Game Artificial Intelegent: Ram City Tower Dengan Algoritma A*

Authors

  • Gina Rahayu Meliani Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Garut Program Studi Pend. Teknologi Informasi
  • Andri Suryadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Garut Program Studi Pend. Teknologi Informasi

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v3i2.1577

Keywords:

Game, A*, Kecerdasan Buatan, Tower, Antonim, Bahasa Indonesia

Abstract

Abstrak — Game merupakan salah satu hasil kemajuan teknologi yang paling banyak digunakan di semua kalangan. Game dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian banyak orang. Mulai dari game yang mudah sampai yang sulit untuk dimainkan. Game memiliki banyak jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunannya. Masing-masing game memiliki daya tarik yang berbeda, tergantung kebutuhan pengguna. Dalam merancang sebuah game tentu memiliki kesulitan tersendiri. Game disesuaikan dengan pola pikir pembuatnya. Sebuah cara untuk merepresentasikan pola pikir manusia dalam sebuah game dapat diartikan sebagai kecerdasan buatan. Dalam beberapa game dapat ditemukan sebuah kecerdasan buatan yang diimplementasikan seperti contohnya game Tic Tac Toe. Sebuah game yang dirancang dengan kecerdasan buatan lebih memicu cara berfikir pemainnya karena kecerdasan buatan ini sengaja dibuat untuk memicu cara berfikir pemain melawan komputer. Dengan adanya asumsi seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa game yang mengimplementasikan kecerdasan buatan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran sehingga belajar pun dapat lebih menyenangkan jika disajikan dengan sebuah game. Kecerdasan buatan memiliki beberapa jenis algoritma yang dapat digunakan, salah satu contohnya adalah algoritma A*. Dengan demikian game kecerdasan buatan dapat dijadikan sebuah media pembelajaran yang disesuaikan dengan algoritma yang akan kita gunakan. Salah contohnya adalah game RAM City Tower. Game ini merupakan game kecerdasan buatan dengan jenis game platform yang memakai algoritma A*. Game ini dibuat untuk membantu pengguna mengenal antonim dalam Bahasa Indonesia.

Kata Kunci —  Game, A*, Kecerdasan Buatan, Tower, Antonim, Bahasa Indonesia

References

Achmad ,Balza.2006.Diktat Kecerdasan Buatan.Universitas Gajah Mada Yogyakarta

Virvou, M. (2005). Combining Software Games with Education : Evaluation of Its Educational Effectivinnes. Journal Educational Technology andSociety,8(2), 54 - 65.

Suryadi.Andri(2016). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN NBC (NAÏVE BAYES CLASSIFIER). KINETIK, 2016

Downloads

Published

2017-09-28

How to Cite

Meliani, G. R., & Suryadi, A. (2017). Game Artificial Intelegent: Ram City Tower Dengan Algoritma A*. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 31–38. https://doi.org/10.31980/petik.v3i2.1577