Pembelajaran Pemecahan Masalah dengan Media Interaktif Model Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Multimedia 3 SMKN 2 Garut Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Tahun Pelajaran 2017/2018
Keywords:
Media Interaktif, Model Tutorial, Hasil belajar, MatematikaAbstract
Abstrak — Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran di kelas dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMK. Salah satu media tersebut adalah media interaktif model tutorial. Dengan media ini siswa lebih bersemangat dalam belajarnya, karena mereka dapat langsung mencari pemecahan masalah matematika yang diberikan oleh gurunya secara interaktif melalui komputer. Hanya dalam pelaksanaannya di kelas, harus dilengkapi dengan sarana yang cukup agar berjalan dengan baik.
Kata kunci — Media Interaktif, Model Tutorial, Hasil belajar, Matematika
References
Arikunto, S. (1999). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Dahar, R. W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga
Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran Cetakan ke-1. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Depdiknas (2006). Permendiknas No. 22 tahun 2006. Jakarta : Depdiknas
Harry (1982). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi belajar. Bandung : IKIP Bandung
Hudoyo, H. (1979). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya : Usaha Nasional
Hudoyo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : JICA IKIP Malang
Humaini (2007). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Pokok Bahasan Bilangan Pecahan pada Siswa SMPN 1 Rantau Badauh. http :www.google.co.id.
Kadir, A. (2000). Suatu Alternatif Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Matematika pada Siswa Madrasah Aliyah. Tesis PPS UPI Bandung : Tidak diterbitkan
Kisworo, A. (2000). Pembelajaran Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Geometri di Kelas I Smu Petra Surabaya. Tesis PPS Universitas Negeri Surabaya : Tidak Diterbitkan
Lestari, T. (1997). Dampak Metode Pemecahan Masalah terhaddap Kemampuan Berpikir Siswa dalam Pengajaran Matematika (Tesis). Bandung : PPS UPI Bandung
Nasution (1986). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Departemen P & K
Ruseffendi (1988). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito
Ruseffendi (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito
Ruseffendi (1998). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang : IKIP Semarang Press
Sabandar, J. (2001). Aspek Kontekstual dalam Soal Matematika dalam Realistic Mathematics Education. Makalah Disajikan pada Seminar Sehari “Realistic Mathematics Education” di Kampus UPI Bandung. Bandung : UPI Bandung
Slavin, R. E. (1997). Cooperative Learning Theory, Research and Practise (Second Edition). Massachusetts : Allyin and Bacon Publishers.
Soedjadi, R. (1992). Simplikasi Beberapa Konsep dalam Matematika untuk Matematika Sekolah dan Dampaknya. (Suatu analisis Komparatif). Surabaya : IKIP Surabaya
Soedjadi, R. (1994). Memantapkan Matematika Sekolah sebagai Wahana Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran. (Makalah Seminar) tidak diterbitkan
Soedjadi, R. (1999). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Depdiknas
Sudjana (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Sudjana (1996). Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Sudjimat, D. A. (1996). Pembelajaran Pemecahan Masalah : Tinjauan Singkat Berdasar Teori Kognitif. Jurnal Pendidikan Humaniora dan Sains. Malang : IKIP Malang
Suherman, E. dan Sukjaya, Y. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijayakusumah
Suherman, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA UPI Bandung
Sukasno (2002). Model Pembelajaran Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Trigonometri (Tesis). Bandung : UPI Bandung Tidak diterbitkan
Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa SMA di Kodya Bandung. Laporan Penelitian IKIP Bandung : Tidak diterbitkan
Sumarmo, U. (2000). Kecenderungan Pembelajaran Matematika pada Abad 21. Makalah Lokakarya. Tidak diterbitkan
Suparno, P. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) : Pemantauan dan Evaluasi.. Yogyakarta : Dirjendikti Depdikbud
Sutiarso (2000). Problem Posing : Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Siswa. Prosiding konferensi Nasional Matematika X. Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia. Bandung : Institut Teknologi Bandung
Suwarkono (2004). Penilaian Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2004 (Makalah). Jakarta : LPMP DKI Jakarta
Wheatley, G. H. (1991). Mathematics Learning. Journal Constructivist Perspective on Science and of Science Education. Disertasi PPS IKIP Bandung : tidak diterbitkan
Winkel, Ws. (1991). Psikologi Pendidikan & Evaluasi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia