Pembelajaran Kontekstual Melalui Penggunaan Multimedia Interaktif Model Simulasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMK Negeri 9 Garut Tahun 2014-2015
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v4i1.1560Keywords:
Contextual Learning Through Interactive Multimedia Usage Simulation Model, Learning Activity, Learning OutcomesAbstract
Abstrak — Salah satu permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pembelajaran kontekstual melalui penggunaan multimedia interaktif model simulasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Menurut Hull’s dan Sounders (Komalasari, 2010: 6) “Di dalam pembelajaran kontekstual, siswa menemukan hubungan penuh makna antara ide-ide abstrak dengan penerapan praktis di dalam konteks dunia nyata. Siswa menginternalisasi konsep melalui penemuan, penguatan, dan keterhubungan.” Selain itu, menurut Sanjaya (2012: 206-210) fungsi dan manfaat penggunaan media pembelajaran antara lain adalah “…berperan untuk: 1) menangkap suatu objek atau peristiwa-peristiwa tertentu; 2) memanipulasi keadaan, peristiwa, atau objek tertentu; 3) menambah gairah dan motivasi belajar siswa; 4) media pembelajaran memiliki nilai praktis…”. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran di atas memungkinkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci — Pembelajaran Kontekstual Melalui Penggunaan Multimedia Interaktif Model Simulasi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
Abstract — One of the problems in learning Indonesian is the low activity and student learning outcomes. As an alternative to overcome these problems is by contextual learning through the use of interactive multimedia simulation model in Indonesian language learning. According to Hull's and Sounders (Komalasari, 2010: 6) "In contextual learning, students find meaningful connections between abstract ideas and practical application in real-world contexts. Students internalize the concept through discovery, reinforcement, and connectedness. "In addition, according to Sanjaya (2012: 206-210), the functions and benefits of using instructional media are" ... to: 1) capture a particular object or event; 2) manipulate certain circumstances, events, or objects; 3) increase the students' passion and motivation; 4) learning media has practical value ... ". Thus, the application of the above learning model allows for an increase in student activity and learning outcomes.
Keyword — Contextual Learning Through Interactive Multimedia Usage Simulation Model, Learning Activity, Learning Outcomes.
References
Amri, Sofan, dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Ariani, Niken dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran multimedia di Sekolah (Pedoman Pembelajaran interaktif, Konstruktif , dan Prospektif). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arifin, Z. 2009. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: CV Akademika Pressindo, Konstruktif , dan Prospektif). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasardasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Asyhar, H. Rayndra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. [8] Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 2. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun ajaran 2014/2015. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
M., Sardiman A. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cetakan kesatu. Bandung: CV Alfabeta.
Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2012. Teknologi Pendidikan Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula, Cetakan Keenam. Bandung: CV Alfabeta.
Rusijono & Mustaji. 2008. Penelitian teknologi Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem instruksional. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman,Tabrani Rusyan, Zaenal Arifin, Toto Fathoni. 2004. Ilmu Pendidikan. Bandung: Ramadja Karya. [22] Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.
Suherman, dkk. 2000. Evaluasi dan Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sundayana, Rostina. 2013. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supriyono. 2009. Cooperative Learning,Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Surya, Moh. 2003. Psikologi Pembelajaran . Bandung: Bany Quraisy.
Undang-undang Sistem pendidikan Nasional.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Subrata,H. 2009. Keterampilan Menulis. (online). Tersedia: http://mbahbrata-edu-bolgspot.com/2010/03/keterampilan -menulis.html .diupload pada Juli 2015
Sudrajat, Akhmad . Strategi belajar Mengajar. (http://www.psb-psma-org ) diuplod pada Juli 2015.