Penerapan Aplikasi Wordwall Berbasis Website Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Di SMP Negeri 2 Japara
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v10i2.1518Keywords:
Aplikasi Wordwall, Meningkatkan hasil belajarAbstract
Abstrak
Rencana pendidikan tahun 2013 sebenarnya digunakan untuk pembelajaran di SMP Negeri 2 Japara, namun buku pelajaran digunakan sebagai sumber belajar. Selain menggunakan buku teks sebagai alat pembelajaran, SMP Negeri 2 Japara masih menggunakan teknik berbicara, hanya guru yang memberikan klarifikasi sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Dengan menggunakan aplikasi Wordwall berbasis situs, ujian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Investigasi ini menggunakan rencana penelitian konfigurasi kelompok referensi yang tidak setara dan strategi pemeriksaan kuantitatif semi-eksplorasi. penelitian ini menggunakan sampel 30 siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan 30 siswa kelas VIII B sebagai kelas eksplorasi sebagai contoh. Sistem pengumpulan data dalam penyelidikan ini adalah tes penegasan/wawancara (pre-test dan post-test) dan ikhtisar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan aplikasi Wordwall berbasis situs. Dapat dikatakan bahwa peningkatan skor hasil belajar kelas eksperimen secara signifikan berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Aplikasi wordwall dapat menumbuhkan minat belajar siswa dengan tujuan agar dapat lebih mengembangkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Aplikasi Wordwall; Meningkatkan hasil belajar
Abstract
The 2013 education plan is actually used for learning at SMP Negeri 2 Japara, but textbooks are used as learning resources. In addition to using textbooks as a learning tool, SMP Negeri 2 Japara still uses speaking techniques, with only the teacher providing clarification, making learning less interesting. Using a site-based Wordwall application, this exam aims to improve student learning outcomes. This investigation employs a non-equivalent reference group configuration research plan and a semi-exploratory quantitative examination strategy. This examination uses 30 students from class VIII A as the control class and 30 students from class VIII B as the exploration class as examples. The data assortment systems in this investigation are discernment tests/interviews (pre-test and post-test) and overviews. The hypothesis in this investigation is that there is an expansion in understudy learning results by utilizing the site-based Wordwall application. It is possible to state that the experimental class's significant increase in learning outcome scores is significantly different from the control class's. The wordwall application can cultivate understudy interest in realizing with the goal that it can further develop understudy learning results.
Keyword: Wordwall App; Improve learning outcomes
References
DAFTAR PUSTAKA
A. H. Yulia Syafrin, Muhiddinur Kamal, Arifmiboy, “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam,” vol. 1, no. 4, pp. 448–460, 2021.
Desyandri, Neviyarni, and Ramadani Fitra, “Analisis Tujuan Pendidikan Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 08, no. 01, pp. 322–332, 2023.
A. D. I. Widya, J. Pendidikan, and D. Volume, “No Title,” no. April, pp. 29–39, 2019.
A. Alimuddin, J. Niaga Siman Juntak, R. Ayu Erni Jusnita, I. Murniawaty, and H. Yunita Wono, “Nipa-Nipa Lama Antang No. 23 Makassar, Sulawesi Selatan 2 Universitas Kristen Teknologi Solo,” Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota SBY, vol. 05, no. 04, pp. 36–38, 2023.
Putu Rissa Putri Intari Dewi, Ni Made Winda Wijayanti, and I Dewa Putu Juwana, “Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smk Negeri 4 Denpasar,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Widya Mahadi, vol. 2, no. 2, pp. 98–109, 2022, doi: 10.59672/widyamahadi.v2i2.1961.
M. Fittriah and A. Mayasri, “Pengembangan Virtual Laboratorium Pada Materi Konsentrasi Larutan Di Prodi Pendidikan Kimia Uin Ar-Raniry Banda Aceh,” Educ. Dev. J., vol. 1, no. 2, pp. 14–29, 2023.
E. Kaniawati, M. E. M. Mardani, S. N. Lestari, U. Nurmilah, and U. Setiawan, “Evaluasi Media Pembelajaran,” J. Student Res., vol. 1, no. 2, pp. 18–32, 2023.
M. R. Cuhanazriansyah, J. Junarti, and Y. Cahyaningrum, “Implementasi Wordwall sebagai upaya Peningkatan Minat Siswa pada Era Sociality 5 . 0,” J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 3, pp. 249–266, 2023.
I. G. P. A. Arimbawa, “Penerapan Wordwall Game Quis berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi,” Indones. J. Educ. Dev., vol. 2, no. 2, pp. 324–332, 2021, doi: 10.5281/zenodo.5244716.
N. Herta, B. C. Nupus, R. Sanggarwati, and T. Y. Setiawan, “Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Semin. Nas. Paedagoria, vol. 3, pp. 527–532, 2023, [Online]. Available: https://wordwall.net/
Z. Siregar and T. B. Marpaung, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah,” BEST J. (Biology Educ. Sains Technol., vol. 3, no. 1, pp. 61–69, 2020, doi: 10.30743/best.v3i1.2437.
D. Novita, F. P. Sihotang, and S. Khairani, “Pelatihan Penggunaan Microsoft Excel Untuk Mengolah Data Bagi Siswa/i SMK Bina Cipta Palembang,” Fordicate, vol. 2, no. 2, pp. 109–118, 2023, doi: 10.35957/fordicate.v2i2.4759.
P. B. Santoso, “Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Tik Effectiveness of Google Form Assessment Media on Ict Learning Outcomes,” Pros. Semin. Nas. Kebijak. dan Pengemb. Pendidik. di Era Revolusi Ind. 4.0., no. September, p. 291, 2019.
W. Yuliani and E. Supriatna, “Metode Penelitian Bagi Pemula,” pp. 1–59, 2023.
M. Waruwu, “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method),” J. Pendidik. Tambusai , vol. 7, no. 1, pp. 2896–2910, 2023.