Meningkatkan Kapabilitas Proses Pada Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan (DSS) Menggunakan Cobit 4.1

Authors

  • Dian Nurdiana

Keywords:

Decision Support System (DSS), Cobit 4.1, Assessment Model, Kapabiltias Proses

Abstract

Abstrak – Decision support system (DSS) merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk memberikan rekomendasi dalam pengambilan keputusan, oleh karena itu kemampuan atau kapabilitas dari sistem harus bisa mendukung terhadap kebutuhan bisnis. UNIVERSITAS X merupakan universitas yang sudah menggunakan sistem ini dalam pengelolaan proses bisnis yang ada diorganisasi, namun dalam pengelolaanya terdapat beberapa permasalahan yang dapet mengganggu kinierja dari DSS tersebut. Oleh karena itu butuh sebuah model yang bisa meningkatkan kapabilitas IT sehingga bisa meningkatkan kinerja dari DSS tersebut. Model pengukuran COBIT 4.1 menggunakan metode Process Assessment Model merupakan salah satu model yang digunakan untuk meningkatkan kapabilitas proses IT, model ini mendukung penilaian kapabilitas kinerja tata kelola teknologi informasi dengan menyediakan indikator sebagai pedoman dalam interpretasi tujuan proses dan keluaran yang didefinisikan dalam COBIT 4.1 dan atribut proses yang didefinisikan dalam ISO/IEC 15504 dengan pengukuran kapabilitas didasarkan pada sembilan atribut proses, kesembilan atribut di atas terdapat dalam level-level kapabilitas proses dan harus dipenuhi untuk mencapai suatu level. Dari hasil penelitian ini didapatkan tingkat pencapain kapabilitas proses pada DSS di UNIVERSITAS X, kemudian memberikan rekomendasi untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi dan rekomendasi untuk meningkatkan level kapabilitas proses berdasarkan COBIT 4.1 menggunakan metode Process Assessment Model.

Kata KunciDecision Support System (DSS), Cobit 4.1, Assessment Model, Kapabiltias Proses.

References

Amrul, Sadat S & Hardi, Enny. (2010).” Pengaruh Organizational Learning Dan It Capability Terhadap Financial Performance”. JAAI Volume 14 NO. 1, Juni 2010: 87-99

Bharadwaj AS. (2000).”A Resource-based Perspective on Information Technology Capability and Firm Performance: An Empirical Investigation”. MIS Quarterly, 24 (1), 169-196

British Standard: ISO/IEC 15504, Software Engineering – Process Assessment, Part 2: Performing an Assessment, British Standard, 2003.

British Standard: ISO/IEC 15504, Information Technology – Process Assessment, Part 3: Guidance on Performing an Assessment, British Standard, 2004.

Guldentops, E. (2003), “Maturity Measurement - First the Purpose, Then the Method”, Information Systems Control Journal, Vol. 4.

Hartanto, Indra Dwi & Tjahyanto, Aries.” Analisa Kesenjangan Tata Kelola Teknologi Informasi Untuk Proses Pengelolaan Data Menggunakan Cobit (Studi Kasus Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia)”. Surabaya: Teknologi Sepuluh Nopember.

ISACA, COBIT® Assessment Process (CAP): COBIT® 4.1 Process Assessment Model, IL, USA: ISACA, 2011.

Isnaini, Herdita Fajar dkk. (2013). “Makalah Komputer dan Teknologi Informasi Sistem Pendukung Keputusan”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

King, W., dan Teo, T. (1996). “Key Dimensions of Facilitors and Inhibitors for the Strategic Use of Information Technology”. Journal of Management of Information Systems, 12 (4), 35-53

Komalasari, Reny. (2011).” Pengukuran Keselarasan Tujuan Teknologi Informasi Dan Tujuan Bisnis Universitas Narotama Surabaya Ditinjau Dari Perspektif Proses Bisnis/Internal Menggunakan Standar Cobit 4.1.”. Proposal Tugas Akhir terpublikasi. Surabaya: Universitas Narotama.

Downloads

Published

2016-03-27

How to Cite

Nurdiana, D. (2016). Meningkatkan Kapabilitas Proses Pada Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan (DSS) Menggunakan Cobit 4.1. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 47–52. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/1598