Edugames Berbasis Android: Berburu Device Komputer Bersama Topan(Topi Panda)

Authors

  • Dian Rahadian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Garut

Keywords:

Game, Edukasi, Android

Abstract

Abstrak — Game saat ini adalah salah satu fitur populer, bukan terkenal di kalangan orang dewasa saja akan tetapi populer di dunia anak kecil sekali pun. Game merupakan media yang sangat tepat sebagai media pembelajaran di karenakan posisi kepopulerannya di kalangan anak. Banyak game yang beredar dan memiliki rating tinggi namun, dalam contentnya hanya memuat fungsi hiburan saja. Ada game yang memuat content pendidikan namun, dalam perjalanannya kalah rating. Pembuatan game ini, kami mengharapkan terciptanya game yang memiliki ranting tinggi kan tetapi memiliki content pendidikan. Game tersebut di spesifikasikan untuk jenjang Sekolah Dasar kelas 5 dan 6 atau jenjang Menengah Pertama kelas 7 dengan muatan konten pelajaran TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan materi perangkat input dan output komputer. Game Edukasi dengan Pembelajaran Mobile, seseorang dapat membangun motivasinya selama memainkan suatu game dengan cara yang mandiri, dimana motivasi itu dibangun oleh tantangan-tantangan yang dimunculkan oleh permainan dalam level yang bertingkat. Game ini di buat menggunakan aplikasi inti adobe animate(seri terbaru flash), di fungsikan dengan desain grafis corelDraw, dengan hasil akhir berupa aplikasi untuk OS Android(.apk). Proses pengembangannya menggunakan model ADDIE meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi(implementation), dan evaluasi (evaluation).

Kata Kunci — Game, Edukasi, Android.

References

Putra, Dito.2016. Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android SebagaiMedia Pembelajaran Akuntansi Di Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Imogiri Pada Materi JurnalPenyesuaian Perusahan Jasa. Tersedia di: httpeprints.uny.ac.id308861Skripsi_Ditto%20Rahmawan% 20Putra%2012803241016.pdf. Di akses: 31 Desember 2016 .

Wahyu Pratama. (2014). “Game Adventure Misteri Kotak Pandora”. Jurnal Telematika Vol. 7 No.2 Agustus 2014

Dian Wahyu Putra,dkk. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol.1, No.1 Maret 2016 ISSN. 2502-5716.

Wafda Adita Rifai. (2015). Pengembangan Game Edukasi Lingkungan Berbasis Android. Tersedia di : httpeprints.uny.ac.id216081wafda%20adita%20rifai_105 20241036.pdf. Di akses:31 Desember 2016.

httpelib.unikom.ac.iddownload.phpid=170047.

Published

2017-03-28

How to Cite

Rahadian, D. (2017). Edugames Berbasis Android: Berburu Device Komputer Bersama Topan(Topi Panda). Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 46–50. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/1584