PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Irena Puji Luritawaty

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini yaitu permasalahan masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas pembelajaran take and give dalam upaya mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada mahasiswa. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa tingkat III pada salah satu perguruan tinggi swasta di kabupaten Garut, dengan sampel yaitu mahasiswa tingkat IIIA dan IIIB. Instrumen dalam penelitian ini yaitu berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dalam bentuk pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan terhadap hasil pretest dan posttest yaitu diawali dengan uji normalitas, kemudian uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian ini secara garis besar menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara mahasiswa yang memperoleh pembelajaran take and give dan yang memperoleh pembelajaran ceramah biasa, dimana mahasiswa yang memperoleh pembelajaran take and give memperoleh hasil akhir kemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran ceramah biasa. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran take and give dapat secara efektif mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis.

 

Abstract

The background of this research is the problem is still the low ability of understanding mathematical concepts in the students. The purpose of this study is to determine the effectiveness of learning take and give in an effort to develop the ability to understand mathematical concepts in students. The population in this study are third-grade students at one private college in Garut district, with a sample of students IIIA and IIIB. Instruments in this research is a test of ability to comprehend mathematical concepts in the form of pretest and posttest. Analysis of data conducted on the pretest and posttest results is started with the normality test, then homogeneity test and t-test. The results of this study broadly indicate that there is a difference in the ability of understanding mathematical concepts between students who receive learning take and give and who get the ordinary lecture learning, where students who get learning take and give gain the end of the ability of understanding the concept of mathematical better than those who obtained ordinary lecture lessons. This suggests that take and give learning can effectively develop the ability to understand mathematical concepts.


Keywords


Pembelajaran Take and Give; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Take and Give Learning; Understand Mathematical Concept Skills

Full Text:

PDF

References


Afrilianto, M. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa. Tesis Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak ditebitkan.

Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006: Standar Isi Mata Pelajaran Matematika untuk SMP/MTs. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Gunawan, R.P (2013). Kemampuan Pemahaman Matematik (online). Tersedia: http://proposalmatematika23.blogspot.com/2013/05/kemampuan-pemahman-matematik.html?m=1

Kurniawan,R. (2009). Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Serta Pembelajaran Kontekstual. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Yasika Majalengka (online). Tersedia: http://rudyks3-majalengka.blogspot.in/2009/01/kemampuan-pemahaman-dan-pemecahan.html [26 April 2016]

Muchlis.A. (2013). Sekali lagi gawat darurat pendidikan. Tersedia: http://www.bincangedukasi.com/sekali-lagi-gawat-darurat-pendidikan/.

Russefendi, H. E.T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Russefendi, H. E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Yulietmi,I. (2013). Model Pembelajaran Take And Give (online). Tersedia: http://dhamma-link.blogspot.co.id/2013/05/model-pembelajaran-take-and-give.html [24 April 2016]




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats