Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan

Authors

  • Nurlaila SD Negeri Lenteng Agung 11, Jakarta Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v4i2.1545

Keywords:

Media Card Letters, Writing Starters

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan siswa Sekolah Dasar masih kurang.Siswa masih banyak melakukan kesalahan (penulisan huruf dalam kata atau kalimat masih ada kekurangan) dan siswa kurang bisa menyusun dan menulis kata menjadi kalimat.Hal ini terjadi karena guru kurang maksimal dalam menggunakan metode atau media pembelajaran.Dengan menggunakan media kartu huruf, diharapkan proses pembelajaran menulis dapat menarik siswa untuk belajar dan mempermudah siswa dalam menghafal dan meniru huruf atau kata. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelasISDNegeriLenteng Agung 11 Kecamatan Jagakarsa JakartaSelatantahunajaran2016/2017,yang berjumlah 30 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperolehmenunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu (1) pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 69,50, (2) pada siklus II, nilai rata-rata siswa sebesar 74,41, dan (3) pada siklus III, nilai rata-rata siswa adalah 83,06. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwapenggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan menulispermulaan siswa kelas I SD Negeri Lenteng Agung 11 Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan.

Kata Kunci —  Media Kartu Huruf, Menulis Permulaan

 Abstract This research was motivated by the existence of facts in the field which showed that the initial writing skills of elementary school students were still lacking. Students still made a lot of mistakes (writing letters in words or sentences still lacks) and students could not compile and write words into sentences. This happens because the teacher is not maximal in using methods or learning media. By using letter card media, it is expected that the writing learning process can attract students to learn and facilitate students in memorizing and imitating letters or words. Subjects in this study were class students of the North Sumatra Grand University 11 Jagakarsa Subdistrict, Jakarta, the year 2016-2017, totaling 30 students. Based on the research results obtained, it shows that the students' initial writing ability has increased. This is evidenced by the results of the average value of students who experienced an increase in each cycle, namely (1) in cycle I, the average value of students was 69.50, (2) in cycle II, the average value of students was 74, 41, and (3) in cycle III, the average value of students is 83.06. Thus, it can be concluded that the use of letter card media can improve the writing ability of first grade students of SD Negeri Lenteng Agung 11, Jagakarsa District, South Jakarta.

Kata Kunci —  Media Card Letters, Writing Starters.

References

Arsyad,Azhar.(2007). MediaPembelajaran. Jakarta: Pt. Raja GrafindoPersada.

Churiyah, dkk.(2009). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasadan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Depdiknas.(2006). Kurikulum2006: Mata Pelajaran Bahasa IndonesiaSekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas.

Fitriyah, N.F. (2010). Penggunaan Media Kartu Huruf dan Kartu Kata melaluiPermainan untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan SiswaKelas I SDN Sidimoro 01 Kecamatan Bululawang.Skripsi UNM : FIP

Hartati dan Churiyah.(2010). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diKelas Rendah. Bandung: UPI Press.

Kasbolah,K.(1998/1999).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi ProyekPendidikan Sekolah Dasar.

Putri D.E. (2010). Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Kartu Huruf pada Siswa Kelas I SDN I Saung Baung Muara Bulian.Universitas Jambi : Skripsi. FKIP

Resmini, dkk.(2006). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasadan sastra Indonesia.Bandung: UPI Press.

Resmini dan juanda.(2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di KelasTinggi. Bandung: UPI Press.

Resmini dan Hartati.(2007). KapitaSelekta. Bandung: UPI Press. [11] Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Teori dan PraktikPengembangan KTSP. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Surya, Muhammad. (2003). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya.

Solchan, T.W. dkk. (2008). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta:Penerbit Universitas Terbuka.

Supardi dan Suhardjono.(2011). Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1988). Kamus (KBBI) .Jakarta: Depdikbud Perum Balai Pustaka

Universitas Pendidikan Indonesia.(2012). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional UPI Bandung.

Downloads

Published

2018-09-27

How to Cite

Nurlaila. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(2), 134–139. https://doi.org/10.31980/petik.v4i2.1545