Perancangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Assembler Edu Di SMP Negeri 2 Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v11i1.1681Keywords:
Media pembelajaran, IPA, Assemer edu, AndroidAbstract
Abstrak
Motivasi belajar berasal dari cara guru di SMP Negeri 2 Bukittinggi menggunakan materi pembelajaran. Lembaga ini sebagian besar menggunakan buku cetak dan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan masih menggunakan metode konvensional. Akibatnya pembelajaran menjadi kurang menarik, terutama ketika menerapkan pembelajaran IPA dengan cara yang tidak konsisten dengan pendekatan yang seharusnya ditetapkan.Guru berusaha untuk mengajarkan sesuatu kepada siswa, namun mereka sulit untuk memahaminya. Assembler Edu akan dimanfaatkan oleh para peneliti untuk menghasilkan modul menarik untuk media pembelajaran sains di perangkat Android, yang akan melengkapi pengajaran di kelas. Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan model penelitian 4D yang memiliki empat langkah merupakan metodologi penelitian yang digunakan. Tahapan tersebut adalah define, design, develop, dan dessiminate (distribusi/pengujian produk). Tiga uji produk dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini: uji praktikalitas oleh dua orang instruktur yang memperoleh skor rata-rata 0,84, dan uji validitas dari empat orang ahli, antara lain ahli media, bahasa, dan materi. Tes efektivitas berjumlah 27 siswa, dengan nilai rata-rata 0,74 pada kategori efektif dan rata-rata 0,93 pada kategori tinggi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa assembler edu yang dirancang peneliti digunakan pada media pembelajaran IPA berbasis Android.
Kata Kunci: Media pembelajaran, IPA, Assembler edu, Android
Abstract
Motivation to learn comes from the way SMP Negeri 2 Bukittinggi uses learning materials. This institution mostly uses printed books and Student Worksheets (LKS) and still uses conventional methods. As a result, learning becomes less interesting, especially when applying science learning in a way that is inconsistent with the approach that should be established. Teachers try to teach something to students, but they find it difficult to understand. Assembler Edu will be used by researchers to produce interesting modules for science learning media on Android devices, which will complement classroom teaching. Research and Development (R&D) uses a 4D research model which has four steps, which is the research methodology used. These stages are define, design, develop, and disseminate (distribution/product testing). Three product tests were carried out by researchers in this study: a practicality test by two instructors who obtained an average score of 0.84, and a validity test by four people. experts, including media, language and material experts. The effectiveness test consisted of 27 students, with an average score of 0.74 in the effective category and an average of 0.93 in the high category. Therefore, it can be said that the EDU assembler designed by researchers is used in Android-based science learning media
Keyword: Learning media, Science, Assembler edu, Android
References
I. Mado, A. Mahmudin, B. Mahmud, R. Ruslim, and A. Budiman, “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Visio Drawing Sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas Dan Ketrampilan Peserta Didik Di Kota Tarakan,” J-Dinamika J. Pengabdi. Masy., vol. 6, no. 2, pp. 294–299, 2021, doi: 10.25047/j-dinamika.v6i2.2553.
B. Hermanto, “Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” Foundasia, vol. 11, no. 2, pp. 52–59, 2020, doi: 10.21831/foundasia.v11i2.26933.
P. Sari, R. Okra, H. A. Musril, and Sarwoderta, “Perancangan Media Pembelajaran Animasi 3D pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di MTs N 6 Agam,” J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 2, pp. 13382–13391, 2023.
D. C. Salshabella, P. Pujiati, and F. Rahmawati, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Akuntansi,” Econ. Educ. Entrep. J., vol. 5, no. 1, pp. 35–43, 2022, doi: 10.23960/e3j/v5i1.35-43.
F. A. Lino Padang, R. Ramlawati, and S. R. Yunus, “Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup,” Diklabio J. Pendidik. dan Pembelajaran Biol., vol. 6, no. 1, pp. 38–46, 2022, doi: 10.33369/diklabio.6.1.38-46.
E. Novianti, F. Annas, S. Derta, and Y. E. Yuspita, “Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Poin Pelanggaran Siswa Menggunakan Framework Codeigniter (Ci) Di SMPN 2 Kamang Magek,” Petik J. Pendidik. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 10, no. 1, pp. 1–14, 2024, doi: 10.31980/jpetik.v10i1.547.
F. S. Silfia, Rahmad Kurniawan, Nazruddin Safaat, Elvia Budianita, “Jurnal Teknik Informatika Atmaluhur,” J. Tek. Inform. Atmaluhur, vol. 6, no. 1, p. 40, 2018.
J. H. P. Sitorus and M. Sakban, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Mandiri 88 Pematangsiantar,” J. Bisantara Inform., vol. 5, no. 2, pp. 1–13, 2021, [Online]. Available: http://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/download/54/47
S. Alfaris and Y. Sartika Sari, “Analisa Dan Perancangan Aplikasi Penyewaan Gelanggang Olah Raga Berbasis Web (Studi Kasus: Gor Larangan),” Sist. Inf. Dan E-Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 2655–7541, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jusibi/298
E. Fameska, R. Okra, S. Supriadi, and H. Antoni Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Mit App Inventor Pada Pelajaran Pai,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 657–664, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i1.6179.
M. T. Arianda, S. Derta, R. Okra, and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Android Menggunakan Kodular Di MAN 4 Agam,” Petik J. Pendidik. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 10, no. 1, pp. 55–68, 2024, doi: 10.31980/jpetik.v10i1.560.
