Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Pada Materi Aplikasi Perkantoran Mata Pelajaran Informatika Di SMPN 6 Garut
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v11i1.2555Keywords:
development, E-Modul, ADDIE ModelsAbstract
Abstrak
Penelitian ini berjudul “Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Pada Materi Aplikasi Perkantoran Mata Pelajaran Informatika Di SMPN 6 Garut” penelitian ini dilatar belakangi karena masih minimnya pemahaman siswa dalam memahami materi aplikasi perkantoran termasuk menu apa saja yang sering digunakan pada Microsoft Word dan Microsoft Power Point pada saat praktik pembuatan brosur sederhana dan presentasi sederhana. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil pemahaman belajar siswa Kelas 7 pada mata Pelajaran Informatika di SMP Negeri 6 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pengembangan Model ADDIE. Populasi dalam penelitian ini ada 3 bagian pengujian untuk memberikan progres hasil yang lebih baik yaitu 5 orang kelompok kecil, 15 orang, dan 28 orang kelompok besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada 3 bagian yaitu uji ahli media, uji ahli materi dan uji coba produk kepada siswa. Berdasarkan uji validasi menghasilkan validasi oleh ahli media dengan hasil 4,32 dan hasil validasi ahli materi sebesar 4,17 hasilnya menunjukan bahwa media yang dikembangkan “sangat layak” digunakan. Dari hasil uji coba kepada siswa kelompok kecil menghasilkan skor 4,76 dan uji coba kelompok besar menghasilkan skor 4,45 hasilnya menunjukan bahwa media yang dikembangkan “sangat layak” digunakan. Peneliti ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran E-Modul ini dapat menjadikan media pembelajaran yang sangat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan dan juga dapat memperkenalkan siswa mengenai teknologi.
Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Model ADDIE
Abstract
This research is entitled "Development of Flipbook Based E-Modules in Office Application Material for Informatics Subjects at SMPN 6 Garut". when practicing making simple brochures and simple presentations. The aim of this research is to determine the results of Class 7 students' learning understanding in the Informatics subject at SMP Negeri 6 Garut. The method used in this research is to use the ADDIE Model development. The population in this study had 3 testing sections to provide better results, namely 5 people in the small group, 15 people and 28 people in the large group. There are 3 parts to the data collection technique in this research, namely media expert testing, material expert testing and product testing on students. Based on the validation test, it produced validation by media experts with a result of 4.32 and material expert validation results of 4.17, the results showed that the media developed was "very suitable" for use. From the results of trials with small groups of students producing a score of 4.76 and trials with large groups producing a score of 4.45, the results show that the media developed is "very suitable" for use. This researcher concluded that this E-Module learning media can be a learning media that really helps students understand the material presented and can also introduce students to technology.
Keyword: Development, E-Modul, ADDIE Models
References
and K. U. N. F. R. Laraphaty, J. Riswanda, D. P. Anggun, D. E. Maretha, “Review: Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul),” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 2022, pp. 145–156.
Y. P. Kuntum Annisa Imania, Siti Husnul Bariah, Dian Rahadian, “Pembelajaran Darurat Selama Masa Pandemi Covid-19: Daring/E-learning Sebagai Solusi Kegiatan Pembelajaran dengan Berbagai Kelebihan & Kekurangannya,” PETIK J. pendididkan Teknol. Inf. da Komun., vol. 7, no. 2, pp. 126–135, 2021, doi: https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i2.1236.
L. S. D. Tiara, Tiara Rojatun Zanah, “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Kahoot Menggunakan Model Kooperatif Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa,” PETIK J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 1, pp. 115–127, 2024, doi: https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.1391.
I. W. E Nugraha, MS Barliana, J Kustija, “Implementation of Interactive Multimedia Based on Integrated Real Life Video Animation in Vocational School Online Learning With a Visual Auditory Kinesthetic Model.,” J. Eng. Sci. Technol., 2022.
E. Wicaksana, “Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 117–124, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1937.
Helaludin, “Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi,” Pendais, vol. I, no. skor 403, pp. 44–55, 2019.
Rahma, Irsyadunas, and J. Satrio, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Pecetakan di SMK Negeri 3 Mukomuko,” vol. 6, pp. 24–33, 2023.
R. S. Masdayaroh, Masdayaroh, Tuti Iriani, “Effectiveness Of The Use Of Multimedia-Based Learning Media In Building Construction Courses,” J. Pensil, vol. 11, no. 2, pp. 152–161, 2022, doi: https://doi.org/10.21009/jpensil.v11i2.26225.
J. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, E. Tri Nuraeni, Y. Soepriyanto, and A. Husna, “Role Playing Game Periodisasi Zaman Praaksara Sebagai Multimedia Pembelajaran Sejarah Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 340–349, 2020, doi: 10.17977/um038v3i32020p340.
