Perancangan Media Pembelajaran Informatika Kelas VII Menggunakan Smart App Creator Di SMP Negeri 1 Ampek Angkek
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v10i2.1673Keywords:
Informatika, Smart Apps Creator, Research and Development (R&D)Abstract
Abstrak
Penelitian ini berawal dari masalah yang diidentifikasi melalui wawancara dan observasi yang penulis lakukan dengan guru matapelajaran informatika kelas VII SMP Negeri 1 Ampek Angkek yaitu materi pembelajaran yang diberikan oleh guru bersumber dari buku cetak yang digunakan masih sulit dipahami dalam pembahasan materi, metode pengajaran yang dipilih oleh guru adalah ceramah yang didukung oleh media pembelajaran yang dibangun dengan Microsoft Power Point yang masih memiliki kelemahan. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti berminat untuk merancang media pembelajaran Informatika menggunakan Smart Appp Creator. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan hanafin and peck yang terdiri dari tiga langkah yaitu fase analisis kebutuhan, fase desain, serta fase pengembangan dan implementasi. Setiap fase dalam model pengembangan ini saling terhubung melalui tahap evaluasi dan revisi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media yang dirancang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran informatika. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji produk yang dilakukan peneliti: uji validitas produk oleh tiga dosen ahli menghasilkan nilai rata-rata 0.89 dengann kategori valid, uji praktikalitas oleh dua guru mata pelajaran informatika memperoleh nilai 1 dengan kategori sangat tinggi, dan uji efektivitas oleh 22 siswa menunjukkan nilai efektivitas 0.8 dengan kategori sangat tinggi.
Kata Kunci: Informatika, Smart Apps Creator, Research and Development (R&D)
Abstract
This research began with a problem identified through interviews and observations conducted by the author with informatics subject teachers of class VII SMP Negeri 1 Ampek Angkek, namely the learning material given by the teacher sourced from printed books used was still difficult to understand in discussing the material, the teaching method chosen by the teacher was a lecture supported by learning media built with Microsoft Power Point which still had weaknesses. Based on these problems, the researcher was interested in designing Informatics learning media using Smart Appp Creator. The method used was Research and Development (R&D), with the Hanafin and Peck development model consisting of three steps, namely the needs analysis phase, the design phase, and the development and implementation phase. Each phase in this development model is interconnected through the evaluation and revision stages. Based on the results of the study, it can be concluded that the media designed is valid, practical, and effective for use by teachers and students in the informatics learning process. This is shown by the results of the product test conducted by the researcher: the product validity test by three expert lecturers produced an average value of 0.89 with a valid category, the practicality test by two informatics subject teachers obtained a value of 1 with a very high category, and the effectiveness test by 22 students showed an effectiveness value of 0.8 with a very high category.
Keywords: Informatics, Smart Apps Creator, Research and Development (R&D)
References
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, and Usep Setiawan, ‘Konsep Dasar Media Pembelajaran’, Journal of Student Research, vol. 1, no. 1, pp. 282–294, 2023, doi: 10.55606/jsr.v1i1.993.
K. A. Imania and S. K. Bariah, ‘Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring-Design of Development of Online-Based Learning Assessment Instruments’, Jurnal Petik, vol. 5, no. 1, pp. 31–47, 2019.
A. M. I. T. Asfar and A. M. I. A. Asfar, ‘Landasan Pendidikan: Hakikat Dan Tujuan Pendidikan (Implications Of Philosophical Views Of People In Education )’, Method, vol. 1, no. January, pp. 1–16, 2020, doi: 10.13140/RG.2.2.22158.10566.
S. A. Putri, M. Asbari, and M. Z. Hapizi, ‘Perkembangan Pendidikan Indonesia: evaluasi potensi implementasi merdeka belajar’, Journal of Information Systems and Management (JISMA), vol. 3, no. 2, pp. 39–46, 2024.
M. Kahfi, N. Nurparida, and E. Srirahayu, ‘Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA’, Jurnal Petik, vol. 7, no. 1, pp. 63–70, 2021, doi: 10.31980/jpetik.v7i1.986.
