Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Tutorial Pembelajaran Berbasis Ispring di Kelas X SMAN 10 GARUT
Keywords:
Ispring-Based Learning Tutorial, Learning Motivation, Learning OutcomesAbstract
Abstrak — Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju, menjadikan teknologi berbasis komputer yang tersedia dapat diterapkan dalam dunia pendidikan. Penggunaan teknologi komputer digunakan untuk media pembelajaran atau sumber belajar. Faktanya banyak sumber belajar yang beredar secara online dalam bentuk e-learning untuk memudahkan penyampaian materi pembelajaran, materi ini dikemas secara menarik dalam penyampaian materi pembelajaran, sehingga materi ini dikemas secara menarik dalam sebuah aplikasi yaitu mendidik untuk mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat berbagai pembelajaran online bagi siswa dengan menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia sebagai sarana agar lebih cepat dalam mengenalkan matematika kepada siswa SMA untuk mengetahui sejauh mana penggunaan multimedia berbasis Ispring dapat digunakan. dalam pembelajaran persamaan nilai absolut pada mata pelajaran Matematika. Metode penulisan yang digunakan adalah metode observasi dan studi pustaka serta alternatif pembelajaran online. Aplikasi yang digunakan adalah Ispring. Semoga dengan menggunakan Ispring dapat meningkatkan kemampuan mempelajari Persamaan Nilai Mutlak dalam pelajaran matematika.
Kata Kunci — Tutorial Pembelajaran Berbasis Ispring, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Abstract — The development of technology and information is increasingly advanced, making available computer-based technology can be applied in the world of education. The use of computer technology is used for learning media or learning resources. In fact, many learning resources are circulating online in the form of e-learning to facilitate the delivery of learning materials, this material is packaged in an attractive manner in the delivery of learning materials, so this material is packaged attractively in an application that is educational for them. The purpose of this study was to make a variety of online learning for students using multimedia-based learning applications as a means to be faster in introducing mathematics to high school students to find out to what extent the use of Ispring-based multimedia can be used in learning the absolute value equality in Mathematics subjects. The writing method used is the method of observation and literature study as well as an alternative to online learning. The application used is Ispring. Hopefully using Ispring can improve the ability to learn Absolute Value Equations in mathematics lessons.
Keywords — Ispring-Based Learning Tutorial, Learning Motivation, Learning Outcomes
References
Z. Haq, “Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Nu 31 Jatipurwo Tahun Pelajaran 2020/2021,” 2020.
F. Y. Widoyoko Tayibnapis, “Evaluasi Program Pembelajaran,” J. Ilmu Pendidik., 2000.
N. Nurkholis, “Pendidikan Dalam Upaya memajukan Teknologi,” J. Kependidikan, vol. 1, no. 1, pp. 24–44, Jan. 1970, doi: 10.24090/jk.v1i1.530.
Cecep Abdul Cholik, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan di Indonesia,” J. Ilm. Indones., 2017.
M. Muslih, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT pada Lembaga Pendidikan Non-Formal TPQ,” Dimas J. Pemikir. Agama untuk Pemberdaya., vol. 16, no. 2, p. 215, 2016, doi: 10.21580/dms.2016.162.1090.
U. Fajarini, “Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter,” SOSIO Didakt. Soc. Sci. Educ. J., 2014, doi: 10.15408/sd.v1i2.1225.
Sunardi, “Efektifitas pembelajaran matematika dengan model kooperatif team accelerated instruction berbantuan cd interaktif materi bangun ruang sisi datar kelas,” 2014.
R. Rivalina, “Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” J. Teknodik, vol. 18, pp. 165–176., 2014.
N. H. & C. Suhana, Konsep strategi pembelajaran, T 371.1 Ha. Bandung: Refika Aditama, 2009.
Unesco., Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan : kurikulum dan untuk sekolah dan program pengembangan guru. Alih Bahasa Rusli, no. 2002. 2011.
S. V. Dewi, “Efektivitas penggunaan media Screencast O-Matic pada mata kuliah kalkulus integral terhadap hasil belajar mahasiswa,” J. Penelit. Pendidik. dan Pengajaran Mat., vol. 2, no. 1, pp. 61–66, 2016.
V. A. Rochma and M. Ibrahim, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ISPRING Suite 8 Untuk Siswa Kelas X SMA,” J. UNESA, 2019.
M. Istiqlal, “Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika,” JIPMat, vol. 2, no. 1, 2017, doi: 10.26877/jipmat.v2i1.1480.
N. R. Kusuma, muh. K. Mustami, and O. Jumadi, “Pengembangan Media Pembelajaran intearktif Power Point Ispring Suite 8 Pada Konsep Sistem Eksresi di Sekolah Menengah Atas,” J. Chem. Inf. Model., 2019.
D. Rusman, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. jakarta: PT Raja Grafindo Persada., 2011.
L. Lia, “Multimedia Interaktif Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Dalam Bidang Pendidikan Sains,” J. Inov. Dan Pembelajaran Fis., vol. 2, no. 2, pp. 132–140, 2016.
U. Muhayat, W. Wahyudi, H. Wibawanto, and W. Hardyanto, “Pengembangan Media Edukatif Berbasis Augmented Reality untuk Desain Interior dan Eksterior,” Innov. J. Curric. Educ. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 39–48, 2017, doi: 10.15294/ijcet.v6i2.19337.
C. H. (2017) Hwang, G. J., & Chen, “Influences of an inquiry based ubiquitous gaming design on students’ learning achievements, motivation, behavioral patterns, and tendency towards critical thinking and problemsolving. British Journal of Educational Technology,” 信阳 师范学院, vol. 1, no. 1, pp. 287–295, 2017, doi: 10.1016/j.sbspro.2015.04.758.
N. Yuniasih, R. N. Aini, and R. Widowati, “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang,” J. Inspirasi Pendidik., 2018, doi: 10.21067/jip.v8i2.2647.
D. Darmawan, Komunikasi Pendidikan Perspektif Bio-komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015. [21]F. Liu, “Construction of the Teaching Model of Second Classroom of Translation Based on Network Platform,” Open J. Soc. Sci., vol. 07, no. 02, pp. 167–177, 2019, doi: 10.4236/jss.2019.72014.
E. A. Ensher, “E-mentoring as a Critical E-learning Approach: The Impact of Social Presence on E-mentoring,” Commun. Netw., vol. 05, no. 03, pp. 1–3, 2013, doi: 10.4236/cn.2013.53b1001.
S. A. Allen WA, “Effects of video podcasting on psychomotor and cognitive performance, attitudes and study behavior of student physical therapists.,” vol. 49, pp. 401–414, 2012.
H. Salmilah, “Model Pembelajaran Inovatif Berbasis ICT (Information Communication Technology) Oleh : Hj. Salmilah, S.Kom * Abstrak:,” Ulul Albab, vol. 12, no. 2, pp. 10–25, 2010.
D. Darmawan, “Digital Media Communication Through Multilog Record Relevision (MRT) for Learning Content,” p. 2019, 2019. [26]R. (2014). Sundayana, Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.,” Metod. Penelit. Kuantitatif, Kualitatif dan R D.BandungAlfabeta., 2012, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
A. Arsyad, Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.
R. Mugara, “Meningkatkan kompetensi guru melalui penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).,” Prodi Pengemb. Kurikulum. Univ. Pendidik. Indones. Sunan KalijagaYogyakarta., p. 2011, 2011.
b hamzah, Model Pembelajaran Menciptakan Mroses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta, 2008