D. R. Yudianto, Arif, “Pengembangan Modul Ajar Digital Fotografi,” PETIK J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 9, no. 1, pp. 1–10, 2023, doi: https://doi.org/10.31980/petik.v9i1.1264.
Y. S. W. and C. F. Palembang, “Penerapan Perangkat Pembelajaran E-Modul Berbasis Flipbook Teori Komunikasi Terhadap Minat Belajar Mahasiswa,” Aksiologi J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 2, no. 2, pp. 66–70, 2022, doi: 10.47134/aksiologi.v2i2.84.
H. A. M. Arianda, M. Teguh, Sarwo Derta, Riri Okra, “Perancangan Media Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Android Menggunakan Kodular Di MAN 4 Agam,” PETIK J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 1, pp. 55–68, 2024, doi: https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.560.
R. M. Putri, Diah Ika, “Pengembangan E-Modul (Modul Digital) Berbasis Literasi Visual Pada Mata Kuliah Botani Phanerogamae,” PETIK J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, pp. 144–156, 2022, doi: https://doi.org/10.31980/petik.v8i2.1260.
R. A. Oktaviara and T. Pahlevi, “Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 7, no. 3, pp. 60–65, 2019.
and I. D. S. Yunus, N. Abbas, “Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Berdasarkan Model Plomp Materi Segi Empat,” Jambura J. Math. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 139–147, 2023.
D. P. Ashari, Luwilmi Sahefa, “Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 1, pp. 2565–2576, 2024, doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8126.
N. A. Annasiyah, “E-Module Development of Class x Basic Programming Based on Flipbook,” JICTE (Journal Inf. Comput. Technol. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 16–21, 2021, doi: https://doi.org/10.21070/jicte.v5i2.1577.
Yuberti, W. D. Kusuma, and S. Latifah, “Pengembangan Mobile Learning Berbasis Smart Apps Creator Sebagai Media Pembelajaran Fisika,” Phys. Sci. Educ. J., vol. 1, no. 2, pp. 90–95, 2021.
I. R. Kuntum An Nisa Imania, Dian Rahadian, “Penerapan Game Edukasi Pada Materi Sistem Komputasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK An-Nida,” PETIK J. pendididkan Teknol. Inf. da Komun., vol. 9, no. 2, pp. 174–181, 2023, doi: https://doi.org/10.31980/petik.v9i2.1287.
N. Dewi, R. E. Murtinugraha, and R. Arthur, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj,” J. PenSil, vol. 7, no. 2, pp. 95–104, 2018, doi: 10.21009/pensil.7.2.6.
A. F. Y Alfiyana, D Serani, “Efektifitas Pemanfaatan Video Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran TIK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Era Literasi Digital.,” Petik J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komunikasi., vol. 10, no. 1, pp. 32–43, 2024, doi: https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.546.
Y. P. Imania, Kuntum An Nisa, Siti Alvi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X Di SMA Negeri 16 Garut,” PETIK J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 1, pp. 98–106, 2024, doi: https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.1134.
H. T. and M. T. Yunqiang Chen, Qing Wang, Hong Chen, Xiaoyu Song, “Journal of Physics: Conference Series,” in An overview of augmented reality technology, IOP, 2019.
M. K. Hakky, R. H. Wirasasmita, and M. Z. Uska, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi,” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 2, no. 1, p. 24, 2018, doi: 10.29408/edumatic.v2i1.868.
Timothy K., Theories of Learning and Studies of Instructional Practice, 1st ed. New York: Springer-Verlag. hal 11., 2011.
R. Y. Ariyana, E. Susanti, P. Haryani, P. Informatika, and F. T. Industri, “Rancangan Storyboard Aplikasi Pengenalan Isen-Isen Batik Berbasis Multimedia Interaktif,” vol. 1, no. 3, pp. 321–331, 2022, doi: 10.55123/insologi.v1i3.375.
V. Sharma, K., Mangaroska, K., Berkel, N. van, Giannakos, M., & Kostakos, “Information flow and cognition affect each other: Evidence from digital learning.,” Int. J. Hum. Comput. Stud., 2021.
E. M. Ismalik Perwira Admadja, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Developing Learning Multimedia Of Individual Practice In Fundamental Music Instrument For SMK Students In The Expertise Of Karawitan Research and Development , with the Development Model Design by Alessi and Trollip,” Vokasi, J. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 173–83, 2021.
Trisnani, “Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan WhatsApp Utilization As Media Communication and Satisfaction In Submission of Messages among People of the Community,” J. Komun. Media Dan Inform., 2017.
Alfian, Membuat Presentasi Menakjubkan Dengan Microsoft Power Point. Jakarta: Media Kita, 2010.
P. Kurniati, A. L. Kelmaskouw, A. Deing, B. Bonin, and B. A. Haryanto, “Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21,” J. Citizsh. Virtues, vol. 2, no. 2, pp. 408–423, 2022, doi: 10.37640/jcv.v2i2.1516.