A. Lestari, A. Suryadi, and A. Ismail, ‘Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik’, Jurnal Petik, vol. 6, no. 1, pp. 18–26, 2020, doi: 10.31980/jpetik.v6i1.729.
U. Muhammadiyah, M. Bungo, D. I. Smpn, and B. Tinggi, ‘Jurnal Informatika Medis ( J-INFORMED )’, vol. 2, no. 1, pp. 9–14, 2024.
Bunga Nabilah, Supratman Zakir, Eny Murtiyastuti, and Ramadhanu Istahara Mubaraq, ‘Analisis Penerapan Mata Pelajaran Informatika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tingkat SMP’, PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 1, no. 1, pp. 110–119, 2023, doi: 10.58540/pijar.v1i1.97.
W. Citra Purnama, F. Annas, H. A. Musril, and G. Darmawati, ‘Perancangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Android Menggunakan Kodular Kelas X Di Sma N 1 IV Koto’, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 2, pp. 1304–1311, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i2.7246.
L. J. Mandey, H. N. Tambingon, V. N. J. Rotty, and S. Pratasik, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya Untuk Siswa Kelas VII SMP Advent Unklab’, PETIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, vol. 8, no. 2, pp. 168–176, 2022, [Online]. Available: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/2152.
A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, and Z. Ulfiah, ‘Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar’, Journal on Education, vol. 5, no. 2, pp. 3928–3936, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.
F. Valentina, F. Annas, L. Efriyanti, and G. Darmawati, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Quizizz Pada Mata Pelajaran Bimbingan Tik Kelas X Di Sman 1 Lubuk Sikaping’, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 2, pp. 1259–1264, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i2.6593.
S. Nawani Harahap, R. Okra, H. Antoni Musril, and S. Derta, ‘Perancangan Media Pembelajaran Informatika Kelas Vii Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Di Smpn 2 Bukittinggi’, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 3, pp. 1783–1790, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i3.7248.
E. A. P. Adam, H. A. Musril, R. Okra, and S. Derta, ‘Perancangan Media Pembelajaran Informatika Kelas x Menggunakan Smart Apps Creator di SMA Negeri 5 Bukittinggi’, Jurnal Media Infotama, vol. 20, no. 1, pp. 311–320, 2024.
I. Prasetio and H. A. Musri, ‘Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator 3’, Jurnal Manajemen Informatika (Jumika), vol. 8, no. 2, pp. 92–93, 2022.
M. T. Arianda, S. Derta, R. Okra, and H. A. Musril, ‘Perancangan Media Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Android Menggunakan Kodular Di MAN 4 Agam’, Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, vol. 10, no. 1, pp. 55–68, 2024, doi: 10.31980/jpetik.v10i1.560.
F. Shafitri, G. Darmawati, R. Okra, and F. Annas, ‘Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Informatika Berbasis Android Kelas X Menggunakan Articulate Storyline Di Sma Negeri 2 Bukittinggi’, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 5, pp. 3288–3292, 2024, doi: 10.36040/jati.v7i5.7330.
D. A.R Sari, R.Okra, H.A.Musril, dan S, ‘Perancangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Augmented Reality (Ar) Menggunakan Assemblr Edu Di SMA Negeri 1 Bukittinggi’, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 2, pp. 1387–1394, 2023.
F. A. Wiwi Marzura, Gusnita Darmawati, Riri Okra, ‘Perancangan Media Pembelajaran PKN Berbasis Game Edukasi Menggunakan Mit App Inventor Di SMPN 1 Simpang Alahan Mati’, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 2, p. 1329, 2023.
N. Sari, S. Derta, H. A. Musril, and G. Darmawati, ‘Perancangan Media Pembelajaran Aqidah Akhlak Dengan Smart Apps Creator Berbasis Mobile Apps di MTI Canduang’, INTEK : Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, vol. 6, no. 2, pp. 36–43, 2023, doi: 10.37729/intek.v6i2.3546.
S. D. Siska Nawani Harahap, Riri Okra, Hari Antoni Musril, ‘Perancangan Media Pembelajaran IPA Kelas VII Berbentuk Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 di SMPN 7 Bukittinggi’, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 2, p. 194, 2023.