Analisis Pengaruh Disposisi Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Persepsi pada Kreativitas terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.408Keywords:
disposisi matematis, berpikir kreatif, persepsi pada kreativitas, pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi pada kreativitas terhadap kemampuan berpikir kreatif; pengaruh disposisi matematis dan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode statistika yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi pada kreativitas terhadap kemampuan berpikir kreatif; terdapat pengaruh yang signifikan dari kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; terdapat pengaruh tidak langsung dari persepsi pada kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.
References
A. A. Saefudin, “Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)”, Al Bidayah, 4(1), 2014.
K. H. Roh, “Problem-based learning in mathematics”, ERIC Clearinghouse for Science Mathematics and Environmental Education, 2004-3, 2003.
J. B. N. Nakin, Creativity and Divergent Thinking in Geometry Education, Disertasi pada University of South Africa, 2003.
H. Park, The Effects of Divergent Production Activities with Math Inquiry and Think Aloud of Students with Math Difficulty, Disertasi pada Texas A & M. University, 2004.
K. L. Alexander, Effects Instruction in Creative Problem Solving on Cognition, Creativity, and Satisfation among Ninth Grade Student in an Introduction to World Agricultural Science and Technology Course, Disertasi pada Faculty of Texas Tech University, 2007.
W. Y. Hwang, et al, “Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Withboard System”, Dalam Educational Technology & Society Journal, 10(2), 191 – 212, 2007.
A. Mahmudi, Pengaruh pembelajaran dengan Strategi MHM Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis, Serta Persepsi Terhadap Kreativitas, Disertasi SPS UPI, Tidak diterbitkan, 2010.
E. L. Mann, Mathematical Creativity and School Mathematics: Indicators of Mathematical Creativity in Middle School Students, Disertasi pada University of Connecticut, 2005.
M. Henningsen & M. K. Stein, “Supporting Student’ High-Level Thinking, Reasoning, and Communication in Mathematics”, Dalam Sowder dan Schappelle (Eds), Lesson Learned from Research, Reston, V.A: NCTM, 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.