Evaluasi User Experience Dan Perancangan Ulang Interface Pada Website Thai.Com Menggunakan Metode Heuristik Dan User Experience Questionnaire (UEQ)

Authors

  • Ariel Ardinata Sistem Informasi, STIMIK Primakara
  • A.A Istri Paramitha Sistem Informasi, STIMIK Primakara
  • Ni Luh Ning Septyarini Putri Astawa Sistem Informasi, STIMIK Primakara

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v9i1.1273

Keywords:

Beachwear, Sale, Online Shop

Abstract

Abstrak  —  PT. BCA merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan beachwear sejak tahun 2002. Hingga saat ini, PT. BCA telah memiliki 22 cabang toko yang sebagian besar berada di Bali dan beberapa toko di luar Indonesia, contohnya di Thailand. Namun semenjak pandemi  Covid-19, banyak toko yang dimiliki terpaksa tutup dan kini hanya 2 toko yang masih beroperasi, dari permasalahan tersebut, perusahaan hanya bergantung kepada penjualan online. Penjualan online pada PT. BCA hanya dilakukan melalui website. Permasalahan yang terjadi dan membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada website yang dimiliki oleh PT. BCA yaitu dikarenakan pihak perusahaan menerima beberapa keluhan dari konsumen mengenai kesulitan mereka saat menggunakan website. Dari permasalahan yang terjadi maka penelitian ini dilakukan guna melakukan evaluasi pada website yang dimiliki PT. BCA  dengan tujuan untuk memberikan perbaikan rancangan antar muka sehingga dapat menambah nilai pengalaman pengguna yang baik pada website thaikila.com.

Kata KunciBaju Pantai, Penjualan, Toko Online

 

Abstract  —  PT. BCA is a company engaged in selling beachwear since 2002. Until now, PT. BCA already has 22 store branches, most of which are located in Bali and several stores outside Indonesia, for example in Thailand. However, since the covid-19 pandemic, many stores have been forced to close and now only 2 stores are still operating, from this problem, the company only relies on online sales. online sales at PT. BCA is only done through the website. The problems that occur and make researchers interested in conducting research on the website owned by PT. BCA is because the company received several complaints from consumers regarding their difficulties when using the website. From the problems that occur, this research was conducted to evaluate the website owned by PT. BCA with the aim of providing improved interface design so that it can add value to a good user experience on the thai.com website.

Keywords— Beachwear, Sale, Online Shop

References

A. Susanto, “Penggunaan Web Sebagai Salah Satu Pendukung Strategi Pemasaran Produk Oleh Perusahaan Kusuma Agro Industri Batu,” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 5, no. 2, p. 76459, 2013.

A. Nugraheni and J. J. Darmawan, “Faktor yang Mendorong Konsumen Membeli Produk Planet Surf,” Icassp, vol. 21, no. 3, pp. 295–316, 1997.

Aswir and H. Misbah, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabata,” Photosynthetica, vol. 2, no. 1, pp. 1–13, 2018, [Online]. Available: http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht.

D. R. Ariyani, Modul Pembelajaran SMA Prakarya dan Kewirausahaan. 2020.

N. B. F. Shahnaz and Wahyono, “Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online,” Phys. Rev. (Series I), vol. 32, no. 2, pp. 254–255, 2020, doi: 10.1103/PhysRevSeriesI.32.254.

E. Japarianto and S. Adelia, “Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee,” J. Manaj. Pemasar., vol. 14, no. 1, pp. 35–43, 2020, doi: 10.9744/pemasaran.14.1.35-43.

D. G. E. K. Prandana and A. A. I. I. Paramitha, “Evaluasi Tata Kelola Dan Audit Sistem Informasi Rumah Sakit Ganesha Dengan Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 5,” J. Appl. Manag. Account. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 65–75, 2019, doi: 10.51713/jamas.v1i1.10.

B. S. D. Oetomo and S. Santoso, “Pengaruh web dalam komunikasi pemasaran untuk meningkatkan perhatian dan ketertarikan konsumen Online,” J. Eksplor. Karya Sist. Inf. dan Sains, vol. 8, no. 2, 2015.

A. A. I. I. Paramitha, G. R. Dantes, and G. Indrawan, “The evaluation of web based academic progress information system using heuristic evaluation and user experience questionnaire (UEQ),” Proc. 3rd Int. Conf. Informatics Comput. ICIC 2018, no. October, pp. 1–6, 2018, doi: 10.1109/IAC.2018.8780430.

I. P. A. Gunawan, G. P. K. Juliharta, and N. L. P. N. S. P. Astawa, “Aplikasi Monotoring Perusahaan Penanaman Modal (Studi Kasus DPMPTSP Kota Denpasar),” J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 6, no. 1, pp. 13–19, 2020.

A. Dix, J. Finlay, G. D. Abowd, and R. Beale, Human-Computer Interaction. Pearson Education Limited, 2004.

H. B. Santoso, M. Schrepp, R. Yugo Kartono Isal, A. Y. Utomo, and B. Priyogi, “Measuring user experience of the student-centered E-learning environment,” J. Educ. Online, vol. 13, no. 1, pp. 1–79, 2016.

H. Bekti, Mahir membuat website dengan adobe dreamweaver CS6, CSS dan jquery. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2015.

N. N. Group, “Jakob’s 10 Usability Heuristics,” p. 1.

I. Made, S. Mertha, P. Satwika, A. A. Istri, and I. Paramitha, “Analisa Usability pada Website Platform Marketplace Edukasi Menggunakan Metode Heuristic Evaluation System Usability Scale,” J. Krisnadana, vol. 1, no. 1, pp. 37–46, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.catuspata.com/index.php/jkdn/index.

Kharis, P. I. Santoso, and W. W. Winarno, “Evaluasi User Experience pada Sistem Informasi Pasar Kerja menggunakan User Experience Questionaire (UEQ),” 2019.

M. Schrepp and J. Thomaschewski, “Design and Validation of a Framework for the Creation of User Experience Questionnaires,” Int. J. Interact. Multimed. Artif. Intell., vol. 5, no. 7, p. 88, 2019, doi: 10.9781/ijimai.2019.06.006.

R. D. B. Kurniawan, S. Hadi Wijoyo, and N. H. Wardani, “Evaluasi Usability Aplikasi MY JNE Dengan Metode User ExperienceQuestionnaire (UEQ) Dan Heuristic Evaluation,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. , vol. 3, no. 6, pp. 5583–5591, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

A. G. Hartzani, “Evaluasi User Experience Pada Dompet Digital Ovo Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2021.

C. A. Ramadhani, “Analisis Kepuasan Pengguna ‘Bukalapak’ Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Terhadap Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh,” Kaos GL Derg., vol. 8, no. 75, pp. 147–154, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

M. J. Hartono, Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Andi Yogyakarta, 2018.

N. R. Ashshiddiqy, N. L. P. N. S. P. Astawa, B. P. W. Nirmala, and A. . I. I. Paramitha, “Perancangan Mobile Application untuk Startup Montirkeliling.com dengan Metode Design Sprint,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 10, no. 3, p. 238, 2021, doi: 10.23887/karmapati.v10i3.38999.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Ardinata, A., Paramitha, A. I., & Astawa, N. L. N. S. P. (2023). Evaluasi User Experience Dan Perancangan Ulang Interface Pada Website Thai.Com Menggunakan Metode Heuristik Dan User Experience Questionnaire (UEQ). Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 63–75. https://doi.org/10.31980/petik.v9i1.1273