Efektivitas Penggunaan Digital Book Interactive Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Fisiologi Hewan Di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Garut

Authors

  • Hudiana Hernawan Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Garut

Keywords:

teknologi informasi, digital book interactive, fisiologi hewan, motivasi belajar

Abstract

Abstrak – Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia salah satu penyebabnya adalah minimnya sumber bahan ajar yang dapat dimanfaatkan yang saat ini masih konvensional dan belum dapat meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa untuk mempelajarinya. Salah satu alternatif pemecahan masalah ini adalah dengan diproduksi menjadi Digital Book Interactive. Produk ini dapat mengintegrasikan antara teknologi komputer dengan pembelajaran, tidak hanya tekstual tapi juga audiovisual. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan model Digital Book Interactive yang dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent control group pre-test and post-test design, yaitu penelitian yang dilaksanakan pada dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar Fisiologi Hewan dalam bentuk Digital Book Interactive dan satu kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar Fisiologi Hewan dalam bentuk buku cetak. Instrumen angket digunakan untuk menjaring data motivasi belajar mahasiswa sebelum dan setelah mendapatkan pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh, motivasi belajar akhir mahasiswa yang menggunakan Digital Book Interactive (85,88) nyata lebih besar dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunakan buku cetak (69,08). Selanjutnya, peningkatan motivasi belajar mahasiswa yang menggunakan Digital Book Interactive (0,7184) nyata lebih besar dibandingkan dengan peningkatan motivasi belajar siswa yang menggunakan buku cetak (0,3576). Kesimpulan dari penelitian ini, Digital Book Interactive efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matakuliah Fisiologi Hewan di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Garut.

Kata kunci – teknologi informasi, digital book interactive, fisiologi hewan, motivasi belajar

References

Buzzetto, et.al., (2007). Reading in A Digital Age: e-Books Are Students Ready For This Learning Object?. Interdisciplinary Journal of Knowledge and Learning Objects Volume 3. Editor: Alex Koohang

Darmawan, Deni (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

Dick, W and Carey, L (1990). The Systematic Design of Instruction. Glenview, Illinois London, England: Scat, Foresman & Company.

Islam, dkk. (2014). Child Education Through Animation: An Experimental Study. International Journal of Computer Graphics & Animation (IJCGA) Vol.4, No.4, October 2014.

Kusuma, A (2011). ”E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa”. Lentera Pendidikan, Vol. 14, Nomor 1, 2011.

Munir (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi. Bandung: PT. Alfabeta.

Rohani, Ahmad (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Sardiman. A.M. (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres

_______________. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

______________. (2014). Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Suryabrata , S. (1994). Metodologi Penelitian. PT RajaGrafindo Persada : Jakarta

Surya, M. (2014). Strategi Kognitif. Garut: STKIP Press.

Wiryokusumo, Iskandar (2002). Pengantar Teknologi Pendidikan. Matrikulasi Program Pascasarjana Teknologi Pembelajaran Universitas PGRI Adibuana Surabaya. Bahan Matrikulasi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Teknologi Pembelajaran Universitas PGRI Surabaya

Downloads

Published

2016-03-27

How to Cite

Hernawan, H. (2016). Efektivitas Penggunaan Digital Book Interactive Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Fisiologi Hewan Di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Garut. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 21–23. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/1595