Implementasi EDAPP Sebagai LMS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMK Muhammadiyah 1 Kuningan

Authors

  • Sindy Febriyanti sindy Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, STKIP Muhammadiyah Kuningan, Kuningan Jawa Barat,45511, Indonesia
  • Ahmad Fajri Lutfi STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v10i2.1473

Keywords:

Learning Management System , EdApp, Hasil belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Abstrak

Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah seringkali monoton dan kurang menarik, dengan penggunaan buku paket sebagai satu-satunya acuan. Hal ini dapat menurunkan motivasi siswa dan berakibat pada hasil belajar yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan EdApp sebagai LMS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen dan desain penelitiaan Pretest-postesst control design. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Kuningan dengan melibatkan dua kelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TB dan X AP dengan jumlah sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal/tes (pretest-posttest) dan angket (pretest-posttest). Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara metode konvensional dan yang menggunakan media pembelajaran  EdApp, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa rata kelas kontrol sebesar 66.11 dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 83.33 sehingga diketahui selisih dari kedua kelas tersebut sebesar 17.22. Nilai t_hitung > t_tabel yaitu 4.366 > 2.120 , sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan nilai hasil belajar pada kelas eksperimen, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H_a diterima dan H_0 ditolak.

Kata Kunci : Learning Management System (LMS), EdApp, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

 

Abstract

Learning Indonesian at school is often monotonous and less interesting, with textbooks used as the only reference. This can reduce student motivation and result in less than optimal learning outcomes. This research aims to improve student learning outcomes through the use of EdApp as an LMS. This research uses a quantitative method with a Quasi Experiment type and a pretest-posttest control design research design. This research was conducted at SMK Muhammadiyah 1 Kuningan involving two classes, the control class and the experimental class. The population used in this research were students in class X TB and X AP with a total of 38 students. The data collection techniques used were questions/tests (pretest-posttest) and questionnaires (pretest-posttest). There is a difference in student learning outcomes between conventional methods and those using the EdApp learning media. This can be seen from the results of hypothesis testing, it is known that the control class average is 66.11 and the experimental class average is 83.33, so it is known that the difference between the two classes is 17.22. The value of t_count > t_table is 4,366 > 2,120, so it can be stated that there is a significant difference in the increase in learning outcome scores in the experimental class, thus it can be concluded that H_a is accepted and H_0 is rejected.

Keyword: Learning Management System (LMS), EdApp, Student Learning Outcomes, Indonesian language

References

F. Arnandi, N. Siregar, and D. Fitriawan, “Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar,” Plusminus J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 3, pp. 345–356, 2022, doi: 10.31980/plusminus.v2i3.2194.

M. Ilman Abi and B. Sujatmiko, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Smart App Creator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Multimedia Di Smk N 1 Jabon,” J. IT-EDI, vol. 7, pp. 84–91, 2022, [Online]. Available: https://apjii.or.id/

N. D. Iryanto, “Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai Sistem Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Inovatif di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3829–3840, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1415.

O. Alfina, “Penerapan Lms-Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19,” Maj. Ilm. METHODA, vol. 10, no. 1, pp. 38–46, 2020, doi: 10.46880/methoda.vol10no1.pp38-46.

R. S. Sinaga et al., “Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora,” vol. 1, no. 4, pp. 552–559, 2022.

N. E. Sam, R. Idrus, S. Hasan, and S. Wonomulyo, “Jurnal basicedu,” vol. 5, no. 5, pp. 4271–4280, 2021.

A. maulana Putra, “Pengaruh EDAPP Sebagai LMS Terhadap Kecakapan Bahasa Inggris Siswa Smp Murid Sekolah,” pp. 31–38, 2023.

S. Rahman, “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” Merdeka Belajar, no. November, pp. 289–302, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,cv | Hotline:081.1213.9848, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, 2019.

H. Kurniawan, Pengantar praktis penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,cv | Hotline:081.1213.9848, 2019.

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

sindy, S. F., & Lutfi, A. F. (2024). Implementasi EDAPP Sebagai LMS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMK Muhammadiyah 1 Kuningan. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 128–138. https://doi.org/10.31980/petik.v10i2.1473