Strategi Komunikasi Akun Instagram UbahStigma Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Kesehatan Mental
Keywords:
Instagram, Communication Strategy, Mental HealthAbstract
Abstrak — Kesehatan mental di Indonesia masih dianggap tabu, karena stigma masyarakat yang menganggap gangguan jiwa tidak rasional. Untuk mengUbahStigma yang beredar di masyarakat tentang cepatnya pengetahuan lebih banyak tentang kesehatan jiwa. New Media berkembang menjadi salah satu hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Seiring dengan perkembangan penggunaan media sosial yang semakin berkembang menjadi media edukasi bagi penggunanya. Pemanfaatan media sosial untuk edukasi digunakan oleh salah satu akun perawatan kesehatan mental di Instagram yaitu UbahStigma. Melalui media sosial Instagram melalui konten yang diposting, UbahStigma ingin masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan mental. Untuk mencapai tujuan komunikasi maka perlu adanya strategi komunikasi agar tercipta komunikasi yang efektif dan tercapainya tujuan komunikasi yang diinginkan oleh UbahStima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi akun Instagram UbahStigma dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan jiwa dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam menjalankan tujuan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan Head of Communication and Marketing Manager UbahStigma. Berdasarkan hasil yang peneliti peroleh, UbahStigma dalam strategi komunikasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan mental adalah dengan mengetahui audiens, menyusun pesan, metode setting, dan memilih media yang digunakan. Adapun faktor pendukung dalam menjalankan tujuan komunikasi UbahStigma adalah dukungan dari sesama komunitas, followers akun Instagram UbahStigma, praktisi kesehatan jiwa, psikolog, dan influencer. Sedangkan faktor penghambatnya adalah interpretasi yang salah terhadap pesan yang diberikan oleh UbahStigma dalam memahami topik yang dibahas dan pembuatan isi topik pesan yang dibutuhkan kritis dan detail.
Kata Kunci — Instagram, Komunikasi, Strategi, Kesehatan Mental
Abstract — Mental health in Indonesia is still considered taboo, because of the stigma that society considers mental disorders is not rational. To mengUbahStigma circulating in the community of the quickness of more knowledge about mental health. New Media evolved into one of the things that are beneficial for the community. As social media use is increasingly developing into a media education for its users. The use of social media to educate used by one account care mental health in Instagram that UbahStigma. Through social media Instagram through the content posted, UbahStigma wants the community can be aware of the importance of mental health. To achieve the purpose of communication of the need for communication strategies in order to create effective communication and achieve the purpose of communication desired by the UbahStima. This study aims to determine how the communication strategy of the account Instagram UbahStigma in raising public awareness about mental health and what factors supporting and inhibiting in the running of these goals. This research uses descriptive qualitative research methods and data collection techniques in this study is an in-depth interview with the Head of Communication and Marketing Manager UbahStigma. Based on the results obtained by the researchers, UbahStigma in the communication strategy to raise public awareness about mental health is by knowing the audience, compose a message, setting method, and select the use media. As for the supporting factors when running the purposes of communication UbahStigma is the support of our fellow community, the followers of the account Instagram UbahStigma, mental health practitioners, psychologists, and influencers. Meanwhile, the inhibiting factor is the wrong interpretation of the messages given by UbahStigma in understanding the topics discussed and the making of the contents of the message topic required critical and detail.
Keywords — Instagram, Communication Strategy, Mental Health
References
Jalaludin, Psikologi Agama. Jakarta, Indonesia: Rajawali Pers, 2015.
Tri W Yeoyoen A, "Situasi Kesehatan Jiwa Di Indonesia," Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI, Jakarta, 2442-7659, 2019.
Jonathan S, "Pengaruh Edukasi Kesehatan Mental Intensif Terhadap Stigma pada Pengguna Layanan Kesehatan Mental," INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, vol. II, pp. 1-21, Juni 2017.
Whiteboard Journal. (2019, November) Who, What, Why : Ubah Stigma. [Online]. https://www.whiteboardjournal.com/ideas/human-interest/who-what-why-ubah-stigma/
Ahmad Setiadi, "Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi," BSI E-Journal, 2016.
Cecep Suryana, Komunikasi Kebijakan Pendidikan. Surabaya, Indonesia: CV. Jakad Media Publishing, 2020.
Hafied Cangara, Perencanaan Strategi Komunikasi. Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
Onong Uchjana Effendy, Hubungan Masyarakat : Suatu Studi Komunikologis. Bandung, Indonesia: Remaja Rosda Karya, 2002.
Anwar Arifin, Ilmu Komunikasi : Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada, 2016.
McQuail, Mass Communication Theory. London, Inggris: Stage Publication, 2009.
Anastasya M Irfan A, Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing. Bandung, Indonesia: CV Cendekia Press, 2020.
Yusup dkk Pawit M, Teori & Praktik Penelusuran Informasi. Jakarta, Indonesia: Kencana, 2010.
Lexy Moleong, Metodelogi Penelitian Kuaitatif. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya, 2000.
Imania, K. A. N., et al. "Interactive multimedia–based mobile learning prototipe development." IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. Vol. 1098. No. 2. IOP Publishing, 2021.