Penerapan Konten E-Learning Berbasis Scorm Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran
Keywords:
Effectiveness of Learning, e-learnign based on scomAbstract
Abstrak — E-learning merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang difasilitasi dan didukung pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Pada sebuah pendidikan seperti Sekolah Menengah Atas sangat dibutuhkan untuk membantu guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Beradasrkan pengamat/penelitian sementara yang berkaitan dengan proses pemebelajaran siswa dalam menerima materi masih terfokus pada buku – buku paket yang ada, penerapan teknolgi masih kurang digunakan dalam pembelajaran sehingga terasa kurang efektif dalam penyampaian materi sehingga siswa merasa jenuh. Oleh sebab itu perlu adanya pembaharuan dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai hal-hal berikut. Transformasi penyajian materi berstandarisasi scorm (Sharable Content Object Refrence Model), dimana guru dapat mengetahui aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalam membaca bahan ajar yang disediakan oleh guru dan sejauh mana efektifitas pemeblajaran dapat ditingkatkan dengan pemebelajaran menggunakan elearning berstandarisasi scorm. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas X 1 Sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kkelas Kontrol. Hasil yang didapat dari penelitian ini, didapat berupa data awal yaitu pretest untuk kelas eksperimen dengan nilai rata – rata adalah 59,5 sedangan kelas kontrol mendapatkan nilai rata – rata 49,1. Setelah diterapkan e-learning berbasi scorm dan setelah mendapat perlakuan untuk kelas eksperimen didapat nilai postes dengan rata – rata 81,8 dengan taraf peningkatan 38% dan kelas kontrol sebesar 62,1 dengan taraf 27%. Dan respon tanggapan siswa begitu baik terhadap penerapan e-learning berbasis scorm ini dengan data yang dibuktikakn dengan diperoleh data bahwa 25 siswa atau 94,29 % siswa Kelas X 1 memberi tanggapan sangat baik dan 2 siswa atau 5,71% memberi tanggapan baik. Kesimpulan bahwa penerpan konten e-learning berbasis scorm dapat meningkatkna efektifitas pembelajaran.
Kata Kunci — Efektivitas Pembelajaran, e-learnign berbasis scom
Abstract — E-learning is one form of learning model that is facilitated and supported by the use of information and communication technology. In an education such as high school it is very necessary to help teachers improve the effectiveness of observer learning / temporary research related to the process of learning students in receiving material is still focused on existing textbooks, the application of technology is still less used in learning so it feels less effective in delivering material so students feel bored. Therefore there needs to be a renewal in learning to improve learning effectiveness. This study aims to obtain information about the following matters. Transformation of presentation of standardized scorm material (Sharable Content Object Refrence Model), where teachers can find out student activities in teaching and learning activities specifically in reading teaching materials provided by teachers and the extent to which the effectiveness of learning can be improved by learning using standardized scorm e-learning. In this study researchers used quantitative methods and the type of research used was quasi-experimental. This study uses two classes namely class X 1 as the experimental class and class X 2 as the control class. The results obtained from this study, obtained in the form of preliminary data, namely the pretest for the experimental class with an average value of 59.5 while the control class received an average value of 49.1. After applying e-learning based on scorm and after getting treatment for the experimental class, the posttest value was obtained with an average of 81.8 with an increase of 38% and a control class of 62.1 with a level of 27%. And the response of students' responses was so good towards the application of scorm-based e-learning with data that was proven by obtaining data that 25 students or 94.29% of Class X 1 students gave very good responses and 2 students or 5.71% gave good responses. Conclusion that the placement of scorm-based e-learning content can increase the effectiveness of learning.
Keywords — Effectiveness of Learning, e-learnign based on scom
References
Asmar. GS.2015. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Preoses Pemecahan Masalah tara Siswa Yang Mendapatkan Model Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dan Model Kooperatif Tipe Creatif Problem Solving (CPS).skripsi STKIP Garut.tidak diterbitkan
Bariah, S. H. 2016. Implementasi Konten E-Learning Berbasis Standarisasi Scrom (Shareable Content Object Reference Model) Di Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal PETIK Vol.2 No.1, hlm.
Bariah, S.H. 2016. Penerapan ELearning Pada Mata Pelajaran Prakarya Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik (Studi Kasus Materi Pengolahan Makanan Awetan Nabati) . Jurnal PETIK. Vol.2 No.2, hlm.
Bariah, S.H. & Kuntum, A. I. 2017. Pengembangan Evaluasi dan Penugasan Online Berbasis E-Learning Dengan Moodle Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ilmu Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Vol 6, No 3, hlm. 305-315.
Bariah, S.H. & Kuntum, A. I. 2018. Implementasi Blended Learning Berbasis Moodle Pada Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal PETIK Vol4, No.2. hlm.106-113.
Clark, R.C. & Mayer, R.E. (2008). Elearning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning, second edition. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc
Darmawan, D. & Siti, H. B. 2014. Pengembangan E-Learning Berbasis Mooddle dan Facebook pada mata pelajaran TIK. Jurnal Teknodik 18(3), hlm. 227-240.
Dunne, Richard. 1996. Pembelajaran Efektif (Terjemahan). Jakarta: Grasindo.
Kusmana A. 2011. e-learning dalam pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan. 14 (1):35- 51.
Lanzilotti R, C Ardito, MF Costabile, & AD Angeli. (2006). Else methodology: a systematic approach to the e-learning systems evaluation. Educational Technology & Society Journal. 9 (4):42- 53.
Munir,(2008).Kurikulum Berbasis Teknologi dan Komunikasi.Bandung: Alfabeta
Prawiradilaga DS. (2004). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Popham, W. James. 2003. Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terjemahan).Jakarta: Rineka cipta
Rahadi, M. (2009). Statistika Parametrik, Modul Kuliah Pada Jurusan Matematika STKIP GARUT.Tidak diterbitkan
Riyanto,S. (2013)Teknologi Informasi Pendidikan Yogyakarta : Gava Media.
Rice, W. H. (2006). MOODLE e-Learning Course Development, complete guide to successful learning using Moodle. Birmingham-Mumbai:PACKT Publishing.
Sinambela, N.J.M.P. (2006). Keefektifan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika untuk Pokok Bahasan Sistem Linear dan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan Sumatera Utara. Tesis. Surabaya : Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya
Susanty, Wiwin dan Oriiniati, Putri. (2013)
Analisis Website E-Learning Berbasis
Standar Scorm Content Aggregation Model 2.1 Di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi.