Perbandingan Usability Zoom Meeting Dengan Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Nur Safitri Jurusan Pendidikan MIPA, IAIN Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Nabila Chazima Dinawati Jurusan Pendidikan MIPA, IAIN Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Hadma Yuliani Jurusan Pendidikan MIPA, IAIN Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Luvia Ranggi Nastiti Jurusan Pendidikan MIPA, IAIN Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v9i1.1265

Keywords:

Usability, Zoom Meeting, Google Meet, Distance Learning

Abstract

Abstrak  —Wabah Covid-19 membawa dampak besar bagi bidang pendidikan. Beberapa lembaga pendidikan mengharuskan mencari alternatif model pembelajaran yang tidak lagi tatap muka. Salah satu alternative adalah menggunakan media pembelajaran jarak jauh contohnya video conference seperti Zoom Meeting dan Google Meet tanpa mengesampingkan Usability atau kemudahan dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Usability aplikasi Zoom Meeting dan Google Meet. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik purposive sampling  dengan jumlah 50  peserta didik kelas X dan XI di SMAN-1 MALIKU . Metode yang digunakan adalah mixed method yakni pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan menyebarkan kuesioner berupa angket dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan Zoom Meeting dan Google Meet kepada peserta didik berdasarkan  kriteria Usability dan mengumpulkan data dari hasil wawancara sebagai data kualiataif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google Meet lebih unggul dibandingkan Zoom Meeting pada perbandingan kemudahan dalam penggunaannya. Hal ini dibuktikan dengan persentase pilihan responden lebih besar untuk aplikasi Google Meet 63,2% dibandingkan Zoom Meeting 36,8%, dan diperkuat dengan pernyataan guru yang menyatakan Google Meet lebih mudah digunakan untuk  pembelajaran jarak jauh  di SMAN 1 MALIKU.

Kata Kunci  Usability, Zoom Meeting, Google Meet, Pembelajaran Jarak Jauh

 

Abstract — The Covid-19 outbreak has had a major impact on the education sector. Some educational institutions are required to find alternative learning models that are no longer face-to-face. One alternative is to use distance learning media, for example video conferencing such as Zoom Meetings and Google Meet without compromising usability or ease of use. This study aims to examine the usability of the Zoom Meeting and Google Meet applications. The sample in the study was taken by purposive sampling technique with a total of 50 students in class X and XI at SMAN-1 MALIKU. The method used is a mixed method, namely qualitative and quantitative approaches. Determination of the sample using the Purposive Sampling technique by distributing questionnaires in the form of questionnaires by providing questions related to Zoom Meeting and Google Meet to students based on Usability criteria and collecting data from interviews as qualitative data. The results of the study show that Google Meet is superior to Zoom Meeting in terms of ease of use. This is evidenced by the percentage of respondents' preference for the Google Meet application which was 63.2% greater than Zoom Meeting's 36.8%, and was reinforced by the teacher's statement stating that Google Meet was easier to use for distance learning at SMAN 1 MALIKU.

KeywordsUsability, Zoom Meeting, Google Meet, Distance Learning

References

M. H. Fahmi, “Komunikasi Synchronous Dan Asynchronous Dalam E-Learning Pada Masa Pandemic Covid-19,” JURNAL NOMOSLECA, pp. 146-158, 2020.

Zahrotunnimah, “Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia,” SALAM : Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, pp. 247-260, 2020.

Z. Abidin, A. Hudaya and D. Anjani, “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan, pp. 131-146, 2020.

H. A. Maulana, “Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Pendidikan Tinggi Vokasi: Studi Perbandingan antara Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, pp. 188-195, 2021.

S. K. Qolbi, Sabarudin, Kholilurrohman and N. Perwitasari, “Efektivitas Pembelajaran Daring antara Fasilitas Zoom Meet dengan Google Meet,” JURNAL BASICEDU, pp. 1551-1562, 2022.

