Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Android Pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian TJKT Di SMK YPS Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v11i1.1745Keywords:
Interactive E-module, PPE Model, Smart Apps CreatorAbstract
Abstrak
Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan analisis siswa yang dilakukan, diketahui bahwa pada pelajaran dasar – dasar program keahlian jurusan TJKT di SMK YPS Samarinda belum memiliki bahan ajar digital dan siswa membutuhkan variasi bahan ajar, tidak hanya menggunakan buku cetak saja, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis android untuk pelajaran Dasar – Dasar Program Keahlian Jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT). Metode penelitian ini adalah metode R&D dengan model pengembangan PPE, yang mencakup tiga tahap yaitu, perencanaan, produksi, dan evaluasi. Media yang digunakan dalam pengembangan adalah aplikasi Smart Apps Creator. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa e-modul berbasis android yang dikembangkan memperoleh persentase nilai kelayakan sebesar 93% dari satu ahli materi dan tiga ahli media, dengan kategori "Sangat Layak." Setelah uji kelayakan dan revisi, selanjutnya pengambilan respons dari satu guru dan siswa kelas X yang berjumlah total 21 siswa, dengan hasil penilaian dari guru mencapai 94% dan siswa mencapai 86%, yang keduanya termasuk dalam kategori "Sangat Baik." Berdasarkan hasil ini, e-modul interaktif berbasis android yang dikembangkan dengan model PPE dinyatakan "Sangat Layak" oleh para validator dan dianggap "Sangat Baik" oleh guru dan siswa.
Kata Kunci: E-modul Interaktif; Model PPE; Smart Apps Creator
Abstract
Based on the results of the needs analysis and student analysis conducted, it was found that the basic vocational subject of the TJKT program at SMK YPS Samarinda does not yet have digital teaching materials, and students require a variety of learning resources, not just printed books. Therefore, the aim of this research is to develop an interactive Android-based e-module for the Basic Vocational Program subject in the Computer and Network Engineering (TJKT) department. This research employs an R&D method using the PPE development model, which includes three stages: planning, production, and evaluation. The media used in this development is the Smart Apps Creator application. The feasibility test results indicate that the developed Android-based e-module received a feasibility score of 93% from one content expert and three media experts, categorized as "Highly Feasible." Following the feasibility test and revisions, feedback was collected from one teacher and 21 tenth-grade students, with the teacher's evaluation reaching 94% and the students' reaching 86%, both categorized as "Very Good." Based on these results, the Android-based interactive e-module developed with the PPE model is deemed "Highly Feasible" by the validators and considered "Very Good" by both the teacher and the students.
Keyword: Interactive E-module; PPE Model; Smart Apps Creator
References
D. Ambarwati, U. B. Wibowo, H. Arsyiadanti, and S. Susanti, “Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 8, no. 2, pp. 173–184, doi: 10.21831/jitp.v8i2.43560.
A. M. Nillofa Ende, I. R. Jasril, and P. Jaya, “Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika,” JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), vol. 8, no. 2, p. 193, Jun. 2022, doi: 10.24036/jtev.v8i2.117118.
M. Cholilah, A. Gratia Putri Tatuwo, S. Prima Rosdiana, and A. Noor Fatirul, “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21,” Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, vol. 01, no. 02, pp. 57–66, 2023, doi: 10.58812/spp.v1.i02.
H. Hasbiyati, “Analisa Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Peningkatan Hasil Belajar Biologi,” JurnalPendidikan Biologi, vol. 7, 2020.
M. A. Mukhson and R. S. Untari, “Pengembangan E-Modul Instalasi Mikrotik Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Di SMK,” Indonesian Journal of Applied Technology, vol. 1, no. 1, 2024, doi: 10.47134/ijat.v1i1.3089.
Y. Purwanti, S. Falahiyah, D. Suprihadi, and K. A. N. Imania, “Persepsi Siswa dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Pembelajaran,” PETIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 9, no. 1, 2023.
M. Sari, D. Surani, and A. Fricticarani, “Literasi Digital Siswa Dengan Pemanfaatan Media Interaktif Pada Mata Pelajaran TIK Untuk Kelas VIII SMPIT Bina Bangsa,” PETIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 9, no. 2, 2023, doi: 10.31980/jpetik.v9i2.3255.
D. Aisyah, A. Bentri, W. Amilia, and E. Rahmayanti, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII SMP,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, 2023.
F. Rozi and A. Rohman, “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android (SAC) Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Berpikir Komputasional,” PETIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 1, 2024.
S. Putri, A. A. Samudra, and S. Junaidi, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi,” PETIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 1, 2024.
S. Rahmadhani, Y. Efronia, and E. Tasrif, “Penggunaan E-Modul di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata,” Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT), vol. 1, no. 1, pp. 6–11, 2021, doi: 10.24036/javit.v2i1.
Direktorat Pembina SMA, Panduan Praktis Penyusunan E-Modul Tahun 2017. Direktoran Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2017.
N. S. P. Diana, F. Islamiah, T. Andini, and A. Marini, “Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, vol. 2, no. 2, 2022, [Online]. Available: https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
L. Jafnihirda, F. Rizal, and K. Eka Pratiwi, “Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif E-Modul,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 1, pp. 227–239, 2023, Accessed: Aug. 25, 2024. [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2734/1939
I. A. Prabowo, H. Wijayanto, and S. Nugroho, Pemprograman Mobile Berbasis Android. Semarang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta CV, 2015.
A. Rustandi, U. Haryaka, and E. Grasia, “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Menggunakan Model PPE Pada Mata Pelajaran Pengenalan Nama Hewan di TK Negeri 10 Kota Samarinda,” Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, vol. 11, no. 2, p. 148, 2022.
E. Salfia, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Modul Interaktif Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Integral SMA Kelas XII.,” Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 12–18, 2021, doi: 10.30596/jcositte.v1i1.xxxx.
A. Rahmawati, M. Thariq Aziz, I. Nastiti, M. #3, and K. Kunci -Evaluasi, “Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Media Wordwall Di SMKN Pertanian 1 Sukaraja,” PETIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 9, no. 2, 2023, doi: 10.31980/jpetik.v9i2.3071.