Efektivitas Penggunaan E-Modul Pelajaran TIK Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Kabupaten Kepulauan Tanimbar
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v11i1.1657Keywords:
Effectiveness, E-Modules, Student Learning MotivationAbstract
Abstrak
Peneliti menemukan bahwa di SMA Negeri 15 Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) memiliki masalah dalam pembelajaran yaitu yang pertama, kurangnya motivasi belajar siswa dalam memahami pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK, ke dua daya tarik dari media pembelajaran yang digunakan guru masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektivitasan penggunaan e-modul pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada peningkatan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 15 Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dan rancangan penelitiannya adalah Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group, teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sampel T-test atau uji banding, uji rata-rata (mean) motivasi belajar siswa dan uji N-Gain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 KKT yang berjumlah 34 Orang, yang dibagi kedalam kelompok kelas X2 sebagai kelas perlakuan dan kelas X kelas kontrol, siswa dengan masing-masing kelas berjumlah 17 siswa. Hasilnya kelas perlakuan pada diagram batang yaitu untuk indikator perhatian 85.00, indikator relevansi 80.00, indikator keyakinan 90.00, dan indikator kepuasan 95.00 dan juga di perjelas melalui hasil uji independent T-test yaitu 0.001 < 0.05 dan hasil uji nilai rata-rata post-test pada kelas perlakuan (X2) 89.41, kelas kontrol (X1) 67.65. Sedangkan untuk rata-rata N-Gain pada kelas perlakuan (X2) sebesar 72.08 dan kelas kontrol (X1) sebesar 20.43. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-modul pelajaran TIK efektif dalam meningkatkan motivasi belajar terhadap siswa Kelas X SMA Negeri 15 KKT.
Kata Kunci: Efektivitas, E-Modul, Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Researchers found that at SMA Negeri 15 Tanimbar Islands Regency (KKT) has problems in learning, namely first, lack of student motivation to learn in understanding ICT and Information Technology learning, second, the attractiveness of the learning media used by teachers is still lacking. This study aims to analyze the effectiveness of the use of e-modules in Information and Communication Technology (ICT) lessons in increasing the learning motivation of students in grade X of SMA Negeri 15 Tanimbar Islands Regency (KKT). The approach used in this study is quantitative descriptive and the research design is Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group, the data analysis techniques used are normality test, homogeneity test, independent test of T-test sample or comparative test, mean test of student learning motivation and N-Gain test. The population in this study is all students of class X of SMA Negeri 15 KKT which is 34 people, which is divided into class X2 group as a treatment class and class X as a control class, students with a total of 17 students in each class. The results of the treatment class on the bar chart are for the attention indicator 85.00, the relevance indicator 80.00, the confidence indicator 90.00, and the satisfaction indicator 95.00 and also clarified through the results of the independent T-test which are 0.001 < 0.05 and the results of the post-test average score test in the treatment class (X2) 89.41, the control class (X1) 67.65. Meanwhile, the average N-Gain in the treatment class (X2) was 72.08 and the control class (X1) was 20.43. Based on this, it can be concluded that the ICT lesson e-module learning media is effective in increasing learning motivation for students of CLASS X SMA Negeri 15 KKT.
Keyword: Effectiveness, E-Modules, Student Learning Motivation
References
B. Irwanto, “Analisis Korelasi Penerasi Penggunaan Internet Di Beberapa Negara Dengan Kualitas Sdm Dan Pendapatan Perkapita Negara,” PeTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, vol. 2, no. 1, pp. 8–20, 2016.
D. Rahadian, “Pergeseran Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi,” PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2016.
I. Krisnawan, D. Muhammad Nasaruddin, I. Nur Zanetti Fritzy, and J. Lindriany STIT Muhammadiyah Tanjung Redeb, “Pengaruh Metode Mengajar Guru Terhadap Sikap Belajar Siswa Di SDNs 005 Sambaliung,” 2024.
H. Hernawan, “Efektivitas Penggunaan Digital Book Interactive Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Fisiologi Hewan Di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Garut.”
“salinan_20220215_093900_Salinan Kepmendikbudristek No.56 ttg Pedoman Penerapan Kurikulum”.
Z. Zaharah and A. Susilowati, “Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Modul Elektronik Di Era Revolusi Industri 4.0,” BIODIK, vol. 6, no. 2, pp. 145–158, Jun. 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.8950.
D. M. Karlina, A. U. Tenri Pada*, K. Khairil, W. ArTIKa, and A. Abdullah, “Efektivitas Modul Elektronik Berbasis Web Dipadu Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar pada Materi Pencemaran Lingkungan,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 9, no. 1, pp. 139–150, Jan. 2021, doi: 10.24815/jpsi.v9i1.18135.
Saparuddin, “Penggunaan E-Modul Sebagai Solusi U n t u k Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik The Use of E-Modules as a Solution to Improve Students’ Motivation and Learning Independence.”
“Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi.” [Online]. Available: https://prosiding.stainim.ac.id
M. Mutmainnah, A. Aunurrahman, and W. Warneri, “Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1625–1631, May 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i3.952.
R. Moreno and R. E. Mayer, “Cognitive principles of multimedia learning: The role of modality and contiguity,” J Educ Psychol, vol. 91, no. 2, pp. 358–368, 1999, doi: 10.1037/0022-0663.91.2.358.
https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/perkenalan/cp-atp/konsep-tujuan-pembelajaran/, “Konsep Tujuan Pembelajaran,” https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/perkenalan/cp-atp/konsep-tujuan-pembelajaran/.
D. Setyowati, R. Qadar, and S. Efwinda, “Analisis Motivasi Siswa Berdasarkan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) dalam Pembelajaran Fisika Berbasis E-Learning di SMA Se-Samarinda,” 2022. [Online]. Available: http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF
Singerin, Sarlota. 2015. Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Kompetensi Profesional Melalui Lesson Study Bagi Guru Fisika Pembina Olimpiade di Kabupaten Maluku Tengah. Disertasi. Universitas Negeri Semarang.
J. M. Keller and J. M. Keller, “The Arcs model of motivational design,” Motivational design for learning and performance: The ARCS model approach, pp. 43–74, 2010.
N. Zerinah, “Pengembangan E-Modul” Cinta Belajar” Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Sendana,” 2023.