Persepsi Siswa dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Pembelajaran

Authors

  • Yuniar Purwanti Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, IPI Garut
  • Syipa Falahiyah Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, IPI Garut
  • Dudi Suprihadi Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, IPI Garut
  • Kuntum An Nisa Imania Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, IPI Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v9i1.1274

Keywords:

Android, Mobile Learning, Perception

Abstract

Abstrak  ─ Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan pembelajaran dengan menggunakan smartphon untukpembelajaran di SMAN 4 Garut pada mata pelajaran TIK. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi siswa berkaitan dengan penggunaan mobile learning berbasis android pada mata pelajaran TIK kelas X di SMAN 4 Garut, dan untuk mengetahui pemanfaatan mobile learning berbasis android pada mata pelajaran TIK kelas X di SMAN 4 Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran yaitu pendekatan kualitatif yang menggunakan analisis data sederhana dengan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Garut dengan sampel yang diambil dua kelas yaitu kelas X IPA 4 dan X IPA 5. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket sebanyak 20 soal dan tes akhir sebanyak 20 soal serta penyebaran angket (Kuesioner) berjumlah 20 pernyataan. Hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa Literasi TIK dengan menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis android lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan media powerpoint. Rata-rata perolehan skor tes awal kelas eksperimen sebesar 39,43 sedangkan kelas kontrol sebesar 44 dan skor tes akhir kelas eksperimen sebesar 70,86 dibandingkan pada kelas kontrol sebesar 65,29. Berdasarkan uji gain ternormalisasi kelas eksperimen sebesar 0.53 katagori sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0.37 dengan katagori rendah serta dari perhitungan rata- rata angket respon siswa diperoleh sebesar 84% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketika pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis android dapat meningkatkan Literasi TIK siswa.

Kata Kunci ─ Android, Mobile Learning, Persepsi

Abstract  ─ This research is motivated by the lack of utilization of learning by using smartphones for learning at SMAN 4 Garut in ICT subjects. The purpose of this study was to determine student perceptions regarding the use of android-based mobile learning in class X ICT subjects at SMAN 4 Garut, and to determine the use of android-based mobile learning in class X ICT subjects at SMAN 4 Garut. This study used a mixed methods approach, namely a qualitative approach using simple data analysis using descriptive methods and a quantitative approach using quasi-experimental methods. The population in this study were all students of class X SMAN 4 Garut with samples taken from two classes, namely class X IPA 4 and X IPA 5. The data collection technique was carried out by distributing a questionnaire of 20 questions and a final test of 20 questions and distributing the questionnaire (questionnaire). totaling 20 statements. The results of research and data analysis show that ICT Literacy using Android-based mobile learning media is better than learning with PowerPoint media. The average initial test score for the experimental class was 39.43, while the control class was 44 and the final test score for the experimental class was 70.86 compared to the control class, which was 65.29. Based on the normalized gain test, the experimental class was 0.53 in the medium category, while the control class was 0.37 in the low category and from the calculation of the average student response questionnaire, it was obtained 84% in the good category. So it can be concluded that when learning using Android-based mobile learning media can improve students' ICT Literacy.

Keywords ─ Android, Mobile Learning, Perception

References

M. Ally, Mobile Learning: transforming the delivery of education and training. Quebec: AU Press, 2009.

N. dan A. R. Sudjana, Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.

Wirawan, Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Syarifudin, “Literasi Teknologi Informasi,” J. Penelit. Komun., vol. 17, no. 2, 2014.

N. . Hartoyo, “Pengembangan Media Belajar Mobile Learning Berbasis Android Untuk Mengetahui Literasi Digital Pada Mata Pelajaran Produksi Pengolahan Komoditas Perkebunan Dan Herbal Di Tingkat SMK.,” Bandung, 2019.

A. Majid, Mobile learning. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. hal 34., 2017.

R. Sundayana, Statisktik Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV. hal 44., 2014.

Daryanto, Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2010.

S. basri Djamarah, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. hal 22., 2012.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Purwanti, Y., Falahiyah, S., Suprihadi, D., & Imania, K. A. N. (2023). Persepsi Siswa dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Pembelajaran. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 76–83. https://doi.org/10.31980/petik.v9i1.1274