Permainan Ular Tangga Dalam Mengingkatkan Kemampuan Moral Anak

Authors

  • Eka Setiawati PAUD dan Pendidikan Bahasa, STKIP Setia Budhi Rangkasbitung
  • Desri PAUD Kecamatan Cikotok Lebak
  • Elih Solihatulmilah PAUD dan Pendidikan Bahasa, STKIP Setia Budhi Rangkasbitung

Keywords:

kemampuan moral agama, game ular tangga

Abstract

Abstrak — Agama moral penting untuk dikembangkan karena akan menjadi dasar atau fondasi anak dalam menavigasi kehidupan. Dari pengamatan usia 3-4 tahun di KOBER PGRI Bayah, ditemukan bahwa kemampuan anak dalam aspek perkembangan moral keagamaan relatif rendah. Berdasarkan pemikiran tentang faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kapasitas moral agama anak adalah: (1) bahasa tubuh guru masih sulit sehingga presentasi pembelajaran kurang menarik; (2) penggunaan metode yang kurang bervariasi; (3) kurangnya alat bantu mengajar yang dimiliki; (4) menghindari minat anak-anak dalam pembelajaran moral agama. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana cara belajar yang dapat meningkatkan kapasitas moral anak-anak agama yang berusia 3-4 tahun di KOBER PGRI Bayah, Kabupaten Lebak. Tingkat keberhasilan untuk kegiatan sangat signifikan. Pada kegiatan pra siklus persentase rata-rata 38,67% meningkat menjadi 55,67% pada siklus pertama, dan meningkat menjadi 90,33% pada siklus kedua.

Kata Kunci — kemampuan moral agama, game ular tangga

 

Abstract — Moral religion is important to develop because it will become the basis or foundation of children in navigating life. From the observation of the age of 3-4 years at KOBER PGRI Bayah, it was found that children's abilities in the aspects of religious moral development were relatively low. Based on the thinking about the factors causing the low moral capacity of the child's religion are: (1) teacher's body language is still difficult so that the presentation of learning is less interesting; (2) the use of methods that are less varied; (3) the lack of teaching aids owned; (4) avoiding children's interest in religious moral learning. This research uses Classroom Action Research. The results of the study show how to learn that can improve the moral capacity of religious children aged 3-4 years at KOBER PGRI Bayah, Lebak Regency. The success rate for activities is very significant. In the pre-cycle activities of the average percentage of 38.67% increased to 55.67% in the first cycle, and increased to 90.33% in the second cycle.

Keywords — kemampuan moral agama, game ular tangga

References

Atiqoh, Lia Nur. (2011). Permainan Ular Tangga sebagai Media Pembentuk Karakter. Malang: Ar-Ruzz

Budiningsih, Astri. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Elizabeth Hurlock. (1996). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Bandung: DIVA Press I.S.

Jalaluddin. ( 1996) Psikologi Agama. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Downloads

Published

2019-03-25

How to Cite

Setiawati, E., Desri, & Solihatulmilah, E. (2019). Permainan Ular Tangga Dalam Mengingkatkan Kemampuan Moral Anak. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 85–91. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/1540