Penggunaan Multimedia Interaktif Model Simulasi Untuk Meningkatkan kemampuan Analisis Mahasiswa di IPI Garut. (Quasi Eksperimen pada Praktikum Fisiologi Hewan Jurusan Pendidikan Biologi IPI Garut)
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v4i1.1558Keywords:
Analysis capabilities, multimedia interactive simulation modelsAbstract
Abstrak — Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan analisis mahasiswa di IPI Garut. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dalam perkuliahan praktikum Fisiologi Hewan dengan menggunakan multimedia interaktif model simulasi. Penelitian ini mengkaji masalah peningkatan kemampuan analisis mahasiswa yang menggunakan multimedia interaktif dengan mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang mengambil mata kuliah Fisiologi Hewan tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa kelas B dengan kelas C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan analisis. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Analisis data Kemampuan analisis dilakukan dengan uji Mann Whitney-U untuk pretes dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peningkatan kemampuan analisis mahasiswa yang menggunakan multimedia interkatif model simulasi lebih baik daripada mahasiswa yang tidak menggunakan multimedia interaktif dalam praktikum fisiologi hewan mengenai sistem pencernaan pada Paramecium sp di IPI Garut. Berdasarkan hasil penelitian, diajukan saran agar Multimedia interaktif model simulasi dapat digunakan dalam praktikum di Program Studi Pendidikan Biologi untuk meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa, khususnya dalam aspek mengorganisasikan. Kemudian, pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji penggunaan multimedia interaktif model simulasi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam kawasan lainnya, baik itu dalam kawasan afektif maupun psikomotorik.
Kata Kunci — Kemampuan analisis, Multimedia Interaktif Model Simulasi
Abstract — This research is based on the low level of student ability analysis on IPI Garut. To over come this, done research in Animal Physiology practical lectures using interactive multimedia simulation models. This research examines the problem of increased analysis capabilities of students using interactive multimedia with students who use conventional learning methods. This research is a research quasy experiments with making purposive sampling technique using samples. The population of this research is to study all students who take Biology education course of animal Physiology lesson in 2014/2015. The sample of this research is a students of class B and class C. instrument used in this research in the form of test analysis capabilities. Analysis date was carried out quantitatively. Analysis date capability analysis done with test Mann Whitney U to pretest and N-Gain. The research results showed that improved analysis capabilities of students who used simulation models interaktif multimedia better than students who do not used interactive multimedia in the teaching of animal physiology of the digestive system in Paramecium sp at IPI in Garut. Based on the results, it is recommended to use interactive multimedia simulations models can be used in practical of Biology education courses to enchance students analysis capability, especially in organizing aspect. Then, on further research is expected to examine the use of interactive multimedia simulation models to improve the students ability in other areas, such as psychomotor or affective.
Keywords — Analysis capabilities, multimedia interactive simulation models
References
Abrori, saiful.(2014). Pengaruh penggunaan multimedia dan media gambar terhadap hasil belajar siswa SD. Terdapat Dalam [Http://Eprints.Uns.Ac.Id/14140/1/41 8-1078-1-PB.Pdf]
Agnew, Anne, at all.,(1996). Multimedia in The Classroom. USA: MediaLink Associates, Inc.
Arifin, D.(2012). Pengaruh penerapan CD multimedia Interaktif terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran aspek mengingat dan memahami dalam pembelajaran Biologi pada materi sistem saraf. IPI Garut
Arifin, Zaenal.(2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya [5] Arikunto, Suharsimi.(2011). DasarDasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Angkaara
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Beetlestone, Florence.(1998). Creative Learning. Philadelphia: Open university Press
Campbbell. (2004). Biologi (Jilid III). Jakarta: Erlangga
--------------.(2011). Biology (Nitht Edition). USA : Person Benjamin. Inc
Darmawan, Deni. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
---------------------. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: CV Yrama Widya.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Diyani, ahmad. (2013). Pengertian teknologi pembelajaran. Terdapat dalam [http://pengertianteknologi pembelajaran.html?m=1]
Djamarah, Syaiful. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gordon,S dkk. Do Teachers Own Learning Behaviors influence their Classroom Goal Orientation and Control Ideology. USA : University of Southern California
Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hasibuan, Zainal.(2007). Metodologi Penelitian dalam Bidang Komputer dan Teknologi Komunikasi. Terdapat dalam [http://id.scribd.com/doc/32083714/ Buku-Referensi-Metodologi-Penelitian-METODOLOGI-PENELITIAN-PADA-BIDANG-ILMU-KOMPUTER-DAN-TEKNOLOGI-INFORMASI]
Hefzallah, I.M. (2004). The New Educational Technologies and Learnig. USA : Charles C Thomas. Publisher, LTD.
