Evaluasi Pelaksanaan Kerja Praktik Mahasiswa Diploma 3 Teknik Informatika Di Amik Garut Job Evaluation Of Diploma Students Of Informatics Engineering Amik Garut
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v3i1.1580Keywords:
evaluasi, pelaksanaan kerja praktik, teknik informatikaAbstract
Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesiapan mahasiswa program diploma 3 teknik informatika Akademik manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Garut dalam menghadapi kerja praktik; (2) mengetahui kesiapan Program Studi Teknik Informatika AMIK Garut menyelenggarakan kerja praktik; (3) mengetahui persiapan pihak DUDI melaksanakan program kerja praktik; (4) menjelaskan pelaksanaan kerja praktik yang dilakukan di DUDI; (5) menjelaskan hasil pelaksanaan kerja praktik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi countenance/stake. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa AMIK Garut Program Studi Teknik Informatika sudah siap melakukan kerja praktik; (2) kampus AMIK Garut sangat siap menyelenggarakan kerja praktik; (3) aktivitas mahasiswa melaksanakan kerja praktik telah berjalan dengan baik dan (4) aktivitas dosen pembimbing juga sudah baik; (5) aktivitas instruktur kerja praktik juga dilaksanakan dengan baik.
Kata kunci — evaluasi, pelaksanaan kerja praktik, teknik informatika.
References
Afianti, T. (2010). Pembelajaran berbasis studentcentered learning. Diambil pada tanggal 12 Oktober 2015, dari http://inparametric.com/ bhinablog/download/pembelajaran_berbasis_scl.pdf.
Arnanto, G., & Triyono, M. (2014). Keefektifan pembelajaran berbantuaan internet di SMK se-kota Yogyakarta kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (3). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/ 2557/2111.
Azwar, S. (2008). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2008). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BPS. (2014). Laporan bulanan data sosial ekonomi. Diambil pada tanggal 5 februari 2014. Jakarta: BPS.
Carman, P. S., & Watson, H. (2003). Framework for work-based foundation skills. In P. King & T.. Ferro Eds, second Eastern Regional Adult Education Research Conference Proceedings. University Park, PA: Collage of Education, Penn State University.
Dikti. (2004). Strategi dan kebijakan jangka panjang pendidikan tinggi 2003- 2010. Jakarta: Depdiknas.
Field, A. (2000). Discovering statistics using SPSS for windows. London Sage Publications.
Khamdi, W. (November 2008). Project based learning: pendekatan pembelajaran inovatif. Makalah disampaikan pada Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Guru SMP dan SMA Kota Tarakan, di Tarakan.
Mukminan, Khamdi, W., & Sofyan, H. (2008). Panduan pengembangan model pembelajaran berbasis kompetensi. Jakarta: Dikti.
Soenarto. (2003). Kilas balik dan masa depan pendidikan dan pelatihan kejuruan. Pidato pengukuhan guru besar, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Susanto, R & Sudira, P. (2016. Evaluasi sarana dan prasarana praktik teknik komputer dan jaringan di SMK Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Vokasi, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 54-65, mar. 2016. ISSN 2476-9401. Available at: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view /8115. Date accessed: 14 july 2016.
Tilaar, H. A. R. (1991). Sistem pendidikan yang modern bagi pembangunan masyarakat industri modern berdasarkan pancasila. Makalah disampaikan pada KIPNAS V di Jakarta pada tanggal 23 September 1991.
Timilehin, E. H. (2012). School facilities as correlates of students’ achievement in the affectie and psychomotor domains of learning. European Scientific Journal, 8, 208-215.
Wotto. (2000). Manajemen peralatan dan bahan praktik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.