Penggunaan Internet Di Dalam Pengajaran Mata Kuliah Bahasa Inggris Di Lingkungan Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut

Authors

  • Irsyad Nugraha Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v4i1.1559

Keywords:

English, Internet, learning media, teaching

Abstract

Abstrak — Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional telah banyak digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi di berbagai bidang. Karena fungsinya sebagai Bahasa Internasional maka Bahasa Inggris banyak dipelajari oleh penutur asing baik di lingkungan Pendidikan formal maupun non – formal. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, maka berbagai metode pengajaran dan media pengajaran dan pembelajaran telah diciptakan dan diterapkan dalam pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris. Internet sebagai media informasi dan komunikasi global sangat mungkin diterapkan sebagai media pembelajaran Bahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Berdasarkan kajian literature tentang pemakaian Internet sebagai pembelajaran Bahasa Inggris dapat disimpulkan bahwa internet sangat disarankan sebagai media pembelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris di berbagai jenjang Pendidikan terutama di jenjang Perguruan tinggi yang sangat erat kaitannya dengan kemajuan tekhnologi dan bagaimana berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa asing. Selain itu Internet menyediakan sumber – sumber pembelajaran dan pengajaran yang berlimpah untuk bisa digunakan sebagai sumber maupun media pembelajaran Bahasa Inggris. Namun demikian, pemakaian internet sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris juga mengalami kendala terutama biaya instalasi dan aksesnya.

Kata Kunci —  Bahasa Inggris, Internet, media pembelajaran dan pengajaran.

Abstract —  English as an International Language has been widely used as a tool to communicate in various fields. Because of its function as an International Language, English is much studied by foreign speakers in both formal and non-formal education. Along with the development of science and technology, various teaching methods and teaching and learning media have been created and applied in teaching and learning English. Internet as a medium of information and global communication is very likely applied as a medium of learning foreign languages, especially English. Based on the study of literature on the use of the Internet as learning English can be concluded that the internet is highly recommended as a medium of learning and teaching English at various levels of Education, especially in the level of college is very closely related to technological advances and how to communicate well using a foreign language. In addition, the Internet provides abundant learning and teaching resources to be used as a source and medium of learning English. However, the use of the Internet as a medium of learning English is also experiencing difficulties, especially the cost of installation and access.

Keywords — English, Internet, learning media and teaching.

References

Alatis, James E. “The Essentials of Language Teaching”. Diunduh 7 Maret 2018 dari www.nclrc.org/essentials

Anonim. 2011. “Pengenalan Internet”. Diunduh 8 Maret 2018 dari http://www.free.webs.com/nu2c/4- p.Internet.pdf

Boyanova, M. 2011. “English – the International Language”. Diunduh 25 Februari 2018 dari http://www.studyenglishtoday.net/engli sh_language.html

Singhal, Meena. 1997. “The Internet and Foreign Language Education: Benefits and Challenges”. The Internet TESL Journal, Vol. III, No. 6, June 1997. Diunduh 13 Maret 2010 dari http://itesjl.org/Articles/Snghal-Internet.htm

Kartal, Erdogan. 2005.” The Internet and Autonomous Language Learning: A Typology of Suggested Aids”. The Turkish Online Journal of Educational Technology –TOJET, Vol. 4 No. 4. 2005. pp. 54 –58

Downloads

Published

2018-03-27

How to Cite

Nugraha, I. (2018). Penggunaan Internet Di Dalam Pengajaran Mata Kuliah Bahasa Inggris Di Lingkungan Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(1), 90–96. https://doi.org/10.31980/petik.v4i1.1559