L. J. Mandey, H. N. Tambingon, V. N. J. Rotty, and S. Pratasik, “Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya Untuk Siswa Kelas VII SMP Advent Unklab,” PETIK J. Pendidik. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 8, no. 2, pp. 168–176, 2022, [Online]. Available: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/2152
R. Jama Hendra, Y. Elin Yuspita, G. Darmawati, and F. Annas, “Perancangan Media Pembelajaran Teknologi Jaringan Kabel Dan Nirkabel Berbasis Animasi Menggunakan Kinemaster,” J. Inov. Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 126–134, 2024, doi: 10.52060/jipti.v5i1.1917.
A. Pujiono, “Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z,” Didache J. Christ. Educ., vol. 2, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.46445/djce.v2i1.396.
T. R. Zanah, D. L. Setiawan, and M. Kom, “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Kahoot Menggunakan Model Kooperatif Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa,” vol. 10, no. 1, pp. 115–127, 2024, doi: 10.31980/jpetik.v10i1.1134.
R. H. Anggraini, “Implementasi Klasifikasi Media dalam Pembelajaran,” Univ. Muhammadiyah Sidoarjo, vol. 1, no. 1, p. 221, 2018.
Ayu Sri Wahyuni, “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA,” J. Pendidik. Mipa, vol. 12, no. 2, pp. 118–126, 2022, doi: 10.37630/jpm.v12i2.562.
D. N. J. Rahmawati and I. W. A. Ragil, “Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” Int. J. Inf. Commun. Technol. Educ., vol. 1, no. 3, pp. 36–46, 2005, doi: 10.4018/jicte.2005070103.
Ariza Rahmadana Hidayati, Wirawan Fadly, and Rahmi Faradisya Ekapti, “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi,” J. Tadris IPA Indones., vol. 1, no. 1, pp. 34–48, 2021, doi: 10.21154/jtii.v1i1.68.
M. Chairudin, N. Nurhanifah, T. Yustianingsih, Z. Aidah, A. Atoillah, and M. Sofian Hadi, “Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi Assemblr Edu Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP/MTS,” Communnity Dev. J., vol. 4, no. 2, pp. 1312–1318, 2023, [Online]. Available: https://id.edu.assemblrworld.com/
R. Oktaviana and I. R. Jasril, “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan AR Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika,” J. Vocat. Tek. Elektron. dan Inform., vol. 11, no. 2, pp. 178–186, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/122037
Putu Rissa Putri Intari Dewi, Ni Made Winda Wijayanti, and I Dewa Putu Juwana, “Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smk Negeri 4 Denpasar,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Widya Mahadi, vol. 2, no. 2, pp. 98–109, 2022, doi: 10.59672/widyamahadi.v2i2.1961.
H. H. Liyando and M. Kusbianto, “Mobile Aplikasi Berbasis Android Untuk Sistem Usulan Publik Operasional Dan Pemiliharaan Kota Palangka Raya,” J. Teknol. Inf., vol. 14, no. 1, pp. 64–70, 2020.
M. Faqih, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Puisi,” Konfiks J. Bhs. Dan Sastra Indones., vol. 7, no. 2, pp. 27–34, 2021, doi: 10.26618/konfiks.v7i2.4556.
N. Ibrahim and I. Ishartiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 8, no. 1, 2017, doi: 10.24176/re.v8i1.1792.
U. Khulsum, Y. Hudiyono, and E. D. Sulistyowati, “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma,” DIGLOSIA J. Kaji. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2018, doi: 10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12.
W. Citra Purnama, F. Annas, H. A. Musril, and G. Darmawati, “Perancangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Android Menggunakan Kodular Kelas X Di Sma N 1 Iv Koto,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 1304–1311, Sep. 2023, doi: 10.36040/jati.v7i2.7246.
H. Hasminur, Z. Zulhaini, Arief Rachman Hadi, and Mangatur Sinaga, “Keefektifan Penggunaan Storyboard Dalam Pembuatan Film Pendek sebagai Implementasi Pembelajaran Teks Anekdot,” Geram, vol. 10, no. 2, pp. 52–63, 2022, doi: 10.25299/geram.2022.vol10(2).11219.
D. F. Wulan Rahmadani, C. Kusuma Dewi, and Y. Fiandra, “Perancangan Storyboard Video Dokumentasi Visual Kkn Tematik Budaya Keraton Sumedang Larang,” Kreat. J. Karya Tulis, Rupa, Eksp. dan Inov., vol. 4, no. 2, pp. 51–54, 2022, doi: 10.53580/files.v4i2.45.
R. A. Dwi, G. Darmawati, H. M. Antoni, and A. Firdaus, “Desain Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Aplikasi,” vol. 7, no. 5, pp. 3571–3575, 2023.
N. R. An Nabil, I. Wulandari, S. Yamtinah, S. R. D. Ariani, and M. Ulfa, “Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Konteks Sains Kimia,” Paedagogia, vol. 25, no. 2, p. 184, 2022, doi: 10.20961/paedagogia.v25i2.64566.
S. Gitnita, Z. Kamus, ) Gusnedi, S. Pengajar, and J. Fisika, “Analisis Validitas, Praktikalitas dan Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Konten Kecerdasan Spiritual Pada Materi Fisika Tentang Vektor dan Gerak Lurus,” Ginita, Kamus, Gusnedi, vol. 11, no. 2, pp. 153–160, 2018