Student Strategy Profile in Solving Word Problems Based on Polya’s

Authors

  • Riska Wahyu Novitasari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Erika Eka Santi Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Arta Ekayanti Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ikhwan Fauzi Nasution Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1187

Keywords:

minat belajar, prosedur Polya, soal cerita, Mathematics, Word Problem, Polya’s Procedures

Abstract

Siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Keberagaman minat belajar siswa terhadap matematika berdampak pada semangat siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil strategi siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Polya ditinjau dari minat belajar. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Empat siswa kelas C Sanggar Bimbingan Kepong Malaysia sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Temuan mengungkapkan bahwa pada tahap memahami masalah, subjek dengan minat belajar tinggi cenderung bertanya kepada peneliti untuk memastikan pemahamannya sudah benar, sedangkan subjek dengan minat belajar rendah membaca soal berulang-ulang. Pada saat menyusun rencana, subjek dengan minat belajar tinggi menulis rencana penyelesaian tahap demi tahap, sedangkan subjek dengan minat belajar rendah, berdiskusi untuk menemukan rencana penyelesaian. Tahap melaksanakan rencana, subjek dengan minat belajar tinggi menghitung menggunakan kelipatan, sedangkan subjek dengan minat belajar rendah menghitung dengan bantuan jari. Tahap peninjauan kembali, subjek dengan minat belajar tinggi menghitung kembali setiap hasil yang diperoleh, dan tahap ini cenderung tidak dilakukan oleh subjek dengan minat belajar rendah.

Solving word problems is more complex than solving questions in numerical form. This research aims to describe students' profiles in solving word problems involving whole number operations, analyzed through the lens of Polya's procedural framework. A qualitative descriptive method was employed, selecting four students from Class C at Sanggar Bimbingan Kepong, Malaysia, as subjects. Two of these students exhibited high interest in learning, while the other two showed low interest. Data collection instruments included tests and interviews. Analysis was conducted descriptively, adhering to Polya's procedure. The findings indicate that students with a high interest in learning could systematically and coherently address understanding the problem, devising a resolution plan, executing the plan, and reviewing their results. In contrast, students with low interest displayed varying levels of performance. Subject A managed to progress through to the review stage, developing a coherent plan, arriving at the correct answer, and reviewing their results. Conversely, Subject N only reached the problem-understanding stage.

References

Anggraini, V., Delyana, H., & Sari, I. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1231.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5034

Ariani, Y., & Kenedi, A. K. (2018). Model Polya Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume Di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 25–36.

https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2520

Asri, A., Kurniati, N., Triutami, T. W., & Turmuzi, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ( SPLDV ) Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Masbagik Tahun Ajaran 2022 / 2023. JIPP: Jurnal Ilmiah Profesi, 8(1), 742–751.

DOI: 10.29303/jipp.v8i1b.1305

Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Sukabina Press.

Darmawati, Wahyuddin, & Mahmud, R. . (2022). Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Inspiramatika: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 8(2).

Dewi, D. P. (2022). Optimalisasi Pemahaman Memaknai Kalimat Pada Soal Cerita Menuliskan Bilangan Pecahan Dalam Modul kelas III SD. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 445–452.

Ekayanti, A. (2017). Diagnosis Kesalahan Mahasiswa Dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newmann Error Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 105–116.

Gradini, E., Yustinaningrum, B., & Safitri, D. (2022). Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Indikator Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 49-60.

Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 68–83.

https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.12200

Lee, C. I. (2017). An appropriate prompts system based on the Polya method for mathematical problem-solving. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 893–910.

https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00649a

Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.

Mahmuzah, R., Ikhsan, M., & Yusrizal. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Jurnal Didaktik Matematika, 1, 43–53.

Marfu’ah, I., & Julaeha, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS (Higher Order Thinking Skill). SINASIS: Seminar Nasional Sains, 2(1), 26–30. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5308

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). the Ability of Students’ Conceptual Understanding in Completing Story Problems on Mathematics. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 12(2), 123. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v12i2.43354

Mukhith, A., & Fitri, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Newman’s Error Analysis Ditinjau dari Kemampuan Matematis. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan 3, 363–370.

Mulyadi, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 183-191.

Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(2), 293.

https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9941

Phonapichat, P., Wongwanich, S., & Sujiva, S. (2014). An Analysis Of Elementary School Students ’ Difficulties In Mathematical Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2012), 3169–3174.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.728

Pitriani, Y., & Ocktaviaini, N. N. (2020). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Menurut Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 287-298.

Putri, S. K., Hasratuddin, H., & Syahputra, E. (2019). Development of Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education to Improve Students’ Spatial Ability and Motivation. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 243–252.

https://doi.org/10.29333/iejme/5729

Utami, R. W., Endaryanto, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187–192.

Riastini, P. N., & Mustika, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd. International Journal of Elementary Education, 1(3), 189.

https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.11887

Saputri, J. R., & Mampouw, H. L. (2018). Kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal materi pecahan oleh siswa SMP ditinjau dari tahapan Polya. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 146–154. https://doi.org/10.33654/math.v4i2.104

Sari, P. P., Hasbi, M., & Umam, K. (2017). Analisis Kesalahan Siswa menurut Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aljabar Kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikaan Matematika, 2(2), 81–90.

Udil, P. A., Senia, M. E., & Lasam, Y. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Cacah Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 36–46.

https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp36-46

Yuwono, T., Supanggih, M., Ferdiani, R. D., Matematika, J. P., Kanjuruhan, U., Jl, M., & Malang, S. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematiks, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Novitasari, R. W., Santi, E. E., Ekayanti, A., & Nasution, I. F. (2023). Student Strategy Profile in Solving Word Problems Based on Polya’s. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 735–744. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1187

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 33 34 35 36 37 38 39 40 41 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.