Perancangan Aplikasi Bank Data Kinerja Guru UPTD SMPN 5 Kecamatan Pangkalan Koto Baru
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v10i2.1485Keywords:
perancangan, APlikasi, bank data, arsip, kinerja guruAbstract
Abstrak
Pengarsipan data kinerja guru di UPTD SMPN 5 Kecamatan Pangkalan Koto Baru yang belum dilakukan sesuai dengan syarat arsip yang baik berdasarkan administrasi perkantoran. Hal ini terlihat dari pelaksanaan yang masih dilakukan secara manual, masih menggunakan kertas dan peralatan tulis sehingga memerlukan waktu yang lama untuk mencari data jika diperlukan dan biaya yang lebih besar, sehingga mempersulit kepala sekolah dan pihak yang berkepentingan dalam pencarian data jika diperlukan. Oleh karena itu, peneliti mencoba membantu pihak sekolah dengan merancang sebuah aplikasi pengarsipan berbasis web dalam mengurangi masalah perihal pengarsipan bank data kinerja guru di sekolah tersebut. Metode perancangan yang digunakan yaitu Research and Development (R & D) dengan menerapkan model perancangan berbasis web yaitu model SDLC Incremental yang terdiri dari tahapan Requirement, Spesification, Arthitecture Design, Analisis, Design, Code dan Test. Ada tiga pengujian yang dilakukan yang dilakukan dalam perancangan aplikasi bank data kinerja guru ini yaitu uji validitas yang dilakukan oleh dua orang dosen ahli teknologi informasi dan computer, dimana diperoleh nilai rata-rata validasi yaitu 0,776 dengan kategori valid. Kemudian uji praktikalitas yang dilakukan oleh sepuluh orang guru UPT SMPN 5 yang melakukan pengisian angket sehingga diperoleh nilai praktikalitas sebesat 87% dengan kategori praktis. Dan uji efektivitas yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah serta kepala tata usaha diperoleh nilai rata-rata sebesar 91,65 dengan kategori yang tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi bank data kinerja guru yang dirancang dapat digunakan untuk membantu sekolah untuk meningkatkan proses pengarsipan data-data guru di sekolah.
Kata Kunci: Perancangan, Aplikasi, Bank Data, Arsip, Kinerja Guru
Abstract
Archiving of teacher performance data at UPTD SMPN 5 Pangkalan Koto Baru District which has not been carried out in accordance with good archival requirements based on office administration. This can be seen from the implementation which is still carried out manually, still using paper and writing equipment, so it takes a long time to search for data if necessary and costs more, making it difficult for school principals and interested parties to search for data if necessary. Therefore, the researcher tried to help the school by designing a web-based archiving application to reduce problems regarding archiving teacher performance data banks in the school. The design method used is Research and Development (R & D) by applying a web-based design model, namely the Incremental SDLC model which consists of the Requirement, Specification, Architecture Design, Analysis, Design, Code and Test stages. There were three tests carried out in designing the teacher performance data bank application, namely the validity test carried out by two lecturers who were experts in information technology and computers, where an average validation value was obtained, namely 0.776 in the valid category. Then the practicality test was carried out by ten UPT SMPN 5 teachers who filled out the questionnaire so that a practicality score of 87% was obtained in the practical category. And the effectiveness test carried out by teachers, school principals and heads of administration obtained an average score of 91.65 in the high category. So it can be concluded that the designed teacher performance data bank application can be used to help schools improve the process of archiving teacher data in schools.
Keyword: Design, Applications, Data Banks, Archives, Teacher Performance
References
DAFTAR PUSTAKA
A. D. Lestari, “Pemanfaatan teknologi informasi pada pengelolaan arsip dinamis di bidang pencatatan sipil Disdukcapil Kabupaten Karanganyar,” Al-Kuttab J. Kaji. Perpustakaan, Inf. dan Kearsipan, vol. 4, no. 2, pp. 13–23, 2022, doi: 10.24952/ktb.v4i2.5193.
Della Praditya Alvyanti, “Pengelolaan Arsip SMA Negeri Di Kota Yogyakarta,” Pengelolaan Arsip SMA Negeri Di Kota Yogyakarta, No. 16.1.2015, 2015.
S. H. S. Rezaei, M. Modarressi, R. Ausavarungnirun, M. Sadrosadati, O. Mutlu, And M. Daneshtalab, “Nom: Network-On-Memory For Inter-Bank Data Transfer In Highly-Banked Memories,” Ieee Comput. Archit. Lett., Vol. 19, No. 1, Pp. 80–83, 2020.
M. Puspita Sari, “Sistem Informasi Bank Data Dan Penelusuran Tugas Akhir Dan Skripsi Berbasis Web ( Study Kasus Stmik Pringsewu)”.
