Implementasi Pemanfaatan Kamus Basa Sunda Berbasis Android Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v8i1.1253Keywords:
Online Learning, Sundanese language dictionary, AndroidAbstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan kamus bahasa sunda sebagai media dalam pembelajaran Basa Sunda. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode campuran (mixed method) antara kualitatif dan metode kuantitatif. Metode kualitatif digunakan dalam menelaah pemanfaatan kamus Bahasa Sunda sebagai media pembelajaran Basa Sunda. Sementara untuk mengukur efektivitas Kamus Basa Sunda Berbasis Android sebagai media pembelajaran maka digunakan metode kuantitatif. Objek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 2 Tarogog Kidul, sebanyak dua kelas pada semester Januari-Juni 2020. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawabcara informan, tes penguasaan materi sebelum dan sesudah penggunaan kamus serta penyebaran kuesioner terhadap responden. Melalui penelitian ini akan dideskripsikan tata cara pemanfaatan Kamus Basa Sunda Berbasis Android sebagai media pembelajaran bagi dosen terhadap mahasiswa sehingga dapat
diukur nilai manfaat Kamus Basa Sunda Berbasis Android tersebut. Penelitian ini juga menghasilkan kesimpulan apakah Kamus Basa Sunda Berbasis Android efektif dalam sebagai media pembelajaran dalam menunjang proses belajar dan mengajar.
Kata Kunci — Pembelajaran Daring, Kamus Bahasa Sunda, Android
Abstract - This study aims to analyze the use of a Sundanese dictionary as a medium in learning Sundanese. The research method used is a mixed method between qualitative and quantitative methods. Qualitative methods are used in studying the use of the Sundanese dictionary as a medium for learning Sundanese. Meanwhile, to measure the effectiveness of the Android-Based Sundanese Dictionary as a learning medium, quantitative methods are used. The object of this research is the seventh grade students of SMPN 2 Tarogog Kidul, in two classes in the January-June 2020 semester. Data were collected through direct observation, interviewing informants, material mastery tests before and after using the dictionary and distributing questionnaires to respondents. Through this research, it will describe the procedure for using the Android-Based Sundanese Dictionary as a learning medium for lecturers to students so that they can measured the value of the benefits of the Android-Based Sundanese Dictionary. This study also concludes whether the Android-Based Sundanese Dictionary is effective as a learning medium in supporting the teaching and learning process.
Keywords — Online Learning, Sundanese language dictionary, Android
References
A. Halim, Politik Bahasa Nasional, Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departeman Pendidikan dan Kebudayaan, 2004.
N. Darmayanti, Bahasa Sunda dan Sistem Komunikasi, Bandung: FIB Press, 2012.
U. Kulsum, "Menyelisik Kosakata Bahasa Sunda Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi IV," Metalingua, vol. 12, no. 2, pp. 235-252, 2014.
C. Sobarna, "Bahasa Sunda Sudah Di Ambang Pintu Kematiankah?," Makara, Sosial Humaniora, vol. 11, no. 1, pp. 13-17, 2007.
A. Z. M. Y. P. S. H. B. a. I. N. K A N Imania, "Interactive multimedia – based mobile learning prototipe development," IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, vol. 1098, pp. 1-7, 2021.
D. Meltzer, "Relation between student’s problem solving performance and representation format," American Journal of Physics , vol. 73, no. 5, 2002.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2010.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2018.