I. Novayani, “Pernikahan Melalui Video Conference,” At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan, pp. 29-40, 2017.

Munir, “Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi,” Alfabeta., 2009.

d. Yuli Fitrisia, “Penggunaan aplikasi zoom meeting untuk efektifitas pembelajaran daring pada madrasah ibtidaiyah muhammadiyah 01 pekanbaru 1,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, pp. 21-29, 2021.

D. Budiana and A. D. R. Fitrianingsih, “Efektifitas Pelatihan Penyusunan Dokumen Portofolio Untuk Guru PJOK Di Jawa Barat Berbasis Zoom Meeting,” Jurnal Abmas, pp. 11-20, 2020.

S. H. Muniroh, S. Rojanah and S. Raharjo, “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Media Google Meet Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Edukasi Dan Sains, pp. 410-419, 2020.

M. Thohir, N. R. Diana, M. A. A. Habsyi and Susilowati, “Usabilitas Google Classroom Menggunakan Use Questionnaire Dalam Diskusi Interaktif Perkuliahan Di Masa Pandemi,” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, pp. 159-170, 2021.

A. D. S. D. N. S. H. B. Kuntum Annisa Imania, “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Pemrograman Di Masa Pandemi Covid-19,” PETIK, vol. 8, no. 2, pp. 118-126, 2022.

Yadi, “Analisa Media Pembelajaran Whatsapp,” Jurnal Simantec, pp. 51-56, 2021.

S. Rahayu and T. Pahlevi, “Pengaruh Media Pembelajaran E-learning dengan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa,” jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan , pp. 91-99, 2021.

S. S. K. K. N. P. Satria Kharimul Qolbi, “Efektivitas Pembelajaran Daring antara Fasilitas Zoom Meet dengan Google Meet,” jurnal basicedu, pp. 1551-1562, 2022.

R. F. Diharjo, “Penggunaan Whatsapp, Google Meet, Dan Zoom Sebagai Media Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19,” AL-FIKRU: Jurnal Pendidikan Dan Sains, pp. 206-216, 2021.

R. G. Fernanda, E. Suryadi and S. A. M, “Pengukuran Usability Aplikasi Zoom Meeting Sebagai Media E-Learning Menggunakan Use Questionnaire,” ejournal.alkhairat, pp. 276-286, 2022.

D. Haqien and A. A. Rahman, “Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” jurnal lppmunindra SAP (Susunan Artikel Pendidikan), pp. 51-56, 2020.

E. Prasetyo, Data Mining, Mengolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2014.

W. F. Senjaya dan B. Rahardjo, “Implementasi dan Pengukuran Kinerja Operasi Aritmatika Finite Field Berbasis Polinomial Biner,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi (JuTISI), vol. 1, no. 2, pp. 183 - 193, 2015.

M. Ayub dan A. I. Widjaja, “Implementasi dan Pengukuran Kinerja Operasi Aritmatika Finite Field Berbasis Polinomial Biner,” dalam Seminar Teknk Informatika dan Sistem Informasi (SeTISI), Bandung, Indonesia, 2013.

IEEE, “IEEE Website,” [Online]. Available: http://www.ieee.org. [Diakses 25 Januari 2016].

Cartalyst, “Stripe-laravel Manual,” [Online]. Available: https://cartalyst.com/manual/stripe-laravel/4.0. [Diakses 25 Januari 2016].

Oracle Inc., “Oracle NoSQL Database Documentation,” [Online]. Available: http://www.oracle.com/technetwork/database/database-technologies/nosqldb/documentation/index.html. [Accessed 25 Januari 2016].

C. He, Analysis of Security Protocols for Wireless Networks, Stanford University, 2015.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Safitri, N., Dinawati, N. C., Yuliani, H., & Nastiti, L. R. (2023). Perbandingan Usability Zoom Meeting Dengan Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.31980/petik.v9i1.1265