Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII H SMPN 1 Cikoneng Melalui Metode Demonstrasipada Materi Pengukuran

Authors

  • Lili Alamin SMP Negeri 1 Cikoneng, Ciamis

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v4i1.1554

Keywords:

Demonstration Method, Electronic Media, Measurement

Abstract

Abstrak —  Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengalaman peneliti, ditemukan satu kelas yang prestasi belajarnya paling rendah dibandingkan dengan kelas yang lain. hanya 50% siswa yang nilai ulangan hariannya mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 70. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran belum tuntas, oleh karena itu peneliti berusaha meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Cikoneng Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis dengan jumlah siswa 32. Berdasarkan hasil penelitian tindakan dengan menggunakan metode demonstrasi, diperoleh bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, ditunjukkan dengan ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus I pertemuan 1 mencapai rata-rata sebesar 62,74, siklus I pertemuan 2 mencapai rata-rata sebesar 70,63, siklus II pertemuan 1 mencapai rata-rata sebesar 74,38, dan siklus II pertemuan 2 mencapai ratarata 78,13. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai 56,25% atau 15 siswa, siklus I pertemuan 2 mencapai 62,50% atau 20 siswa, siklus II pertemuan 1 mencapai 75% atau 24 siswa, dan siklus II pertemuan 2 mencapai 93,75% atau 30 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA Fisika melalui metode demonstrasi menggunakan media elektronik telah tercapai.

Kata Kunci —  Metode Demonstrasi, Media Elektronik, Pengukuran

Abstract — This research is based on the experience of researchers, found one class with the lowest learning achievement compared with other classes. only 50% of students whose daily test score reaches the minimum score of 70. This shows that the learning has not been completed, therefore researchers try to improve students' learning outcomes in Physics Science lessons. The research method used is classroom action research. The subjects of the study were the students of class VIII H SMP Negeri 1 Cikoneng, Cikoneng District of Ciamis Regency with the number of students 32. Based on the results of action research using the demonstration method, it was found that the students' learning outcomes improved, as indicated by the increase of classical completeness in each cycle, in the first meeting reached an average of 62.74, the second meeting reaches an average of 70.63, the third reaches an average of 74.38, and the forth reach average of 78 , 13. While for the students' learning completeness in the first meeting reach 56,25% or 15 students, second meeting reach 62,50% or 20 students, third meeting reach 75% or 24 student, and forth meeting reach 93 , 75% or 30 students. Thus it can be concluded that efforts to improve learning outcomes in the science of science Physics through demonstration methods using electronic media has been achieved.

Keywords — Demonstration Method, Electronic Media, Measurement.

References

Departemen Pendidikan Nasional, 2005 Penelitian Tindakan Kelas (Bahan Pelatihan To T PTBK), Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama

Hartadi, Titut, 2010, Pedoman Penelitian Tindakan Sekolah & Kelas, Karawang, Sehati Media.

Mulyasa, E. (2004) .Implementasi Kurikulum 2004, Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Rosda

Save, M.D (2005), Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, Cetakan keempat. Jakarta, Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara

Sudjana, N (2010), Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo

Sumiati dan Asra (2007, Metode Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima

Universitas Pendidikan Indonesia, 2009, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia

Downloads

Published

2018-03-27

How to Cite

Alamin, L. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII H SMPN 1 Cikoneng Melalui Metode Demonstrasipada Materi Pengukuran. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.31980/petik.v4i1.1554