Pengembangan Sistem Pakar sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Fisiologi Hewan sub Materi Fisiologi Sirkulasi

Authors

  • Hudiana Hernawan Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Garut
  • Purnomo Sidiq Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v2i2.1588

Keywords:

Fisiologi Hewan, Fisiologi Sirkulasi, Sistem Pakar, Teknologi Informasi

Abstract

Abstract — Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia salah satu penyebabnya adalah minimnya sumber bahan ajar yang dapat dimanfaatkan, baik oleh mahasiswa maupun dosen. Bahan ajar yang tersedia saat ini masih konvensional dan belum dapat meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa untuk mempelajarinya. Disamping itu, metode pembelajaran yang dipergunakan selama ini masih menggunakan metode konvensional. Kondisi ini akan membuat kesulitan dan ketidakmandirian mahasiwa yang pada gilirannya akan menyebabkan rendahnya mutu pendidikan. Bahan ajar yang tersedia saat ini masih konvensional dan belum dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa. Tersedianya sumber belajar yang ekonomis, praktis dan sederhana, fleksibel, relevan, dan memiliki nilai positif akan mendukung kegiatan pembelajaran yang lebih efektif serta memudahkan mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu alternatif pemecahan masalah ini adalah dengan memanfaatkan Teknologi Informasi. Teknologi informasi (Information Technology) meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi yang menggabungkan komputasi komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan gambar. Salah satu produk Teknologi Informasi, yaitu aplikasi Sistem Pakar. Produk ini dapat mengintegrasikan antara teknologi komputer dengan pembelajaran, tidak hanya tekstual tapi juga visual. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang dan mengembangkan Sistem Pakar, sedangkan manfaat yang diharapkan dapat dijadikan salah satu alternatif dalam penyediaan bahan ajar Fisiologi Hewan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang terdiri atas dua tahapan, yaitu proses pengembangan Sistem Pakar dan analisis produk. Hasil uji validasi produk, menurut ahli media dan ahli materi secara umum aspek produk penelitian yang dikembangkan sudah layak. Sedangkan validasi pengguna, secara umum mahasiswa sangat senang, mudah memahami, dan mudah mengoperasikan Sistem Pakar. Tanggapan mahasiswa terhadap produk Sistem Pakar untuk kategori Quality of end-user interface design termasuk dalam kriteria baik (56,24%), kategori Engagement termasuk dalam kriteria sangat baik (64,90%), kategori Interactivity termasuk dalam kategori sangat baik (63,90%), dan kategori Tailorability termasuk dalam kriteria baik (52,29%). Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Pakar dapat diterapkan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mahasiswa Pendidikan Biologi.

Keywords — Fisiologi Hewan, Fisiologi Sirkulasi, Sistem Pakar, Teknologi Informasi

References

Hermawan Warsito, Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia, 1992.

Warsita, Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sherwood, "The Develovment and Preliminary Evaluation of Anchored Instruction Environment for Developing Mathematical and Scientific Thinking," in The National Association for Research in Science Teaching, Lake Geneva, 1991.

A Sadiman, Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Ahmad Rohani, Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Susilana Riyana, Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2011.

Yanuar Yoga Prasetyawan, "Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Perpustakaan Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan di Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro Unit S1 Reguler," Universitas Dipenogoro, Semarang, Skripsi 2010.

Sri Kusumadewi, Artificial Intelligence Teknik dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

Kusuma, "E-learning dalam Pembelajaran Bahasa," Lentera Pendidikan, vol. XIV, no. 1, 2011.

E.R Kaur, "Importance of Experts System used in Agricultural," International Journal of Enhanced Research in Science Technology and Engineering, vol. 3, no. 5, pp. 265-269, May 2014.

H Geissinger. Educational Software: Criteria for Evaluation. [Online]. www.ascilite.org.au/conferences/perth97/papers/Geissinger/Geissinger.ht ml, [diakses tanggal 15 Februari 2015].

J.G Gebhard, Teaching English as a Foreign or Second Language: A Teacher Self-development and Methodology Guide. Michigan: The University of Michigan Press, 2000.

Turban Efraim, Decesion Support and Expert Systems.: Prentice-Hall International, 1995.

W Dick and L Carey, The Systematic Design of Instruction. London, England: Scat Foresman & Company, 1990.

Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2015.

Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011. [18] N dan Haryanto, D Ariani, Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratid, Konstruktif dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010.

Muhammad Arhami, Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi. Bandung: PT Alfabeta, 2010.

Downloads

Published

2016-09-27

How to Cite

Hernawan, H., & Sidiq, P. (2016). Pengembangan Sistem Pakar sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Fisiologi Hewan sub Materi Fisiologi Sirkulasi . Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.31980/petik.v2i2.1588