Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall
Keywords:
Game Snake and Ledder, Meningkatkan pamahan siswa, TIK tingkat menegah pertamaAbstract
Abstrak — Proses belajar mengajar bukan hanya penyampaian ilmu dari guru kepada siswa saja, didalmnya juga harus disertai beberapa inovasi agar tidak menimbulkan kebosanan saat proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran konvensional yang terus berlangsung dari dulu hingga sekarang tanpa penggunaan media sebagai penyampai materi ajar membuat kurangnya motivasi belajar siswa yang berpengaruh pada pemahan terhadap materi ajar yang disampikan oleh guru. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berupa game dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dan seiring dengan itu pemahan siswa pun akan dapat ditingkatkan. Dengan adanya hal itu maka kami membangun suatu game edukasi yang diadopsi dari game yang telah ada sebelumnya dan diberi inovasi berupa soal-soal yang berkaitan dengan materi ajar, khususnya materi TIK untuk jenjang Sekolah menengah pertama. Dalam game ini pengembang menggunakan aplikasi adobe flash yang nantinya diharapkan dapat memudahkan pemudahkan para siswa dalam hal ini pemain dapat memaminkan game dengan mdah, karena user interface yang sederhana dan dapat dipahami walau dengan pemahaman yang kurang terhadap game tersebut. Didalam game ini pemiankan bermain menggunakan bidak dengan patokan jumlah dadu yang keluar setelah tombol kocok di putar. Didalam game ini disediakan dua orang pemain yang mana jika pemain maju dan mendapat pertanyaan serta dapat menjawab maka pemain dapat terus bemain dan mendapat skor, namun jika sebaliknya pemin itu harus mundur beberapa langkah dari kolom yang sedang bidak nya tempati.
Kata Kunci — Game Snake and Ledder, Meningkatkan pamahan siswa, TIK tingkat menegah pertama.
References
Zamroni, Rosidi .at.al. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML 5. http://journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/REV%20ROS IDI.pdf, diakses pada 7 Oktober 2016.
Anonim. 2012. Penggunaan Unity3D untuk penelusuran virtual pada Rumah Susun di Tambora. http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012 -2-01246 AR%20Bab2001.pdf, diakses pada 7 Oktober 2016.
Hermawan, Galih. Heryant, Arizonanataliyati. 2013. Game Shopping Time. https://www.researchgate.net/profile/Galih_Herma wan2/publication/299616480_Game_Shopping_Time/l inks/57032ce208aea09bb1a30d8a.pdf?origin=publicati on_list, diakses pada 7 Oktober 2016.
Monde, Anggi.2011. game edukasi sejarah Nabi Muhammad SAW . http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/621/jbptunikomppgdl-anggimonde-31041-11-unikom_a-i.pdf, diakses pada 2 Januari 2017.
Sulai, Mulki. 2013. Game Edukasi Pariwisata Indonesia. http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/561/jbptunikomppgdl-mulkisulai-28046-8-13_uniko-3.pdf, diakses pada 2 Januari 2017.