Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya Untuk Siswa Kelas VII SMP Advent Unklab
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v8i2.1262Keywords:
MDLC, Learning Media, CraftAbstract
Abstrak ─ Media pembelajaran merupakan alat atau perantara yang berguna untuk memperlancar proses belajar mengajar, serta memperlancar komunikasi antara guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran prakarya dan mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Metodologi yang dipakai dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle), pengujian media pembelajaran meliputi pengujian apla testing dan beta testing. Pengujian alpa testing dilakukan oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi dan untuk pengujian beta testing dilakukan secara langsung yang meliputi siswa kelas VII SMP Advent Unklab. Hasil dari penelitian adalah telah dikembangkan media pembelajaran prakarya. Pengujian alpa testing yang melibatkan ahli media dan ahli materi, menyatakan bahwa media pembelajaran ini baik dengan rata-rata skor 3.60 dari ahli media dan ahli materi menyatakan baik dengan rata-rata skor 3.21. sedangkan untuk pengujian beta testing yang melibatkan 25 siswa sebagai responden memberi skor dengan rata – rata 3.60 dengan kategori baik’. Sehingga media pembelajaran ini layak digunakan untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar.
Kata Kunci ─ MDLC, Media Pembelajaran, Prakarya
Abstract ─ Learning media is a tool or intermediary that is useful to facilitate the teaching and learning process, as well as facilitate communication between teachers and students. The purpose of this research is to develop craft learning media and determine the feasibility level of the developed learning media. The methodology used in developing this learning media is MDLC (Multimedia Development Life Cycle), learning media testing includes app testing and beta testing. The alpha testing was carried out by one media expert and one material expert and for beta testing, it was carried out directly which included seventh grade students of Adventist Junior High School Unklab. The result of the research is that craft learning media has been developed. The negligent testing, which involved media experts and material experts, stated that this learning media was good with an average score of 3.60 from media experts and material experts said it was good with an average score of 3.21. while for beta testing, which involved 25 students as respondents, they scored an average of 3.60 in the good category. So that this learning media is suitable to be used to help teachers in the teaching and learning process.
Keywords ─ MDLC, Learning Media, Craft
References
Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. 10, 48–52.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Morten Rurut, Jimmy Waworuntu, T. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Di Sekolah Dasar. 2(April), 52–64.
Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 402–416.
Adilah, A. N., & Minsih, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monokebu pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5076–5085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3026
Agustina, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Physics Pocket Book Bermuatan Local Wisdom Pada Materi Momentum Dan Impuls. https://idr.uin-antasari.ac.id/18417/%0Ahttp://idr.uin-antasari.ac.id/18417/2/AWAL.pdf
Lengkong, O., Mandias, G., Tombeng, M. (2022). The Implementation Of Yandex Engine On Live Translator Application For Bahasa And English Using Block Programming MIT App Inventor Mobile Based. Cogito Smart Journal, Vol 8 - No. 1, Juni 2022
Rotty, V., Giroth, L., Ruata, K., Undap, T.,Tengker, A. (2021). Typology Of Teacher Development. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), Vol.7, No. 4, 2021, pp. 670-677. https://doi.org/10.29210/020211303
Sarwono, R. (2022). Pengembangan Bandicam Berbasis Power Point Sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa PGSD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 69–73. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p69-73
Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta : Penerbit PT. Rajagrafindo Persada; 2015.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Kusnulyaningsih, D., Husniati, H., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berasis Video Animasi pada Muatan Seni Budaya dan Prakarya Kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 480–486. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.677
Afriani, L., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash Cs6 untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2141–2148. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1171
Sari, N. A. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash Professional Cs6 Materi Momentum Dan Impuls. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah …, 3(1), 161–162. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/luminous/article/view/6466
Aswirna, P., Wahyudi, Hurriyah, & Amalina. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Adobe Flash Pada Materi Kalor, Perpindahan Kalor Serta Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 66–80.
Luther. (1994). Authoring Interactive Multimedia. Academic Press.
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139