Analisys of Using Gadget Analisys in Social Interraction Skills of Children

Siti Fathimah, Mario Erick Wantah

Abstract


Gadget adalah media yang digunakan sebagai sarana komunikasi modern. Tidak hanya orang dewasa, anak usia dini juga telah akrab dengan gadge. Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental untuk kehidupan selanjutnya. Pada masa ini terjadilah proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek, salah satu diantaranya adalah aspek interaksi sosial. Namun hal yang ditemui dilapangan, mayoritas anak di Indonesia menghabiskan waktu bermain dengan gadget. Tentunya ini mempengaruhi perkembangan anak, terutama dalam pengembangan interaksi sosial. Menindak lanjuti kondisi sosial ini, adapun tujuan penelitian adalah menganlisis dampak dari penggunaan gadget bagi anak usia dini dalam kemampuan interaksi sosialnya. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan model penelitian mengacu pada teori Miles and Huberman. Temuan penelitian adalah seringnya anak usia dini berinteraksi dengan gadget mempengaruhi daya pikir anak terhadap sesuatu di luar hal tersebut. Gadget secara efektif dapat mempengaruhi pergaulan sosial anak terhadap lingkungan terdekatnya. Ia akan merasa asing dengan lingkungan sekitar karena kurangnya interaksi sosial. Anak juga kurang peka dan bahkan cenderung tidak perduli terhadap lingkungannya. Hal ini tentunya sangat membahayakan perkembangan sosial pada anak usia dini. Sebagai orang tua, sebaiknya membimbing, memantau serta memberikan pemahaman yang baik kepada anak untuk lebih selektif dalam menggunakan gadget.

Full Text:

PDF

References


D. Syahudin, “Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa,” GUNAHUMAS J. Kehumasan, vol. 2, no. 1, pp. 273–282, 2019.

D. Yulianti, Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Indeks: Jakarta: PT Indeks, 2010.

U.-U. R. Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20. Indonesia, 2003.

NAEYC, Developmentally appropriate practice in early childhood programs serving children from birth through age 8. United State: The National Association for the Education of Young Children Retrieved: United State: The National Association for the Education of Young Children Retrieved, 2009.

M. Castelluccio, “Gadget An- Essay,” 2007. http://www.thefreelibrary.com/Gadgets-- an+essay.-a0170115914.

R. West and T. Lynn, Introduction Communication Theory; Analysis and Application. New York: McGraw Hill.: New York: McGraw Hill., 2007.

A. Xiao, “Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat,” J. Komunika J. Komunikasi, Media Dan Inform., vol. 7, no. 2, 2018, doi: https://doi.org/10.31504/komunika.v7i2.1486.

H. H. Asep, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka: Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.

M. B. Miles and A. M. Huberman, Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Jakarta: UI-Press, 2009.

W. Novitasari, Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya: UNS Press, 2016.

Widiawati and Sugiman, “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak,” 2014. http://stmikglobal.ac.id/wpcontent/uploads/2014/05/ARTIKELIIS.pd .

H. Prasetyo, “Pengaruh Tingkat Belajar Siswa dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Praktek dan Teori Pada Mata Diklat Body And Planting Di SMK Piri 1 Yogyakarta Tahun 2011/2012,” 2013, [Online]. Available: http://eprits.uny.ac.id/10040/.

A. S. Simamora, Persepsi Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar Di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Lampung: Universitas Lampung: Lampung: Universitas Lampung, 2016.

Y. Ismanto and F. Onibala, “Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di SMA Negeri 9 Manado,” Ejoural Keperawatan, vol. 3, no. 2, 2015.

Nirwana, A. M. Mappapoleonro, and Chairunnisa, “The Effect of Gadget Toward Early Childhood Speaking Ability,” Indones. J. Early Child. Educ. Stud., vol. 7, no. 2, pp. 85–90, 2018.

H. Maulida, “Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini,” J. Ilm. Teknol. Pendidik., 2013.

N. Ameliola, “Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi,” 2013. http://icssis.files.wordpress.com/2013/09/2 013-0229.

E. Oneto and Y. Sugiarto, Antigaptek Internet. Jakarta: Kawan Pustaka: Jakarta: Kawan Pustaka, 2009.

L. W. Y, K. A, R. H. T, and P. T, “Together with My Playmates: Preschoolers’ Peer Relationships and Interactions in Small Group Settings. Learning, Culture and Social Interaction, 30 (Part A),” 2021.

T. Aryati, “Kontrol Sosial Orang Tua Kepada Anak Balita dalam Penggunaan Gadget di Desa Wukisari Imogiri Bantul,” J. Pendidik. Sosiol., 2017.

S. Indian and E. Mayasari., “Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak,” vol. 3, no. 3, 2018.




DOI: https://doi.org/10.31980/civicos.v6i1.1612

DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/civicos.v6i1.1612.g1117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   Creative Commons License