Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa

Authors

  • Asep Robiana IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Hendri Handoko IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.634

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar, UnoMath

Abstract

Komunikasi matematis dan kemandirian belajar merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh siswa dan merupakan bagian esensial dari matematika. Masih rendahnya kemampuan matematis dan kemandirian belajar siswa di lapangan, guru harus mengupayakan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran yang dapat memberikan peluang dan mendorong siswa untuk melatih kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa, salah satu media pembelajaran tersebut yaitu media UnoMath. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan media UnoMath terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group, penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Rajagaluh, kelas VIII A sebanyak 21 orang dan VIII C sebanyak 31 orang sebagai sampel, dengan instrumen tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dengan berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa.

References

Afriansyah, E. A. (2013). Design Research: Place Value in Decimal Numbers Using Metric System. In International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education MSCEIS, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Afriansyah, E. A., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Mardiani, D., & Sundayana, R. (2019, December). The analysis of mathematics with ATLAS. ti. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1402, No. 7, p. 077097). IOP Publishing.

Anike, A., & Handoko, H. (2018). Profil Kognitif Berfikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Matematika Model Jigsaw melalui Pendekatan Discovery Learning. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2900

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asmara, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Eliciting Activities dan Discovery Learning. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 78-87.

Dewi, S. S. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran CTL. JIPMat, 3(2), 145-155.

Fahradina, N., dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1.

Handoko, H. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1711

Lestari, D. Munawaroh, M., & Handoko, H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Berbantuan Permainan Ular Tangga Untuk. Integral : Pendidkan Matematika, 10(1), 27–39.

Mulyo, M. R. G. T., Sari, A. F., & Syarifuddin, A. (2019). Proses Berpikir Siswa Bergaya Kognitif Visualizer dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Non Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 167-178.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

Nurhayati, E. (2011). Bimbingan, Konseling & Psikoterapi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-12.

Pannen, P., dkk. (2001). Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Rahmatin, R. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu UMATH (Uno Mathematics) dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Pokok Operasi Bilangan Bulat. MATHEdunesa, 5.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rizkianto, I., & Santosa, R. H. (2017). Analisis buku matematika siswa SMP Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 229-236.

Sumarno, U. (2003). Makalah Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Komptensi. Bandung: UPI.

Sumliyah. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Cabri 3D pada Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika SMK Materi Bangun Ruang. Integral : Pendidkan Matematika, 10, 16–27.

Sundawan, M. D., Irmawan, W., & Sulaiman, H. (2019). Kemampuan Berpikir Relasional Abstrak Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal-Soal Non-Rutin pada Topik Geometri Non-Euclid. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 319-330.

Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Tarlina, W. H., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Creative Problem Solving. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(2), 42-51.

TIMSS. (2011). International Result in Mtahematics. Lynch School of Education, Boston College.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Robiana, A., & Handoko, H. (2020). Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 521–532. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.634

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 34 35 36 37 38 39 

You may also start an advanced similarity search for this article.