Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Pemrograman Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v8i2.1257Keywords:
Implementation, Video-Based Learning MediaAbstract
Abstrak — Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana Implementasi serta bagaimana pelaksanaan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Pemrograman dimasa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru mata pelajaran dan 16 siswa. adapun teknik pengumpulan datanya yaitu Wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan implementasi media pembelajaran berbasis vido pada mata pelajaran pemrograman dimasa pandemi covid-19 dilihat dari 4 aspek dengan hasil perhitungan presentase menunjukan bahwa Desain pembelajaran (72%) dengan kriteria kuat, komunikasi audio dan komunikasi visual (80%) dengan kriteria kuat, Penggunaan (76%) dengan kiteria kuat, dan Durasi/waktu (79%) dengan kriteria kuat. Berasarkan hasil angket wawancara dan dokumentasi implementasi pembelajaran berbasis video sudah layak digunakan tetapi masih ada kendala-kendala yang ditemukan.
Kata Kunci — Implementasi, Media Pembelajaran Berbasis Video
Abstract — The purpose of this research is to find out how to implement and how to implement Video-Based Learning Media in Programming Subjects during the Covid-19 Pandemic. This research uses descriptive qualitative research with subject teachers and 16 students as research subjects. As for the data collection techniques, namely interviews, questionnaires, observation and documentation. Based on the results of research conducted on the implementation of video-based learning media in programming subjects during the covid-19 pandemic seen from 4 aspects with the results of percentage calculations showing that learning design (72%) with strong criteria, audio communication and visual communication (80%) with criteria strong, Use (76%) with strong criteria, and Duration/time (79%) with strong criteria. Based on the results of interview questionnaires and documentation of the implementation of video-based learning, it is feasible to use but there are still obstacles found.
Keyword — Implementation, Video-Based Learning Media
References
UUD, “Permendiknas no. 22 tahun 2006,” 2006.
S. basri Djamarah, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. hal 22., 2012.
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RafaGrafindo Persada, 2003.
A. Ronald, Pemilihian dan pengembangan media untuk pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers., 1987.
Azhar A., Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. hal 4., 2011.
B. dan F. M. Wibawa, Media Pengajaran. Jakarta: Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, 2003.
Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
A. & M. M. Januszewki, Educational Technology : A Defenition with Commentary. Bloomington, IN: AECT, 2008.
L. J. Briggs, Instructional design : principles and applications, 2nd ed. Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publ. hal. 132., 2009.
O. Hamalik, Media Pendidikan,. Bandung: Citra Aditya Bakti. hal 5., 2009.
E. Wicaksana, “Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 117–124, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1937.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. hal 34., 2017.
Y. M., Menyemai benih Teknologi Pendidikan, 8th ed. Jakarta: Atos Bekerja sama dengan Pustekkom Diknas. hal 458., 2012.
et. al Arief S. Sadiman, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
A. H. Sulaeiman, Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta: PT. Gramedia, 2005.