Pemanfaatan Media Streaming Youtube Oleh ARS TV Sebagai Media Informasi

Authors

  • Rafly Pratama Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Bandung
  • Nela Widiastuti Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v7i2.1240

Keywords:

Youtube, SWOT Analysis, Laswell Communication Models, ARS TV, Information Media

Abstract

Abstrak  — Penelitian ini berujudul “Pemanfaatan Media Streaming Youtube Oleh ARS TV sebagai Media Informasi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media streaming Youtube sebagai media penyebaran informasi. Penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus secara ciri-ciri umumnya yang lebih mengkaji perihal keunikan pada suatu kasus yang menjadi kekuatan bagi peneliti untuk menunjang metodologi penelitian yang dimana studi kasus memiliki dimensi yang membahas tentang how and why pada keunikan kasus yang dikaji oleh peneliti. Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu peneliti berusaha menggambarkan suatu objek dan menghubungkannya dengan masalah yang sedang diteliti. hasil penelitian ditemukan mengenai keunggulan, kelemahan, peluar serta ancaman yang dimiliki oleh ARS TV dalam menyebarkan informasi melalui youtube, hasil penelitian menunjukan bahwa ARS TV dalam menyebarankan informasi melalui Youtube berjalan sangat efektif, karena mediaportal berbagi video terbesar ini banyak digunakan masyarakat dalam mencari sebuah informasi.

Kata Kunci — Youtube, Analisis SWOT, Model Komunikasi Laswell, ARS TV, Media Informasi

 

Abstract — This research is entitled "Utilization of Youtube Streaming Media by ARS TV as Information Media". This study aims to determine the use of Youtube streaming media as a medium for disseminating information. The research used is qualitative research using the case study method with general characteristics that examines the uniqueness of a case which is a strength for researchers to support research methodologies where case studies have dimensions that discuss how and why in the uniqueness of the case being studied. by researchers. This research is descriptive, that is, the researcher tries to describe an object and relates it to the problem being studied. the results of the study found about the advantages, weaknesses, externalities and threats possessed by ARS TV in disseminating information via youtube, the results showed that ARS TV in disseminating information through Youtube was very effective, because the largest video sharing media portal was widely used by the public in seekinginformation.

Keyword — Youtube, SWOT Analysis, Laswell Communication Models, ARS TV, Information Media

 

References

J. Indrawan, Efriza, and A. Ilmar, “Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik,” Medium, vol. 8, no. 1, pp. 1–17, 2020, doi: 10.25299/medium.2020.vol8(1).4820.

R. Yudihastira, T. Mutia, P. Studi, and I. Komunikasi, “Penerapan Media Streaming Youtube Oleh Gemilang TV,” vol. 2, no. 4, pp. 191–207, 2020.

T. Ririn Puspita, L. Niko Kurniawan, and N. Karim, “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19,” Juurnal Komun. Masy. dan Keamanan, vol. vol.2, No, no. 26556–6125, pp. 1–15, 2020.

C. Imran, I. H. Budiarjo, and W. Hidayat, “Perancangan Media Promosi Video Youtube Koleksi Sanggar Gubug Wayang Mojokerto Berbasis Budaya Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness,” vol. 35, no. 8, pp. 791–792, 2015, doi: 10.2331/suisan.35.791.

A. H. Fahma and Nurhalimah, “Analisis Model Komunikasi Harold Dwight Laswell Terhadap Novel Asma Nadia Cinta 2 Kodi,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2018.

A. Prabowo and Heriyanto, “Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang,” J. Ilmu Perpust., vol. 2, no. 2, pp. 1–9, 2013, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jip%5CnANALISIS.

Downloads

Published

2021-09-26

How to Cite

Pratama, R., & Widiastuti, N. (2021). Pemanfaatan Media Streaming Youtube Oleh ARS TV Sebagai Media Informasi. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 144–153. https://doi.org/10.31980/petik.v7i2.1240