Hidayat, Soleh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Hughes, A.G& Hughes E.H. (2003). Learning&Teaching. Bandung: Nuansa
http://acenale.wordpress.com/2011/1 2/21/minat-belajar/
http://sumberrbelajar.files.wordpres s.com/2013/09/kawasan-teknologipendidikan.pdf
http://sumberrbelajar.files.wordpres s.com/2013/09/kawasan-teknologipendidikan.pdf
http://eprints.uny.ac.id/9813/2/BAB 2%20-%2008111241026.pdf
Husaman. (2013). Fisiologi Sistem Pencernaan pada Hewan. Malang: UNM Terdapat pada [http://www.academia.edu/5612874/ SISTEM_PENCERNAAN]
Isnaeni, wiwi. (2006). Fisisologi Hewan. Yogyakarta: Kanisius
Kemal. (2014). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif. Terdapat pada [http://permasalahananakkita.blogspo t.com/2011/02/faktor-yangmempengaruhi-perkembangan.html]
Kusumawati, Dinar. (2014). Metabolisme. Terdapat pada [http://id.scribd.com/doc/6108825/M etabolisme]
Logman, A. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Majid, Abdul. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Mishra, S & Sharma R. (2005). Interactive Multimedia In Education and Training.USA: Idea Group Inc
Nuraeni, Eka. (2014). Kata Operasional Taksonomi Bloom Versi Terbaru untuk Jurusan Biologi. Terdapat dalam [http://www.e-bookspdf.org/view/aHR0cDovL2FtY WVrYS5maWxlcy53b3JkcHJlc3MuY29tLzIwMTIvMTEva2F0YS1vcGVyYXNpb25hbC10YWtzb25vbWkt Ymxvb20tdmVyc2ktYmFydTMucG Rm/S2F0YSBPcGVyYXNpb25hbC BUYWtzb25vbWkgQmxvb20gVmV yc2kgQmFydQ==]
Purwanty, Leni. (2010). Pengaruh penggunaan multimedia dalam mata pelajaran akuntansi terhadap minat, motivasi dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Turen. Terdapat dalam [http://library.um.ac.id/freecontents/index.php/pub/detail/pengar uh-penggunaan-multimedia-dalam-mata-pelajaran-akuntansi-terhadap-minat-motivasi-dan-prestasi-belajar-akuntansi-siswa-kelas-x-smk-negeri-1-turen-leny-purwanti-43042.html]
Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETHA
Ridwan, Wawan. (2011). Pengaruh Penggunaan Program Microsoft Excel dalam Pembelajaran Akuntansi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Garut: IPI Garut
Sadiman, Arief, dkk. (2007). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sadulloh, Uyoh. (2003). Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
--------------------. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
---------------------. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sastra, Irwan. (2014). Penerapan CD multimedia Interaktif pada pembelajaran Biologi untuk meningkatkan minat belajar siswa dan penguasaan konsep sistem pencernaan manusia. IPI Garut
Seels, Barbara B. dan Richey, Rita C. (1994).Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasannya.Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 12. Jakarta. Unit Percetakan UNJ.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Supriadie, Didi dan Darmawan, Deni. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
----------------------. (2013). Psikologi guru kosep dan aplikasi.Bandung: Alfabeta. Syaiful Bahri Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Syiamita. (2013). Ranah Kognitif dalam pembelajaran. Terlihat dalam [https://www.academia.edu/5660348/Ranah_Kognitif_Dalam_Pembelajaran_Domain_Kognitif_Bloom_Instructional_Taxonomies_Bloom_Ausubel_ Anderson_Merril_und_Reigeluth]
Utari, Retno. (2014). Taksonomi Bloom. Terdapat dalam [http://www.bppk.depkeu.go.id/webp kn/attachments/766_1- Taksonomi%20Bloom%20- %20Retno-ok-mima.pdf]
Wahyudin. (2013). Statistika Terapan. Bandng: Mandiri
Wantono. (2008). Hubungan Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Dalam Belajar An Motivasi Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Penjasorkes Kelas 8 Siswa SMP Negeri Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Terdapat pada [http://eprints.uns.ac.id/5332/1/7369 0907200904231.pdf]
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta
Waryanto, Hadi. (2009). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran. Yogyakarta: FMIPA UNY
Wikipedia. (2014). Metabolisme. Terdapat pada [http://id.wikipedia.org/wiki/Metabol isme]
Zainal. (2014). Pengertian dan Tujuan Pembelajaran. Terdapat pada [http://www.zainalhakim.web.id/pen gertian-dan-tujuanpembelajaran.htm]