembelajaran berbasis penelitian. Melalui serangkaian workshop, seminar, dan pendampingan, guru dilatih dalam praktik refleksi, dialog argumentatif, dan penulisan narasi pengalaman untuk mengatasi tantangan pembelajaran di kelas. Hasil program ini meliputi peningkatan kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran berbasis DDR, publikasi artikel ilmiah, dan terbentuknya komunitas Proleco-DDR yang berkelanjutan. Program ini juga menunjukkan keberhasilan dalam mendorong kolaborasi antara guru, kepala sekolah, dan pengawas pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Untuk menjaga keberlanjutan program, direkomendasikan adanya monitoring berkala, penguatan komunitas Proleco-DDR, serta diseminasi hasil penelitian ke wilayah lain di Jawa Barat.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Herman, T., Prabawanto, S., Mutaqin, E. J., Nurwahidah, L. S., Febrianti, F. A., & Nugraha, W. S. (2024). Sosialisasi dan Implementasi Professional Learning Community based on Didactical Design Research (Proleco-DDR) untuk Mengembangkan Pengetahuan Profesional Guru dalam Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Badranaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 77–86. https://doi.org/10.31980/badranaya.v2i02.2233