Implementasi E-learning Dengan Model Flipped Classroom Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer
Keywords:
Student Learning Activities, E-Learning, Flipped ClassroomAbstract
Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan E-Learning dengan model Flipped Classroom dalam aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sistem computer. Dilatar belakangi atas kurangnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X Multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Methods atau metode yang menggabungkan antara kuantitatif dengan kualitatif dengan menggunakan strategi sequential mixed methods. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 3 Kelas Semester 1 SMK Negeri 9 Garut dengan sampel yang diambil 1 kelas yaitu kelas X MM 1 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, dan angket yang diberikan kepada siswa maupun guru. Hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa kemampuan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer dengan materi sistem bilangan menunjukan dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 75%, menunjukan rasa ketertarikan 77%, rasa keingintahuan 78%, rasa senang 58%, rasa keaktifan 65%, rasa perhatian 58%.
Kata Kunci — aktivitas belajar siswa, media pembelajaran e-learning, Flipped Classroom
Abstract — This study aims to implement E-Learning with the Flipped Classroom model in student learning activities on computer systems subjects. Against the background of the lack of student learning activities on subjects in class X Multimedia computer systems. The method used in this research is Mixed Methods or methods that combine quantitative with qualitative using sequential mixed methods strategy. The population in this study were all students of class X as many as 3 Class 1 Semester 1 SMK 9 Garut with samples taken 1 class namely class X MM 1 as many as 32 students. Data collection techniques were carried out with tests of learning outcomes, and questionnaires given to students and teachers. The results of research and data analysis note that the ability of student learning activities in computer system subjects with material number systems shows a percentage of mastery learning as much as 75%, showing interest 77%, curiosity 78%, pleasure 58%, sense of activity 65%, 58% attention.
Keywords — Student Learning Activities, E-Learning, Flipped Classroom.
References
Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta
Schell, J. 2012. What is A Flipped classroom ?. CADQ Guide The Flipped Classroom dapat diakses melalui www4.ntu.ac.uk/adq/document_uploads/teachin g/154084.pdf diakses pada Mei 2019
Hujair AH. Sanaky. Media Pembelajaran. (Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2009), Cet. 1, hlm. 3
Munir. 2009 Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: AlfaBeta.
Munir. 2009 Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: AlfaBeta.
Bantala, A. P. (2010). Penerapan Pembelajaran E-learning (Learning Management System) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Diklat Teknik Jaringan Komputer Dasar Di Pppptk Bmti Bandung. Bandung: Tesis Jurusan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UPI
Sumarsih. 2009. Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VIII. No.1
Ginan, Abdul M. 2018. WEBBLOG Centric Course Dalam Upaya Meningkatkan Daya Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas VIII SMPN 2 Tarogong Garut. Skripsi Institut Pendidikan Indonesia : Tidak Diterbitkan.
Riyana, Cepi. 2017. Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran. dapat diakses melalui www.researchgate.net/publication/242646955_p eranan_Teknologi_Dalam_Pembelajaran di akses pada Mei 2019 [11] Rosenberg, Marc. J. 2001. E-Learning : Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA : McGraw-Hill Companies
Edhy Sutanta. 2015. Konsep Dan Implementasi E-Learning. (Studi Kasus Pengembangan E-Learning di SMA N 1 Sentolo Yogyakarta). Bisa diakses melalui www.researchgate.net/publication/228343752_Konsep_dan_implementasi_e-learning_Studi_Kasus_Pengembangan_E-Learning_di_SMA_N_1_Sentolo_Yogyakarta diakses pada mei 2019
Wall Street English. 2017. Flipped Classroom, Belajar Bahasa Inggris Jadi Gampang.Wall street English dapat diakses melalui blog.wallstreetenglish.co.id/flipped-classroomwse/ diakses 15 februari 2019
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualittatis dan R&D). Bandung: Alfabeta
Creswell. John. W. 2010. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Jakarta: Pustaka pelajar.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Nana Syaodih Sukmadinata (2009). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya