Teknologi Pendidikan: Kajian Aplikasi Ruangguru Berdasarkan Prinsip dan Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer

Authors

  • Dian Rahadian Pendidikan Teknologi Informasi, Institut Pendidikan Indonesia
  • Gina Rahayu Pendidikan Teknologi Informasi, Institut Pendidikan Indonesia
  • Risma Rahma Oktavia Pendidikan Teknologi Informasi, Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

HCI, Ruangguru, Human, Technology, Usability, Ergonomic

Abstract

Abstrak — Kajian aplikasi Ruangguru ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan fungsi aplikasi berdasarkan prinsip dan paradigma Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Dalam kajian ini aspek yang dievaluasi diantaranya aspek human, technology, usability, dan ergonomic. Ketertarikan kajian aplikasi Ruangguru ini berdasarkan beberapa sumber yang menyatakan bahwa ruangguru dipercaya sebagai “Best Education Platform”. Maka dari itu dikaji beberapa aspek untuk mengetahui sejauh mana keterkaitan aplikasi Ruangguru dengan prinsip IMK. Setelah dilakukan kajian, aplikasi Ruangguru dinilai telah memenuhi aspek-aspek tersebut. Jadi tidak heran aplikasi Ruangguru digunakan sebagai pusat belajar online di kalangan pelajar Indonesia.

Kata Kunci — IMK, Ruangguru, Manusia, Teknologi, Kegunaan, dan Ergonomi.

Abstract — This Ruangguru application study aims to determine the relevance of application functions based on the principles and paradigms of Human and Computer Interaction (HCI). In this study, the aspects evaluated included aspects of human, technology, usability, and ergonomics. The interest in studying the Ruangguru application is based on several sources stating that Ruangguru is believed to be "Best Education Platform". So from that, it was examined several aspects to determine the extent of the relationship between the Ruangguru application and the HCI principle. After the study was conducted, the Ruangguru application was assessed to have fulfilled these aspects. So it's no wonder the Ruangguru application is used as an online learning center among Indonesian students.

Keywords — HCI, Ruangguru, Human, Technology, Usability, and Ergonomic.

References

Alan Dix, J. F. (2004). Human-Computer Interaction_Third Edition. Pearson Prentice Hall.

Alan Dix, Janet Finlay, Gregory D.Abowd, Russell Beale. (2004). Human-Computer Interaction. England: Pearson Prentice Hall.

Armalina, V. (2011). InteraksiManusia Dan Komputer (HumanComputer Interaction).

Insap Santoso. (2004). Interaksi Manusia dan Komputer Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Moha, N. G. (2007). Remote.Usability valuation of Web Interfaces, Human-Computer Interaction Research In Web Design an Evaluation. Idea Group Inc. [6] Nielsen, J. (1993). Usability Engginering. San Francisco: ISBN 0-12-518406-9.

Nurmianto, E. (1996). Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.

Osborne, D. (1987). Ergonomics at Work 2ndEdition. New York, Brisbane, Toronto, Singapore: John Wiley & Sons, Chichester.

Oztekin, A., Delen D., A. Turkyilmaz and Selim Zaim. (2013). A machine Learning-based Usability Evaluation Method for eLearning Systems, Decision Support Systems.

Pratiwi, D. A. (n.d.). Mengenal Interaksi Manusia dan Komputer.

Preece, J. R. (2002). Interaction design: beyond human-computer interaction. John Wiley & Sons, Inc.

Prihati. (n.d.). Penerapan Model Human Computer Interaction (HCI Dalam Analisis Sistem Informasi)” Studi Kasus SAS Dikmenti DKI Jakarta.

Rahadian, Dian. "Peran dan Kedudukan Guru dalam Masyarakat." JURNAL PETIK 1.1 (2015): 26-37.

Rahadian, Dian. "PERGESERAN PARADIGMA PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN TINGGI." JURNAL PETIK 2.1 (2016): 1-7.

Sastry, H. (2011). User interface design challenges for digital libraries. International Journal of Computer Applications, 7-11.

Seffah, G. D. (2005). Human-Centered Software Engineering - Integrating Usability in the Software Development Lifecycle. Springer Science & Business Media.

Wignjcsocbroto., S. (1995). Ergonomi : Studi Gerak dan Waktu, Teknik Analisis Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT. Guna Widya.

Zhang. (2007). Usability Evaluation. Human-Computer Interaction Research In Web Design an Evaluation (pp. 209- 228). Idea Group Inc

Downloads

Published

2019-03-25

How to Cite

Rahadian, D., Rahayu, G., & Oktavia, R. R. (2019). Teknologi Pendidikan: Kajian Aplikasi Ruangguru Berdasarkan Prinsip dan Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 11–24. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/1409