Pembelajaran Pemecahan Masalah dengan Media Interaktif Model Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Multimedia 3 SMKN 2 Garut Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Asep Kurnia SMKN 2 Garut

Keywords:

Media Interaktif, Model Tutorial, Hasil belajar, Matematika

Abstract

Abstrak — Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran di kelas dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMK. Salah satu media tersebut adalah media interaktif model tutorial. Dengan media ini siswa lebih bersemangat dalam belajarnya, karena mereka dapat langsung mencari pemecahan masalah matematika yang diberikan oleh gurunya secara interaktif melalui komputer. Hanya dalam pelaksanaannya di kelas, harus dilengkapi dengan sarana yang cukup agar berjalan dengan baik.

Kata kunci Media Interaktif, Model Tutorial, Hasil belajar, Matematika

References

Arikunto, S. (1999). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Dahar, R. W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga

Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran Cetakan ke-1. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas (2006). Permendiknas No. 22 tahun 2006. Jakarta : Depdiknas

Harry (1982). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi belajar. Bandung : IKIP Bandung

Hudoyo, H. (1979). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya : Usaha Nasional

Hudoyo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : JICA IKIP Malang

Humaini (2007). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Pokok Bahasan Bilangan Pecahan pada Siswa SMPN 1 Rantau Badauh. http :www.google.co.id.

Kadir, A. (2000). Suatu Alternatif Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Matematika pada Siswa Madrasah Aliyah. Tesis PPS UPI Bandung : Tidak diterbitkan

Kisworo, A. (2000). Pembelajaran Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Geometri di Kelas I Smu Petra Surabaya. Tesis PPS Universitas Negeri Surabaya : Tidak Diterbitkan

Lestari, T. (1997). Dampak Metode Pemecahan Masalah terhaddap Kemampuan Berpikir Siswa dalam Pengajaran Matematika (Tesis). Bandung : PPS UPI Bandung

Nasution (1986). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Departemen P & K

Ruseffendi (1988). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito

Ruseffendi (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito

Ruseffendi (1998). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang : IKIP Semarang Press

Sabandar, J. (2001). Aspek Kontekstual dalam Soal Matematika dalam Realistic Mathematics Education. Makalah Disajikan pada Seminar Sehari “Realistic Mathematics Education” di Kampus UPI Bandung. Bandung : UPI Bandung

Slavin, R. E. (1997). Cooperative Learning Theory, Research and Practise (Second Edition). Massachusetts : Allyin and Bacon Publishers.

Soedjadi, R. (1992). Simplikasi Beberapa Konsep dalam Matematika untuk Matematika Sekolah dan Dampaknya. (Suatu analisis Komparatif). Surabaya : IKIP Surabaya

Soedjadi, R. (1994). Memantapkan Matematika Sekolah sebagai Wahana Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran. (Makalah Seminar) tidak diterbitkan

Soedjadi, R. (1999). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Depdiknas

Sudjana (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru

Sudjana (1996). Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sudjimat, D. A. (1996). Pembelajaran Pemecahan Masalah : Tinjauan Singkat Berdasar Teori Kognitif. Jurnal Pendidikan Humaniora dan Sains. Malang : IKIP Malang

Suherman, E. dan Sukjaya, Y. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijayakusumah

Suherman, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA UPI Bandung

Sukasno (2002). Model Pembelajaran Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Trigonometri (Tesis). Bandung : UPI Bandung Tidak diterbitkan

Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa SMA di Kodya Bandung. Laporan Penelitian IKIP Bandung : Tidak diterbitkan

Sumarmo, U. (2000). Kecenderungan Pembelajaran Matematika pada Abad 21. Makalah Lokakarya. Tidak diterbitkan

Suparno, P. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) : Pemantauan dan Evaluasi.. Yogyakarta : Dirjendikti Depdikbud

Sutiarso (2000). Problem Posing : Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Siswa. Prosiding konferensi Nasional Matematika X. Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia. Bandung : Institut Teknologi Bandung

Suwarkono (2004). Penilaian Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2004 (Makalah). Jakarta : LPMP DKI Jakarta

Wheatley, G. H. (1991). Mathematics Learning. Journal Constructivist Perspective on Science and of Science Education. Disertasi PPS IKIP Bandung : tidak diterbitkan

Winkel, Ws. (1991). Psikologi Pendidikan & Evaluasi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia

Downloads

Published

2019-09-28

How to Cite

Kurnia, A. (2019). Pembelajaran Pemecahan Masalah dengan Media Interaktif Model Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Multimedia 3 SMKN 2 Garut Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Tahun Pelajaran 2017/2018. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(2), 62–68. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/1380