R. A. Nadialista Kurniawan, “Implementasi Manajemen Kearsipan Pada Bagian Tata Usaha Di SMP Harapan Bandar Pulo Langkat,” Ind. High. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 1689–1699, 2021.
M. R. Yusuf And S. R. Zulaikha, “Perkembangan Pengelolaan Arsip Di Era Teknologi,” J. Ilm. Perpust. Dan Inf., Vol. 6, No. 2, Pp. 96–103, 2019, [Online].
Prihadina Ayunia Wardhani, “Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen SMA N Kerjo,” Sist. Inf. Pengarsipan Dok. SMA N Kerjo, 2021.
Prihadina Ayunia Wardhani, “Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Sma N Kerjo,” Sist. Inf. Pengarsipan Dok. Sma N Kerjo, 2021.
R. W. Asri, N. Z. Jannah, I. Yunita, and M. Arif, “Pengendalian Kepala Bagian Tata Usaha Sekolah dalam Pengelolaan Kearsipan di SMP N 24 Padang,” pp. 242–248, 2023.
M. Irsan, S. Derta, R. Okra, and G. Darmawati, “Perancangan Aplikasi Herregistrasi Siswa Baru Berbasis Android Menggunakan Thunkable Di Sman 1 Lubuk Sikaping,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 5, pp. 3384–3391, 2023.
M. Megawati, L. Efriyanti, S. Supriadi, H. A. Musril, and S. M. Dewi, “Perancangan Media Pembelajaran TIK Kelas XI Menggunakan Google Sites di SMA Negeri 1 Junjung Sirih,” Indones. Res. J. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 164–175, 2022.
M. Ikhbal and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android,” vol. 5, no. 1, pp. 15–24, 2020.
M. Troulis, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android,” e-Jurnal JUSITI (Jurnal Sist. Inf. dan Teknol. Informasi), vol. 82, no. 1, pp. 100–110, Oct. 2019, doi: 10.36774/jusiti.v8i2.611.
P. Ataee, “Mining the (data) bank,” IEEE Potentials, vol. 24, no. 4, pp. 40–42, 2005, doi: 10.1109/MP.2005.1549758.
M. Yamin and Maisah, Kinerja Guru, vol. 2, no. 14. kota palu: MAGAMA, 2011.
Ferdinan, “288593-Penilaian-Kinerja-Mutu-Pendidikan-Agama-3Edef191,” J. Tarbawi, vol. 1, no. 2, pp. 129–138, 2017.
M. S. Mohammad Suryawinata, Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Berbasis Web. sidoarjo: Umsida Press, 2019. doi: 10.21070/2019/978-602-5914-81-2.
R. Okra, “The development of educational game-based learning media in natural science subject for elementary school students,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 10, no. 2, pp. 122–132, 2023.
F. S. Silfia, Rahmad Kurniawan, Nazruddin Safaat, Elvia Budianita, “Jurnal Teknik Informatika Atmaluhur,” J. Tek. Inform. Atmaluhur, vol. 6, no. 1, p. 40, 2018.
S. Zakir, Menggagas model pembelajaran dari rumah (Learning From Home), Cetakan pe. bandung: CV. Widina Media Utama, 2020.
A. Noviantoro, A. B. Silviana, R. R. Fitriani, and H. P. Permatasari, “Rancangan Dan Implementasi Aplikasi Sewa Lapangan Badminton Wilayah Depok Berbasis Web,” J. Tek. dan Sci., vol. 1, no. 2, pp. 88–103, 2022, doi: 10.56127/jts.v1i2.108.
Novria. Dkk, “Aplikasi Pemesanan Makanan Di Bebek dan Ayam Tekaeng Menggunakan Php dan Mysql,” J. Inform. dan Komput., vol. Vol. 13, no. 1, pp. 15–26, 2022.
S. Rahmadhani, S. Supriadi, R. Okra, And L. Efriyanti, “Pengembangan Buku Elektronik (E-Book) Sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Wajib Pramuka,” Intellect Indones. J. Learn. Technol. Innov., Vol. 1, No. 1, Pp. 87–96, Jun. 2022,
S. Rahmadhani, S. Supriadi, R. Okra, and L. Efriyanti, “Pengembangan Buku Elektronik (E-Book) sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Wajib Pramuka,” Intellect Indones. J. Learn. Technol. Innov., vol. 1, no. 1, pp. 87–96, Jun. 2022, doi: 10.57255/intellect.v1i1.50.
W. Citra Purnama, F. Annas, H. A. Musril, and G. Darmawati, “Perancangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Android Menggunakan Kodular Kelas X Di SMA N 1 IV Koto,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 1304–1311, Sep. 2023, doi: 10.36040/jati.v7i2.7246.