Pembelajaran Inside-Outside-Circle Pada Materi Statistika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa MTs
Keywords:
Model Pembelajaran Inside-Outside-Cirlce, Kemampuan Komunikasi MatematikAbstract
Abstrak — Kemampuan komunikasi matematik yang masih rendah di kalangan siswa menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektifitas model pembelajaran Inside-Outside-Cirlce dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematik pada siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX di salah satu Madrasah Tsanawiyah (MTs) swasta di kabupaten Garut, dengan sampel yaitu siswa kelas IXB dan IXC. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes kemampuan komunikasi matematik. Instrumen tersebut digunakan dalam pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan terhadap hasil pretest yaitu diawali dengan uji normalitas kemudian uji Mann Whitney. Sedangkan pada hasil posttest, analisis data diawali dengan uji normalitas , uji homogenitas, kemudian uji t. Secara garis besar, hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran Inside-Outside-Circle lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ceramah biasa.
Kata kunci — Model Pembelajaran Inside-Outside-Cirlce, Kemampuan Komunikasi Matematik.
References
Baroody, A.J. (1993). Problem Solving, Reasoning and Communicating. K-8: Helping Children Think Mathematically. New York: MacMillan Publishing Company.
Hendriana, H. dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lie, A.(2008). Comparative Learning. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Russefendi, H. E.T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Soemarmo, U. (2003). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah pada Pelatihan Guru Matematika, Jurusan Matematika ITB Bandung.
Trends in International Mathematics and Science Study. (2007). International Mathematics Report: Findings from IEA’s Trends in International Mathematics and Science Study the Fourth and Eight Grades. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.