Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v4i1.1555Keywords:
Experimental methods, process skills, environmentAbstract
Abstract — PTK ini berjudul “Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan dalam Pembelajaran IPA di Kelas VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis”. Penelitian ini dilakukan, karena masih banyak ditemukan di lapangan terutama di sekolah tempat peneliti bertugas bahwa pembelajaran IPA hanya dilaksanakan dengan melaui metode ceramah dan penugasan saja. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 61,50 atau di bawah nilai KKM. Begitu pun keterampilan proses sains dalam pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode eksperimen atau percobaan dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana tingkat pemahaman konsep siswa tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap lingkungan setelah melalui metode eksperimen?; (2) bagaimana tingkat keterampilan proses sains siswa setelah diterapkannya metode eksperimen? Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan tiga siklus. Indikator dan pokok bahasan pada setiap siklusnya dikembangkan dan disesuaikan dengan materi IPA kelas VI Sekolah Dasar dengan KTSP 2006. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI tahun pelajaran 2016/2017 semester II, yang berjumlah seluruhnya 24 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jurnal Eksperimen, Observasi, Soal Tes Hasil Belajar, dan Angket. Adapun hasil yang diperoleh adalah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses siswa tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan dalam pembelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 68,13; siklus I pertemuan 2 sebesar 72,29; siklus II pertemuan 1 sebesar 80,21, dan siklus II pertemuan 2 sebesar 85,83. Demikian pula dengan keterampilan proses sains siswa setiap siklusnya selalu mengalami peningkatan terutama aspek mengamati.
Kata Kunci — Metode eksperimen, keterampilan proses, lingkungan.
Abstract — This Classroom Action Research is titled "Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis". This research is conducted, because it is still widely found in the field, especially in schools where researchers are tasked that science learning is only carried out through the lecture method and assignment only. The mean score of students' understanding comprehension is 61.50 or below the minimal score. So even the science process skills in learning is not achieved maximally. As a solution to overcome these problems researchers use experimental methods or experiments in learning. Based on the above problems are formulated as follows: (1) how the level of understanding of student concepts about the effect of human activities on the environment after going through experimental methods ?; (2) what is the level of students' science process skill after application of experimental method? This research method is Classroom Action Research conducted three cycles. Indicators and subject matter in each cycle were developed and adapted to the science material of Class VI Primary School with KTSP 2006. The location of the research was conducted at SD Negeri 4 Imbanagara Raya District Ciamis Ciamis Regency. The subjects of the study were students of class VI of academic year 2016/2017 semester II, which totaled 24 students with details of 12 male students and 13 female students. The instruments used in this study are Experimental Journals, Observation, Test Results Learning Results, and Questionnaire. The results obtained is to use experimental methods to improve understanding of concepts and skills of the students process about the influence of human activities on environmental balance in science learning in class VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya District Ciamis Ciamis Regency. The average value of student learning outcomes in the first cycle of meeting 1 of 68.13; cycle I meeting 2 is 72,29; the second cycle of meeting 1 is 80.21, and the second cycle of meeting 2 is 85.83. Similarly, the students' science process skills in each cycle are always improving, especially the observing aspect.
Keywords — Experimental methods, process skills, environment.
References
Ahmad, H. D, dkk.. (1995). Metodik Khusus Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
----------------- , (1995). Petunjuk Pelaksanaan Penilaiaan di Sekolah dasar. ----------- Jakarta: Depdikbud.
Ali, M. (1984). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru.
Arikunto, S. (2001). Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). (2006). Kurikulum Tingkat Nasional Satuan Pendidikan, Mata Pelajaran IPA SD. Jakarta: Depdiknas.
Dahar, R. W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta:Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional, (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ibayati, Y.,dkk.(2008).Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI. Jakarta: Depdiknas.
Iskandar, M. S. (1996). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Depdikbud. Dirjendikti.
Lisnawati, L. (2010).Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Topik Energi Bunyi.Tidak diterbitkan.
Nurkancana, W dan Sumartana. (1983). Evaluasi Pendidikan. Surabaya. Usaha Nasional.
Panut, H, dkk. (2004). Dunia Sains. Bandung: Yudistira. [13]Rustaman, A & Nuryani. (1996). Penilaian Keterampilan Porses IPA di Sekolah Dasar, Depdikbud.
Semiawan, C, dkk. (1985). Perdekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.
Suhartanti, D. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas VI. Jakarta: Depdiknas
Winataputra, U,S., dkk. (1992). Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Depdikbud.
Wiriaatma Ija, R, (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kasbolah, K.E.S. (1998). Penilitian Tindakan Kelas. Malang: Depdikbud Dirjen Dikti.