Penerapan Media Story Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v4i2.1546Keywords:
Media Story Picture, Motivation, LearningAbstract
Abstrak — Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal di kelas VIII SMP Negeri 1 Cikoneng Kabupaten Ciamis yang memiliki beberapa masalah pada saat proses pembelajaran. Salah satunya yaitu rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn, hal tersebut terlihat kegiatan belajar mengajar siswa cenderung merasa bosan dan melakukan aktifitas di luar pembelajaran PPKn. Hal tersebut menuntut guru untuk membuat inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Tujuan utama adalah mamacu guru untuk melakukan tindakan dalam menangani permasalahan dalam proses pembelajaran. Sedangkan yang menjadi subyek penelitian ialah siswa kelas VIII. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Kondisi awal pembelajaran PPKn sebelum diterapkan media story picture, tidak ada siswa yang aktif saat pembelajaran berlangsung, serta guru masih mendominasi di kelas dengan metode ceramah. 2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media story picture. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media story picture dilaksanakan melalui tiga siklus, pada setiap siklus siswa dibagi kedalam beberapa kelompok kemudian setiap kelompok mendiskusikan story picture yang diberikan oleh guru dengan pertanyaan yang sudah disediakan, serta mendiskusikan pemecahan masalah yang terdapat dalam media. 3) Peningkatan motivasi belajar siswa melalui media story picture, melalui tindakan yang dilaksanakan di kelas VIII menghasilkan dampak positif, karena siswa dituntut untuk membaca dan memahami materi pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan dengan menganalisis materi tersebut siswa dapat memahami hakikat demokrasi dan macam-macam demokrasi serta memberikan contoh berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari mengenai materi tersebut terutama dalam kasus-kasus yang terjadi di Indonesia. Siswa lebih memahami konsep dan juga dapat mengingat kembali konsep-konsep yang telah dijelaskan oleh guru, dengan demikian siswa mampu menemukan pemahaman yang lebih mendalam melalui cerita dalam story picture tersebut. 4) Keunggulan dan kendala serta solusi proses pembelajaran PPKn dengan menggunakan media story picture, meningkatnya motivasi, minat membaca dan rasa ingin tahu siswa terhadap pembelajaran PPKn, meningkatnya hasil belajar siswa, meningkatnya pemahaman konsep siswa, meningkatnya aktivitas siwa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci — Media Story Picture, Motivasi, Belajar.
Abstract — This research was motivated by the results of preliminary observations in class VIII of Cikoneng 1 State Middle School in Ciamis Regency which had several problems during the learning process. One of them is the low learning motivation of students in PPKn subjects, it is seen that teaching and learning activities students tend to feel bored and do activities outside of PPKn learning. This requires the teacher to make innovation and creativity in learning. The approach used in this study is a qualitative approach. The method used in this study is a classroom action research method. The main objective is to encourage teachers to take action in dealing with problems in the learning process. Whereas the subject of the research is the eighth grade students. The results obtained were 1) the initial condition of PPKn learning before the media story picture was applied, there were no students who were active when the learning took place, and the teacher still dominated the class with the lecture method. 2) the implementation of learning by using media story picture. The implementation of learning using media story picture is carried out through three cycles, in each cycle students are divided into several groups then each group discusses the story picture given by the teacher with the questions that have been provided, and discusses problem solving contained in the media. 3) Increased student learning motivation through media story picture, through actions taken in class VIII produces a positive impact, because students are required to read and understand the material of implementing democracy in various aspects of life by analyzing the material students can understand the nature of democracy and various kinds of democracy and provide examples of various things that occur in everyday life about the material, especially in cases that occur in Indonesia. Students better understand the concept and can also recall concepts that have been explained by the teacher, thus students are able to find a deeper understanding through the story in the story picture. 4) Advantages and constraints and solutions to the PPKn learning process by using media story pictures, increasing motivation, reading interest and students 'curiosity towards PPKn learning, increasing student learning outcomes, increasing students' understanding of concepts, increasing student activity in the learning process.
Kata Kunci — Media Story Picture, Motivation, Learning.
References
Arikunto, Suharsimi. Dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara Azhar, Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo.
Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Creswell. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta:Pustaka Pelajar Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, tentang Standar Isi.
Fathurrohman, Pupuh dkk.(2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Rafika Aditama Ganeswara dan Wilodati. Dkk. (2008). Pendidikan kewarganegaraan. Bandung : CV. Yasindo Multi Aspek
Galih, Asri. (2012). Penerapan Media Story Pictures dalam Pembelajaran Membaca (Dokkai). FPBS UPI : Tidak Diterbitkan
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara Komalasari. ( 2010). Pembelajaran Konstektual. Bandung : PT. Refika Aditama
Nurmalina & Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan.
Bandung : Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan
Moleong, J. Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interprtama Sadiman, Arief S. 2011. Media Pendidikan. Jakarta : RajaGrafindo.
Sadirman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interprtama
Sugandi, Achmad, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP PRESS Sugiono, Prof. Dr. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta Sudjana dan Rivai. Dkk. (2011). Media Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Sudjana, Nana. (1988). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Pakem. Surabaya: Pustaka Pelajar
Surya, H Muhamad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy Divisi Buku Umum
Tim Penyusun Penulisan Karya Ilmiah. (2012). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung : UPI
Wiraatmadja, R. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wlodkowski & Jaynes. (2004). Hasrat Untuk Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar