Pembelajaran Berbasis Multimedia Articulate Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v3i1.1583Keywords:
articulate, kreativitas, multimedia, pembelajaranAbstract
Abstrak — Penelitian bertujuan untuk mengetahui kreativitas mahasiswa melalui pembelajaran berbasis multimedia articulate, menganalisis efektivitas pembelajaran berbasis multimedia articulate dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa, mengidentifikasi sikap mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis multimedia articulate. Digunakan metode kuantitatif dengan kuasi eksperimen, instrument berbentuk tes, non tes, dan program pembelajaran berbasis multimedia dengan software articulate, subyek penelitian adalah mahasiswa tingkat dua STKIP Garut. Prosedur penelitian meliputi tahap: pertama pendahuluan, diidentifikasi program dalam penyusunan program/software pembelajaran, kedua pelaksanaa, meliputi tes awal , treatment, dan ketiga analisis data, pembahasan dan penyimpulan. Kesimpulan penelitian : kreativitas mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis multimedia Articulate lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional, pembelajaran berbasis multimedia articulate efektif dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa dengan kriteria sedang, sikap mahasiswa bersifat positif terhadap pembelajaran berbasis multimedia articulate.
Kata kunci — articulate, kreativitas, multimedia, pembelajaran.
References
Ariani, N. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Solo. Qiblat Press.
Costa, A. L. (2001), Developing Minds A Resource Book For Teaching Thinking. 3 rd edition, Alexandria - Virginia. Association For Supervision and Curriculum Development.
Darmawan, D.( 2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Depertemen Pendidikan Nasional. (2004). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.
Liliasari, (2010). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Melalui Pembelajaran Sains Menuju Masa Depan dalam Teori, Paradigma, Prinsip, dan Pendekatan Pembelajaran MIPA. FMIPA UPI
Munandar, U. (2002). Kreativitas Dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif Dan Bakat. Jakarta. Grafindo Pustaka Utama.
Munir (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. Alfabeta.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United State: Nasional Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Palendeng. (2003). Strategi Pembelajaran Aktif.Jakarta: Rineka Cipta
Poedjiadi, A. (2005).Sains Teknologi Masyarakat, Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Rusefeendi,E.T (1991) . Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA.Bandung:Tarsito
Samodra, dkk. (2008). Multimedia Pembelajaran Reproduksi Pada Manusia. Jurnal Teknologi Informasi. Volume 5 Nomor 2, Oktober 2008
Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik : Apa, Mengapa, dan Bagaimana Di Kembangkan Pada Peserta Didik. Bandung : FPMIPA UPI
Suryadi, D. (2005) Pengamatan Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung Serta Pendekatan Langsung dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Tingkat Tinggi Siswa SLTP. Bandung. UPI. Desertasi. Tidak dipublikasikan.
Warsita, B. (2008). Dasar-dasar Teknologi Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.