Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Auto Matsuda
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v10i2.1663Keywords:
Media pembelajaran , Media Visme, Simulasi dan Komunikasi Digital, Hasil belajar Siswa SMK Auto MatsudaAbstract
Kegiatan belajar mengajar dalam mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital (simkomdig) di SMK Auto Matsuda masih menggunakan kurikulum 2013 dan masih terpaku pada penggunaan Microsoft office, pembelajaran di SMK Auto Matsuda masih menggunakan metode ceramah yaitu hanya guru yang memberikan penjelasan sehingga pembelajaran dirasa kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan media visme berbasis video tutorial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu X TBSM sebagai kelas kontrol yang berjumlah 288 siswa dan X PSY sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, tes/soal dan kuesioner. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran visme pada materi teknik presentasi yang efektif kelas X di SMK Auto Matsuda, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh hasil peritungan uji hipotesis (t-test) diketahui rata-rata kenaikan kelompok eksperimen sebesar 79,29 sedangkan kenaikan kelas kontrol 67,85 sehingga diketahui kenaikan skor hasil belajar kelas eksperimen lebih besar 11,44 dibandingkan kelas kontrol. Nilai Thitung > Ttabel (4,563 > 2,052) dan nilai signifikansinya lebih dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05, sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan nilai hasil belajar secara signifikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Media pembelajaran ,Media Visme, Hasil belajar Siswa SMK Auto Matsuda
References
A. Febriansyah, E. Nofrianda, A. Setiawan, and S. Wahyudi, “Media Pembelajaran Visme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMA,” J. Mediat., vol. 6, no. 2, p. 90, 2023, doi: 10.26858/jmtik.v6i2.46401.
A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, and Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 3928–3936, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.
I. M. A. Darsana, I. M. Satyawan, N. L. P. Spyanawati, I. K. B. Astra, and K. Y. Parta Lesmana, “Video Tutorial Model Permainan dalam PJOK untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku,” J. Ilmu Keolahragaan Undiksha, vol. 9, no. 3, p. 182, 2021, doi: 10.23887/jiku.v9i3.39717.
I. Irsan, A. L. N. G, A. Pertiwi, and F. R, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva,” J. Abdidas, vol. 2, no. 6, pp. 1412–1417, 2021, doi: 10.31004/abdidas.v2i6.498.
H. Puspitasari and N. Nurbani, “Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mata Kuliah Sistem Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi P …,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, pp. 20480–20486, 2023, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9516
I. G. Arke, M. A. Wijaya, and K. Y. Parta Lesmana, “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berbantuan Video Tutorial pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Ilmu Keolahragaan Undiksha, vol. 9, no. 3, p. 165, 2021, doi: 10.23887/jiku.v9i3.39478.
R. E. Putri and M. Iswari, “Media video tutorial dalam keterampilan membuat boneka dari kaus kaki bagi anak tunagrahita,” JUPPEKhu, vol. 6, no. 1, pp. 178–185, 2018.
Yogi Ersan Fadrial, Yogi Yunefri, Sutejo, and Pandu Pratama Putra, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Guru Di Slb Negeri Pembina Menggunakan Aplikasi Visme,” J-COSCIS J. Comput. Sci. Community Serv., vol. 3, no. 2, pp. 142–147, 2023, doi: 10.31849/jcoscis.v3i2.13405.
P. PURWANINGSIH, “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi,” Educ. J. Inov. Tenaga Pendidik dan Kependidikan, vol. 2, no. 4, pp. 422–427, 2023, doi: 10.51878/educator.v2i4.1929.
T. W. Sandika, “Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” Invent. J. Res. Educ. Stud., vol. 5, no. 5, pp. 1–13, 2021, doi: 10.51178/invention.v2i2.474.
I. Abraham and Y. Supriyati, “Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 8, no. 3, pp. 2476–2482, 2022, doi: 10.58258/jime.v8i3.3800.
Prof.Dr.Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” Bandung: ALFABETA, 2019.
H. Masturi, A. Hasanawi, and A. Hasanawi, “Jurnal Inovasi Penelitian,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 10, pp. 1–208, 2021.
Heny Puspasari and Weni Puspita, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19,” J. Kesehat., vol. 13, no. 1, pp. 65–71, 2022, [Online]. Available: http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK
M. M. Agung Mahardini, “Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika,” J. Pendidik. Fis., vol. 8, no. 2, p. 215, 2020, doi: 10.24127/jpf.v8i2.3102.