Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa

Authors

  • Kuntum An Nisa Imania Program Studi Pend. Teknologi Informasi STKIP Garut

Keywords:

Metode Pembelajaran, Problem Based Learning, Karya Tulis Ilmiah

Abstract

Abstrak – Masalah pokok dalam tulisan ini difokuskan pada upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dengan metode problem based learning.

Mengingat bahwa untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah seperti buku atau jurnal memerlukan sebuah proses panjang seperti menggali ide, menemukan referensi, melakukan penelitian atau menganalisa, maka hambatan dan permasalahan sering tidak terhindarkan.

Pembelajaran berdasarkan masalah merupakan pendekatan yang efektif untuk pengajaran proses berfikir tingkat tinggi. Pembelajaran ini membantu peserta didik untuk memproses informasi yang sudah jadi dalam benaknya dan menyusun pengetahuan mereka sendiri tentang dunia sosial dan sekitarnya. Pembelajaran ini cocok untuk mengembangkan pengetahuan dasar maupun kompleks.

Tujuan dari pembelajaran berbasis masalah dikembangkan untuk membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir, mengembangkan kemampuan memecahan masalah, keterampilan intelektual, dan menjadi peserta didik yang mandiri. Metode pembelajaran berbasis masalah terdiri atas 8 tahap yaitu menemukan masalah, mendefinisikan masalah, mengumpulkan fakta, menyusun hipotesis,melakukan penyelidikan, menyempurnakan permasalahan yang telah didefinisikan, menyimpulkan alternatif pemecahan masalah secara kolaboratif, dan melakukan pengujian hasil (solusi) pemecahan masalah.

                Berbagai problematika yang menjadi kendala mahasiswa dalam menulis karya ilmiah adalah (a) tidak berbakat, (b) kurangnya motivasi dan tidak percaya diri, (c) tidak fokus / kesulitan untuk memulai, (d) wawasan yang sempit, (e) kendala kebahasaan, (f) faktor eksternal dari mahasiswa.

Untuk memecahkan persoalannya seyogianya diarahkan kepada upaya peningkatan kemampuan menulis dan kualitas karya tulis ilmiah, yaitu : (a) perlu dibentuk tim pembimbing, (b) perlu dibentuk forum pengkajian karya tulis ilmiah mahasiswa di setiap perguruan tinggi, (c) perlu dilakukan presentasi terlebih dahulu, (d) perlu diintensifkan lomba karya tulis ilmiah untuk mahasiswa, (e) perlu dilakukan workshop, (f) perlu dilakukan pembenahan dan penyempurnaan sarana sumber informasi untuk mahasiswa.

Kata Kunci – Metode Pembelajaran, Problem Based Learning, Karya Tulis Ilmiah

 

References

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Presentasi Sosialisasi Kebijakan Publikasi Ilmiah Pada Mahasiswa dari www.dikti.go.id

Brotowidjoyo, M. D. (1985). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo.

Arends, I. Ricard. (2008). Learning To Teach “Belajar Untuk Mengajar”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nur, Mohamad. (2008). Model Pembelajaran Berdasakan Masalah. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Perguruan tinggi Departemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2005). Media Pengajaran. Jakarta : Algesindo.

Hasibuan, J.J. dan Mujiono. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Surakhmad, Winarno. (2002). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Ibrahim, H. Muslimin. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA UNIVERSITY

Mustaji. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pola Kolaborasi dalam Mata Kuliah Masalah Sosial. Disertasi. Malang: Program Pascasarjana UIniversitas Negeri Malang.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

M, Kartanegara. (2005). Seni Mengukir Kata: Kiat-Kiat Menulis Efektif Kreatif. Bandung: Mizan Learning Centre.

D, Mawardi. (2009). Cara Mudah Menulis dengan Metode 12 Pas. Jakarta: Raih Asa Sukses.

D, Iswidharmanjaya. (2006). Bila Anak Usia Dini Bersekolah. Jakarta: Elex Media.

D, J. House. (2002). The Independent Effects of Student Characteristics and Instructional Activities on Achievement: An Application of the Input-Environment Outcomes Assessment Model International Journal of Instructional Media.

Downloads

Published

2016-03-27

How to Cite

Imania, K. A. N. (2016). Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 24–35. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/1596