Analisis Kebutuhan Informasi Program Studi Tadris Matematika Melalui Website
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v8i2.1263Keywords:
Analysis, Information, WebsiteAbstract
Abstrak — Kebutuhan informasi merupakan kebutuhan primer bagi setiap manusia. Tidak terkecuali kebutuhan informasi mengenai dunia Pendidikan khususnya program studi Tadris Matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan tentang kebutuhan informasi, konten, dan tampilan yang dibutuhkan. Subyek dari penelitian ini terdiri dari dosen, mahasiswa, dan alumni program studi Tadris Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur dan wawancara dengan warga Tadris Matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa diperlukan pengembangan berupa website yang memiliki informasi terbaru, konten, dan tampilan yang menarik.
Kata Kunci — Analisis, Informasi, Website
Abstract — The need for information is a primary need for every human being. There is no exception for the need for information regarding the world of education, especially the Tadris Matematika study program. This study aims to determine the needs analysis of the information display requirements needed. The subjects of this study consisted of lecturers, students, and alumni of the Tadris Matematika study program at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Data collection techniques were carried out through literature studies and interviews with all lecturer and student of Tadris Mathematika. Based on the results of the study, it can be seen that it is necessary to develop a website that has the latest information, content, and an attractive appearance.
Keywords— Analysis, Information, Website
References
H. Silvana, G. Rullyana, and A. Hadiapurwa, “Kebutuhan Informasi Guru Di Era Digital: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Labschool Universitas Pendidikan Indonesia,” Baca: jurnal dokumentasi dan informasi, vol. 40, no. 2, pp. 147–158, 2019.
T. F. Efendi, “Pengembangan Website Smk Negeri 3 Sukoharjo,” in Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 2017, vol. 1, no. 1, pp. 957–964.
A. Andoyo and A. Sujarwadi, “Sistem Informasi Berbasis Web Pada Desa Tresnomaju Kecamatan Negerikaton Kab. Pesawaran,” Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), vol. 3, pp. 1–10, 2017.
D. A. Saputra, S. Sucipto, and T. Andriyanto, “Analisis Kualitas Website Sistem Informasi Akademik Universitas Nusantara PGRI Kediri,” RESEARCH: Journal of Computer, Information System & Technology Management, vol. 5, no. 1, pp. 17–22, 2022.
N. Achmad, H. Hafizah, D. Hartanti, and H. Prayitno, “Pelatihan Pembuatan Website Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Bagi Siswa Di SMK Galajuara Bekasi: Pelatihan Website di SMK Galajuara Bekasi,” Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), vol. 1, no. 2, 2021.
R. Kriyantono, “Efektivitas website perguruan tinggi negeri sebagai penyedia informasi bagi mahasiswa,” Jurnal Studi Komunikasi, vol. 4, no. 1, pp. 117–142, 2020.
A. Priyono, “Efektivitas Penggunaan Website Sebagai Media Informasi Dalam Peningkatan Pelayanan Elektronik Mahasiswa Dalam Seminar Ecotourism Di Stipram Yogyakarta (Studi pada: The First STIPRAM Conference On Ecotourism 2018),” PhD Thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta, 2018.
A. Fadillah, “Efektivitas Website Sman 5 Samarinda Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi Siswa,” Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 1, 2013.
D. H. Purnama, M. Hubeis, and K. Matindas, “Efektivitas Komunikasi Pembelajaran melalui Media Website untuk Materi Ajaran Fisika (Kasus Siswa Kelas 3 SMAN 1 Jakarta Pusat),” Jurnal Komunikasi Pembangunan, vol. 7, no. 1, 2009.
W. D. Susanti and S. Suripah, “The Effectiveness of Website as a Mathematics Learning Media During the Online Learning Period,” Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 11, no. 01, pp. 73–83, 2021.
D. E. Sugiharso and V. M. Setianingrum, “Manajemen Humas Perguruan Tinggi Negeri Untuk Mewujudkan Reputasi Brand ‘World Class University’”.
M. A. Ghofur, “Efektivitas Website Unitri. Ac. Id Sebagai Media Informasi Internal Universitas,” Jisip: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, vol. 9, no. 1, pp. 53–61, 2020.
S. Laugi, “Sistem Informasi berbasis Web dalam Penyelenggaran Lembaga Pendidikan,” Shautut Tarbiyah, vol. 24, no. 1, pp. 109–126, 2018.
F. Fattah and H. Azis, “Pemanfaatan Website Sebagai Media Penyebaran Informasi Pada Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar,” Ilmu Komputer Untuk Masyarakat, vol. 1, no. 1, 2020.
E. P. Sari, A. Wahyuni, and N. Narti, “Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web,” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), vol. 5, no. 1, pp. 87–94, 2019.
M. R. Ramadhan and K. D. Hartomo, “Evaluasi Kualitas Website Menggunakan Webqual 4.0 (Studi Kasus: Sistem Informasi Kebencanaan Kabupaten Boyolali),” Jurnal Transformatika, vol. 19, no. 2, pp. 138–143, 2022.
W. Warjiyono and C. M. Hellyana, “Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, vol. 5, no. 2, p. 139, 2018.
G. Goesderilidar, “Membangun website Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK Indragiri menggunakan WordPress,” IndraTech, vol. 2, no. 1, pp. 62–69, 2021.
M. Mashadi, E. Nurachmad, and M. Mulyana, “Analisis Deskriptif Penilaian Website Perguruan Tinggi,” JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), vol. 3, no. 2, pp. 97–106, 2019.
E. Arif, D. Juniadi, and Y. Mardoni, “Perancangan Aplikasi Pengajuan Reward atas Publikasi Ilmiah dan Hki di Universitas Terbuka Berbasis Website,” PETIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, vol. 7, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2021, doi: 10.31980/jpetik.v7i1.890.