Implementasi Blended Learning Berbasis Moodle Pada Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v4i2.1541Keywords:
blended, learning, moddle, technology, informationAbstract
Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil dari implementasi pembelajaran offline dengan tatap muka di kelas, (2) Mengetahui hasil dari implementasi pembelajaran online berbasis moodle. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan distribusi frekuensi yaitu menyimpulkan berdasarkan hasil rata-rata yang didapat selama penelitian berlangsung. Subjek peneliian ini adalah 18 mahasiswa jurusan pendidikan teknologi informasi tingkat III kelas A dan 19 mahasiswa jurusan pendidikan teknologi informasi tingkat III kelas B. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Hasil implementasi pembelajaran offline dengan tatap muka di kelas, yang didapat dari keaktifan mahasiswa selama pembelajaran, partisipasi dalam diskusi dikelas, mengikuti pretest, sampai pada presentasi di kelas mendapatkan nilai rata-rata 71,79% untuk kelas A, dan 69,68% untuk kelas B. (2) Hasil implementasi pembelajaran online dengan moodle, dilihat dari aktifitas mahasiswa dalam mengakses konten yang dibuat oleh dosen dalam courses media pembelajaran ilmu komputer mendapatkan nilai rata-rata sebanyak 89,5 % untuk kelas A, dan 85,2% untuk kelas B.
Kata kunci — blended, learning, moodle, teknologi, informasi.
Abstract — The aims of this research are the first, to know the result of offline learning implementation by faced in the class. Second, to know the result of online learning implementation bases moodle. The kind of this research is descriptive analytic with frequency distribution concludes by the result of rates that took from the research has been doing. The subjects of this research are eighteen of student collage from education of information technology third grade class A and nineteen of student collage from education of information technology third grade class B. The result of this research show that first, the result of offline learning implementation, the activity of student collage since learning process, discus participating in class, following the free test, till presenting in the class, getting the rates value 71,79% for class A, and 69,68& for class B. Second, the result of online learning implementation by moodle, base one the activity of student collage in accessing the content that made by lecturer in courses of computer module getting the value rates 89,5% for class A and 85,2 for class B.
Keywords — blended, learning, moddle, technology, information
References
.C.Ansani, S.Hadil,K.Susetyo, A.Triyanto, B.Pujicahyono, F.Djunaedi. I.Kusumantyas, Y.Nurtaqwa, “Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia” feb 2018. [Online]. Tersedia: https://apjii.or.id/content/read/39/264/ Survei-InternetAPJII-2017 [Diakses Tanggal 29 februari 2018.
. Prawiladilaga, DS, dkk . Mozaik teknologi pendidikan e-learning, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.
Bariah, S H, Imania, K A, I (2017) Pengembangan Evaluasi dan Penugasan Online Berbasis E-Learning Dengan Moodle Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ilmu Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Volume 6, Nomor 3.
Melfachrozi, M (2006). Penggunaan Aplikasi E-learning (Moodle) [online] tersedia di: http://ilmukomputer.com (9 maret 2013).
Nita, Isma (2011). Moodle Berdasarkan Filosofi Social Constructionist Pedagogy [online] tersedia di: http://edukasi.kompasiana.com/2011/01/11/moodle-333920.html
Renaldo, Ferri. (2007). Moodle dan Fitur-fiturnya. Ilmukomputer.com (IKC).
Prayitno, W. Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Widyaiswara LPMP D.I.Yogyakarta
Hansananh, R. Anggraini, FD (2016) . Teacher’s Perception Towards Blended Learning: Jurnal Pemikiran & Penelitian Psikologi Tahun 2016, Vol. 11, No. 3, hal.129-134