Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Praktek Tata Cara Wudhu Kelas 2 Di SDN 1 Padamukti

Authors

  • Dian Rahadian IPI Garut
  • Kuntum An Nisa Imania IPI Garut
  • Demmy Dharma Bhakti IPI Garut
  • Melina Sofiyanti IPI Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v10i2.1880

Keywords:

Research and Development (R&D), Video pembelajaran animasi

Abstract

Abstrak

Pengembangan video pembelajaran  animasi Pendidikan agama islam  dilatar belakangi oleh pemanfaatan teknologi  yang kurang  optimal dan bahan ajar yang digunakan oleh pembelajaran  masih berupa  buku paket, powerrpoint dan metode ceramah , akibatnya siswa kesulitan memahami materi. Oleh karena itu, peneleitian ini bertujuan  untuk mengembangkan video pembelajaran animasi. Penelitian ini menerapkan metode pengembanagan R&D (Reseacrh and Development) dengan menggunakan langkah-langkah model pengembangan yang dikemukakan oleh Alessi dan Trolip. Hasil validasi produk video animasi  dengan menggunakan  Powtoon  yang dikembangkan dinyatakan "sangat layak" oleh validator ahli materi dengan persentase sebesar 92% dan validator ahli media dengan presentase sebesar 98%. Hasil penilaian uji coba produk yang dikembangkan "sangat layak" oleh peserta didik dengan presentase  sebesar 95%. Hal ini dapat diartikan bahwa  video pembelajaran animasi yang telah dikembangkan sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Kata kunci: Allesi & Trolip, Video pembelajaran animasi,powtoon

Abstract

 The development of animated learning videos of Islamic religious education is motivated by the less than optimal use of technology and the teaching materials used by learning are still in the form of textbooks, powerpoints and lecture methods, as a result students have difficulty understanding the material. Therefore, this study aims to develop animated learning videos. This study applies the R&D (Research and Development) development method using the development model steps proposed by Alessi and Trolip. The results of the validation of the animated video product using the developed Powtoon were declared "very feasible" by the material expert validator with a percentage of 92% and the media expert validator with a percentage of 98%. The results of the product trial assessment developed were "very feasible" by students with a percentage of 95%. This can be interpreted that the animated learning video that has been developed is very feasible to be used as an alternative learning media used in classroom learning.

Keywords: Allesi & Trolip, Animated learning video, powtoon

References

Daryanto, Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2010.

Y. M., Menyemai benih Teknologi Pendidikan, 8th ed. Jakarta: Atos Bekerja sama dengan Pustekkom Diknas. hal 458., 2012.

E. Nasution, “Problematika Pendidikan di Indonesia,” J. Fak. Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon, 2008.

A. Mun, S. H., Abdullah, A. H., Mokhtar, M., Ali, D. F., Jumaat, N. F., Ashari, Z. M., Samah, N. A., Anuar, K., & Rahman, “Active Learning Using Digital Smart Board to Enhance Primary School Students ’ Learning,” Int. J. Mob. Technol., vol. 13, no. 7, pp. 4–16, 2019.

Surayya, “Tinjauan Media Pembelajaran,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., pp. 8–27, 2021.

A. & M. M. Januszewki, Educational Technology : A Defenition with Commentary. Bloomington, IN: AECT, 2008.

et. al Arief S. Sadiman, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Im. I. Abi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Smart App Creator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Multimedia Di Smk N 1 Jabon,” vol. 7, pp. 84–91, 2022.

E. Wicaksana, “Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 117–124, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1937.

Y. P. Kuntum Annisa Imania, Siti Husnul Bariah, Dian Rahadian, “Pembelajaran Darurat Selama Masa Pandemi Covid-19: Daring/E-learning Sebagai Solusi Kegiatan Pembelajaran dengan Berbagai Kelebihan & Kekurangannya,” PETIK J. pendididkan Teknol. Inf. da Komun., vol. 7, no. 2, pp. 126–135, 2021, doi: https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i2.1236.

Sutami, M. H. Qamruzzaman, F. Amelia, and Sam’ani, “Peningkatakan Literasi Digital Multimedia Video Editing Bagi Siswa-Siswi SMAN 1 Kahayan Tengah,” J. ABDIMAS GORONTALO Vol. 5(2), Hal 1 - 5, vol. 5, no. 2, pp. 9–25, 2019.

dkk Ariawan, Setyo, “Pengaruh Blended Learning Flex Model Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem,” Borobudur, vol. 5, 2021.

Yuberti, W. D. Kusuma, and S. Latifah, “Pengembangan Mobile Learning Berbasis Smart Apps Creator Sebagai Media Pembelajaran Fisika,” Phys. Sci. Educ. J., vol. 1, no. 2, pp. 90–95, 2021.

A. Z. Nu’man, “Efektifitas penerapan e-learning model edmodo dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa (Studi Kasus: SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo),” DutaCom, vol. 7, no. 1, 2014.

Nana S., Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, 21st ed. Jakarta: Rosdakarya, 2017. doi: 979-514-000-0. hal 22.

S. H. B. Kuntum Annisa Imania, Arival Dwi Saputro, Dian Nurdiana, “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Pemrograman Di Masa Pandemi Covid-19,” PETIK Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, pp. 118–126, 2022, [Online]. Available: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/1529

B. . Sitepu, Penyusunan Buku Pelajaran. Jakarta: Verbum Publishing. h 142., 2006.

Wirawan, Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.

I. N. W. Jaya and G. A. V. Mastrika Giri, “Analisis Dan Perancangan Aplikasi Chatting (DChat) Pada Rumah Sakit Umum Permata Hati Berbasis Mobile,” JELIKU (Jurnal Elektron. Ilmu Komput. Udayana), vol. 7, no. 3, p. 127, 2019, doi: 10.24843/jlk.2019.v07.i03.p02.

Timothy K., Theories of Learning and Studies of Instructional Practice, 1st ed. New York: Springer-Verlag. hal 11., 2011.

Azhar A., Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. hal 4., 2011.

N. . Hartoyo, “Pengembangan Media Belajar Mobile Learning Berbasis Android Untuk Mengetahui Literasi Digital Pada Mata Pelajaran Produksi Pengolahan Komoditas Perkebunan Dan Herbal Di Tingkat SMK.,” Bandung, 2019.

N. Dewi, R. E. Murtinugraha, and R. Arthur, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj,” J. PenSil, vol. 7, no. 2, pp. 95–104, 2018, doi: 10.21009/pensil.7.2.6.

M. K. Hakky, R. H. Wirasasmita, and M. Z. Uska, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi,” EDUMATIC J. Pendidik. Inform., vol. 2, no. 1, p. 24, 2018, doi: 10.29408/edumatic.v2i1.868.

and Y. W. Kuswanto, Joko, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas VIII Abstrak,” Innov. J. Curric. Educ. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 58–64, 2017.

E. M. Ismalik Perwira Admadja, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Developing Learning Multimedia Of Individual Practice In Fundamental Music Instrument For Smk Students In The Expertise Of Karawitan Research and Development , with the Development Model Design by Alessi and Trollip,” Vokasi, J. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 173–83, 2021.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Rahadian, D., Imania, K. A. N., Bhakti, D. D., & Sofiyanti, M. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Praktek Tata Cara Wudhu Kelas 2 Di SDN 1 Padamukti. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 220–228. https://doi.org/10.31980/petik.v10i2.1880