Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis H5P Moodle Pada Mata Pelajaran Multimedia Kelas XII Di SMKN 10 Garut

Authors

  • Siti Husnul Bariah Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Terapan dan Sains Institut Pendidikan Indonesia
  • Kuntum An Nisa Imania Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Terapan dan Sains Institut Pendidikan Indonesia
  • Silfi Afriandari Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Terapan dan Sains Institut Pendidikan Indonesia
  • Yuniar Purwanti Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Terapan dan Sains Institut Pendidikan Indonesia
  • Iman Nasrullah Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Terapan dan Sains Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v9i1.1272

Keywords:

Interactive Multimedia, H5P, Moodle, Multimedia

Abstract

Abstrak  ─ Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perancangan multimedia interaktif berbasis H5p Moodle pada mata pelajaran multimedia kelas XII di Smkn 10 Garut , (2) Untuk mengetahui tahapan multimedia interaktif berbasis H5p Moodle pada mata pelajaran Multimedia kelas XII di Smkn 10 Garut (3).Untuk mengetahui bagaimana efektifitas kegiatan pembelajaran menggunakan H5p Moodle pada mata pelajaran Multimedia kelas XII di Smkn 10 Garut. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RND) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap , yaitu tahapan Analysis , Desaign , Develop , Implementasi , dan Evaluation. Subjek peneliian ini adalah 32 siswa jurusan Multimedia  kelas 3. Pada tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis peserta didik, kemudian memproduksi media dengan membuat flowchart, dan storyboard, kemudian membuat media tersebut sesuai dengan desain yang telah dibuat. Tahap akhir ialah evaluasi dimana media divalidasi oleh guru mata pelajaran sebagai ahli materi dan 1 orang ahli validasi media untuk melihat kelayakan media serta membuat laporan. Hasil Penelitian dan Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan instrumen Ahli media , ahli materi , angket dan wawancara  ,  Dari hasil uji validasi ahli media dan materi  mendapatkan kriteria penilaian skor rata-rata sebanyak 4.05 dan memiliki kriteria  interpretasi “Layak”,untuk validasi ahli materi  memperoleh skor rata-rata sebesar 4.08 dan memiliki kriteria skor sebesar 4.06 dan memiliki kriteria interprestasi “Layak”.

Keywords Interaktif Multimedia, H5p, Moodle, Multimedia.

 

Abstract  ─This study aims to (1) determine the design of interactive multimedia based on H5p Moodle in class XII multimedia subjects at SMKN 10 Garut, (2) to determine the stages of interactive multimedia based on H5p Moodle in class XII Multimedia subjects at Smkn 10 Garut (3). To find out how the effectiveness of learning activities using H5p Moodle on Multimedia class XII at Smkn 10 Garut. This type of research uses Research and Development (RND) research using the ADDIE development model which consists of five stages, namely the Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation stages. The subjects of this research were 32 students majoring in Multimedia class Mm 3. At the analysis stage, needs analysis, curriculum analysis, student analysis were carried out, then produced media by making flowcharts, and storyboards, then making the media according to the designs that have been made. The final stage is an evaluation where the media is validated by the subject teacher as a material expert and 1 media validation expert to see the feasibility of the media and make a report. The results of the research and development of this learning media use the instruments of media experts, material experts, questionnaires and interviews. From the results of the validation test, media and material experts get an average score of 4.05 and have an interpretation criterion of "Fair", for validation the material expert gets a score an average of 4.08 and has a score of 4.06 criteria and has a "Decent" interpretation criterion.

Keywords ─ Interactive Multimedia, H5p, Moodle, Multimedia.

References

Bariah, S H, Imania, K A, I (2017) Pengembangan Evaluasi dan Penugasan Online Berbasis E-Learning

Dengan Moodle Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ilmu Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Volume 6, Nomor 3.

Martin Dougiamas, 2002 Pengembangan Dan Penerapan Konten H5P Pada E-Learning Berbasis LMS Menggunakan Moodle

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development Cet II (Bandung: Alfabeta).

Trisiana dan Wartoyo. 2016. Desain pengembangan model pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan melalui addie model untuk meningkatkan Karakter mahasiswa di universitas slamet riyadi Surakarta.

Gustafson, Kent L. dan Branch, Robert Maribe. (2002). Survey of Instructional Development Models. Fourth Edition. New York: ERIC Clearinghouse on Information and Technology.

Ali, Mohammad. 1984. Penelitian Prosedur Pendidikan dan Strategi. Bandung: Angkasa. Renaldo, Ferri. (2007). Moodle dan Fitur-fiturnya. Ilmukomputer.com (IKC).

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Bariah, S. H., Imania, K. A. N., Afriandari, S., Purwanti, Y., & Nasrullah, I. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis H5P Moodle Pada Mata Pelajaran Multimedia Kelas XII Di SMKN 10 Garut. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 53–62. https://doi.org/10.31980/petik.v9i1.1272